Arti Alhamdulillah dan Keutamaan dzikir Kalimat al-hamdulillah (Lengkap)

Arti Alhamdulillah dan Keutamaan dzikir Kalimat al-hamdulillah (Lengkap)

Arti Alhamdulillah –  Kalimat seperti ini sering kita ucapkan ketika mendapat nikmat dari Allah. Dan merupakan tanda syukur kita terhadap Allah SWT. Namun, apakah ucapan ini hanya sebatas ungkapan rasa syukur saja? Coba sejenak kita tanyakan kepada diri kita sendiri mulai dari sekarang.

Setiap kali kita mendapat pujian atau ucapan selamat dari teman-teman kita, kita mengucapkan “Alhamdulillah”, sambil merasa BANGGA dengan pujian terhadap kata itu. Kita lupa akan arti alhamdulillah pada hakikat nya, Barokallah.

Arti Alhamdulillah ?

arti alhamdulillah
arti alhamdulillah

Ucapan Alhamdulillah Artinya mengembalikan segala pujian hanya kepada Allah dan menetralisir perasaan bangga ataupun sombong yg dalam hati kita. Seharusnya kita merasa malu ketika kita dipuji, Mengapa? Karena sedikitpun pujian bukan milik kita. Sesunguhnya pujian itu ialah milik Allah yg Maha Terpuji dan yg maha agung.

Lantas, apa perbedaan hamdalah dengan syukur? Mengapa manusia harus memuji Allah? Alhamdulillah artinya segala puji bagi Allah. Kalimat ini terdiri dari 3 rangkaian kata, yakni: alhamdu, li, dan Allah. Hamd artinya pujian, penambahan al bermakna untuk semua hal sehingga alhamdu diartikan segala puji dan li bermakna pengkhususan bagi Allah.

Kalimat alhamdulillah disebut sebanyak 22 kali di dalam ayat al Qur’an, beberapa diantaranya bisa ditemukan dalam surat : Al Fatihah/1:1, Al An’am/6:45, dan Yunus/10:10.

Kata hamdu (pujian) berbeda dengan syukr(terima kasih), pujian diberikan karena sesuatu memang memiliki kelayakan untuk dipuji. Sementara terimakasih disampaikan karena ada sesuatu yg diterima oleh orang yg mengucapkan terima kasih.

Tulisan Arab Alhamdulillah

arti alhamdulillah
Tulisan Arab Alhamdulillah

Manfaat Dzikir Alhamdulillah

arti ahlahmdulillah
Keutamaan alhamdulillah

Beberapa manfaat ucapan alhamdulillah yaitu sebagai berikut:

1. Mendapat pahala

Bagi Orang yg mau mengucapkan kalimat alhamdulillah berati orang tersebut telah memuji Allah maka Allah akan memberikan pahala atas orang tersebut. Apabila orang tersebut mengucapkan kalimat alhamdulilah lagi yg kedua kali maka Allah akan menambah lagi pahala baru untuk orang tersebut.

Jadi faktanya kitamencari pahala tidak sulit dengan mengucapkan alhamdulillah saja Allah akan memberi pahala kepada kita tentunya mengucapkan alhamdulillah dengan niat yg baik dan ikhlas.

2. Diampuni dosa

apabila seseorang hingga tiga kali mengucapkan kalimat alhamdulillah, maka ucapan ketiganya itu Allah akan menambah pahala baru serta mengampuni dosanya. Betapa Maha Pemurahnya Allah terhadap para hamba nya, dengan mengucapkan alhamdulillah saja, Allah mengampuni dosa kita.

Arti Afwan

Kadangkala manusianya saja yg sering sombong dan merasa angkuh sehingga enggan untuk bersyukur, padahal sejatinya semua yg dimiliki oleh manusia adalah semata hanya titipin dari Allah.

3. Ditambah rizqinya

Seorang hamba yg mau bersyukur terhadap Allah maka Allah telah berjanji akan menambah rizqinya. Bersyukur disini juga bisa dikerjakan dengan mengucapkan alhamdulillah. Tidak hanya mengucapkan alhamdulillah, kita juga bisa bersyukur dengan memberikan sedekah kepada orang yg kurang mampu.

Disaat kita mensedekahkan sebagian harta yg kita miliki kepada orang yg kurang mampu, bukan berati harta kita akan semakin berkurang, tetapi justru akan bertambah. Apabila anda tidak percaya maka buktikan saja sendiri setelah membaca artikel ini.

Pada hakikatnya sebagian harta yg kita miliki juga merupakan bagian atau hak milik para orang yg kurang mampu, maka waji bagi mereka yg mempunyai harta berlimpah untuk mensedekahkannya.

4. Menciptakan feeling good

Ucapan kalimat alhamdulillah dapat menciptakan feeling good bagi orang yg sering mengucapkannya. Karenanya dengan mengucapkan kalimat alhamdulillah hati kita akan tumbuh rasa qana’ah (menerima dengan lapang dada) apa yg diberikan Allah kepada kita sehingga kita akan berpikiran positif dengan setiap ketentuan yg terjadi dan selalu berpikiran positif dengan takdir Allah.

5. Menentramkan jiwa

Orang yg sering bersyukur dengan mengucap kalimat alhamdulillah akan senantiasa jiwanya yg tentram. Dan Jiwa yg tentram sangat mahal harganya karena tidak ada satupun di dunia ini yg menjualnya. Jiwa yg tentram akan tercipta apabila hati kita senantiasa bersyukur atas segala nikmat dan pemberian Allah.

Sekaya apapun atau sebanyak apapun harta yg dimilik seseorang apabila tidak bersyukur dengan apa yg dimilikinya maka akan susah untuk mendapatkan jiwa yg tentram. Sebab dari itu sering-seringlah untuk bersyukur dengan mengucapkan kalimat alhamdulillah.

6. Menjaga kesehatan mental remaja

Remaja merupakan proses tahap awal pada diri mereka mulai mengenal dunia yg lebih luas dan nyata. Dalam usia ini remaja harus lebih banyak bersyukur karena dengan bersyukur akan mampu menjaga kesehatan mental mereka. Remaja yg sering bersyukur akan lebih merasa bahagia dibanding dengan remaja yg kurang bersyukur.

Mereka yg sering bersyukur akan memounyai pandangan hidup yg lebih baik serta akan memicu tingkah laku yg positif baik dilingkungan keluarga, sekolah atau dalam masyarakat luas.

7. Meningkatkan kesejahteraan

Seseorang yg pandai bersyukur dengan mengucapkan kalimat alhamdulillah akan meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Bersyukur akan menjadikan bengkel untuk memperbaiki penyakit hati sehingga hati kita akan senantiasa adem dan jauh dari sifat sombong. Tidak ada hal yg lebih mententramkan kecuali hati kita merasa cukup dengan apa yg kita punyai sehingga kita akan merasa sejahtera dan merasa bahagia.

8. Terhindar dari depresi atau stres

Orang yg kurang bersyukur tentu lebih mudah terkena stres ataupun depresi karena mereka selalu merasa kurang dengan apa yg telah dimiliki. Mereka selalu memandang yg lebih tinggi sehingga susah untuk bersyukur. Dengan membiasakan mengucapkan alhamdulillah maka hati kita tentu merasa tenang dan tidak terjadi stres. (baca juga: trik menghilangkan stress pada islam)

9. sebagai teman yg lebih bak bagi orang lain

Rasa syukur dengan mengucapkan alhamdulillah tentu mengakibatkan jiwa sosial yg kuat terhadap seseorang. Jiwa sosial tentu mengakibatkan sikap sosial yg positif seperti menopang orang lain yg sedang terkena musibah ataupun memotivasi orang lain yg sedang mengalami kegagalan pada masalah hidup.

10. Tidur lebih nyenyak

Sebuah riset yg telah diusahakan membuktikan bahwa orang yg bersyukur tentu tidur lebih nyenyak karena jiwanya terasa tenang. jikalau seseorang yg mengalami insomnia maka bisa jadi orang tersebut kurang bersyukur dengan segala hal yg telah didapatkan.

11. Memperkuat hubungan dengan pasangan

Ketika kita bersyukur dengan pasangan yg telah diberikan Allah kepada kita, maka hal tersebut tentu semakin menguatkan rasa cinta antar pasangan. Dengan bersyukur kita tidak tentu menuntut pasangan supaya menjadi seperti yg kita kehendaki sendiri yg belum pasti baik untuk pasangan kita.

Dengan bersyukur maka kita tentu menerima pasangan kita dengan segala kekurangannya sehingga tentu menimalkan resiko berantem tetapi sebaliknya tentu semakin menguatkan hubungan diantara keduanya.

12. Menjaga kesehatan jantung

paling fantastis kehebatan dari manfaat bersykur dengan mengucapkan alhamdulillah karena bisa menjaga kesehatan jantung. Orang yg senantiasa bersyukur tentu senantiasa tenang sehingga tidak mengalami gangguan terhadap jantungnya.

13. Memperkuat moral tim

Syukur kata yg paling majur untuk memperkuat moral pada tim. Atlit yg senantiatasa bersyukur dengan mengucapkan alhamdulillah tentu lebih sedikit mengalami kelelahan tentu hatinya senantiasa merasa senang dan ridho dengan apa yg terjadi dan yg dilakukannya. Kekuatan tersebut tentu mampu menggantikan rasa lelah dengan rasa bahagia yg tak terhingga.

14. Sistem kekebalan yg lebih sehat

Rasa syukur tentu menciptakan pikiran yg optimis sehingga mendorong sistem kekebalan yg terdapat ditubuh kita menjadi lebih kuat dan sehat, sehingga kita tentu lebih jarang terkena penyakit.

15. Mencegah sentimen negatif efek datangnya musibah

Ketika terkena musibah, seseorang yg senantiasa bersyukur tentu selalu memandang positif dan mengambil hikmah dari musibah yg terjadi sehingga tidak mengakibatkan sentimen yg cuma tentu merugikan kita.
Demikian bebrapa manfaat dari perkataan alhamdulillah. Semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yg senantiasa bersyukur dengan nikmat Allah SWT.

Alhamdulillah dalam Alqur’an

arti alhamdulillah
Alhamdulillah dalam Alqur’an

Al Fatihah/1:1
Segala puji bagi Allah rabb (Tuhan) semesta alam. Redaksi semacam ini kita dapati pula ketika Allah menerangkan bahwa orang-orang dzalim dimusnahkan sampai ke akar-akarnya (Al An’am/6:45), sebagai penutup doa ahli surga (Yunus/10:10), dan sebagai akhir pernyataan tentang keselamatan/kemenangan rasul dan orang yg mengikutinya (Ash Shaffat/37:182).

Walaupun redaksi ayat yang terdapat di atas merupakan pernyataan, namun kalimat itu mengandung arti keharusan memuji Allah sebagai rabb alam semesta ini.

Saba’/34:1
Segala puji bagi Allah yg memiliki apa yg di langit dan apa yg di bumi dan bagiNya pula segala puja di akhirat. & Dialah yg Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.

Ayat ini menerangkan bahwa karunia Allah swt tidak hanya terbatas di dunia, namun juga terus berlanjut sampai hari akhirat kelak. Allah telah mengatur seluruhnya yang ada disemesta, dan menciptakan segala kelengkapan yg diperlukan untuk tegaknya sistem yg dikehendakiNya baik di dunia maupun akhirat (Fathir/35:1)

Andai saja tidak ada perintah untuk memuji Allah, namun sudah selayaknya manusia memuji Allah. Karena apapun bentuk kekaguman manusia terhadap sesuatu, maka selayaknya manusia terlebih dahulu mengagumi Allah yg Maha Sempurna lagi maha bijaksana.

Al Isra’/17:111
Dan katakanlah : Segala puji bagi Allah yg tidak mempunyai anak dan tidak mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia bukan pula hina yg memerlukan penolong dan agungkanlah Dia dengan pengagungan yg sebesar-besarnya.

Jika ada manusia yg memuji seorang raja karena kekuasaan yg dimiliki raja itu, maka seharusnya dia lebih memuji kpd Allah swt karena kekuasaan Allah tidak ada yg menyerupainya. Beda dengan kekuasaan seorg raja yg berada dalam serba kerelatifan.

Al Kahfi/18:1
Segala puji bagi Allah yg telah menurunkan kepada hambaNya Al Kitab dan Dia tidak mengadakan kebengkokan di dalamnya. Pada ayat ini Allah menjelaskan tentang karunia yg berupa petunjuk kehidupan.

apabila kita pernah memuji penuntun orang buta sebagai orang yg baik, maka seharusnya kita memuji Allah yg telah menerangi kehidupan tanpa adanya paksaan. Pujian kepada Allah sebabkan adanya petunjuk ini juga diungkapkan oleh para penghuni surga (Al A’raf/7:43)

Al An’am/6:1
Segala puji bagi Allah yg telah menciptakan langit dan bumi, mengadakan gelap dan terang, namun orang-orang yg kafir mempersekutukan (sesuatu) dengan Tuhan mereka.

Pada ayat ini Allah menjelaskan karunianya yg berupa fasilitas kehidupan beserta potensi yg ada di dalamnya. apabila manusia pernah memuji manusia lain karena kedermawanannya, maka seharusnya manusia itu memuji Allah karena Allah-lah dzat memberi fasilitas manusia berdasar kehendak-Nya sendiri.

Pujian hamdalah ini seharusnya juga kita ucapkan ketika kita merasa terlepas dari bahaya (Al Mukminun/23:28), ketika sesuatu yg kita inginkan terjadi (Ibrahim/14:39) atau ketika kita memiliki keistimewaan yg tidak dimiliki manusia pada umumnya (An Naml/27:15).

Arti astaughfirullah

Arti Alhamdulillah

Leave a Comment