Arti Baper dan Cara Mengatasi Baper dalam Islam (Lengkap)

Arti Baper dan Cara Mengatasi Baper dalam Islam (Lengkap)

Arti Baper – Mungkin kita sering mendengar kata baper dari teman-teman kamu, atau mungkin kamu sendiri orang yang suka baperin orang lain hehehehhi, sebenarnya apa sih arti baper itu? Oke enggak usah panjang dan bertele tele, langsung saja kita bahas arti sebenarnya baper?

Apakah Arti Baper?

arti baper
Arti baper

Baper merupakan sebuah kata singkatan dari kalimat “bawa perasaan” ya, kata ini banyak sekali mengandung makna berbeda-beda yang dirasakan oleh setiap orang. Nah dari sini gimana sudah jelas bukan, jika belum ada beberapa penyebab terjadinya baper.

Penyebab Baper?

arti baper
Penyebab dari baper
  1. Terlalu menggangap serius suatu perkara
  2. Kondisi dan keadaan hati yang sedang terluka
  3. Terjadi karena sedang banyak masalah yang dialami
  4. Berlebihan dalam menangapi sesuatu hingga menggunakan perasaan
  5. Terlalu banyak menghayal yang tidak mungkin terjadi

Akibat Buruk Baper

arti baper
Penyebab buruk baper
  1. Menyebabkan kamu males untuk melakukan kegiatan.
  2. Tidak mood dalam segala sesuatu.
  3. Mudah nangis. Biasanya anak bucin nih
  4. Gampag kecewa. Emoticonya
  5. Dikit-dikit sakit hati.
  6. Susah untuk merasakan bahagia.
  7. Tidak mensyukuri nikmat yang ada.
  8. Merasa kurang dengan segala yang dimiliki (minder).

Cara Mengatasi Baper dalam Islam

arti baper
Cara mengatasi baper dalam islam

1. Bersikaplah santai

Girls, gak semua hal butuh disikapi secara serius. Barangkali teman kita sebenarnya cuma bercanda dan tidak bermaksud melukai. Jadi, santai saja selama sebenarnya tidak melanggar batas. Sebagai muslim, kita diajak Rasulullah untuk bersikap lapang dada kepada saudara seiman.

Namun, apabila sebenarnya sikap teman kita dirasa telah kelewat batas, boleh saja kita baper, pasti dengan trik yang tepat. Apakah kita wajib marah-marah padanya? Atau, mendiamkannya? Ingat, pikirkan konsekuensi dari setiap respon yang kita berikan.

2. Berpikir dengan logis

Baper merupakan pekerjaan emosi yang seringkali mencuat pertama kali dalam menerima stimulus dari luar. Maka ijinkanlah pikiran mengambil alih setiap stimulasi yang hadir. Diam sejenak merupakan salah satu trik mengijinkan pikiran bekerja. Karena emosi sifatnya spontan dan condong liar apabila dibiarkan, tentu paling baik sekali jikalau kita mengambil jeda, supaya spontanitasnya lebih terkendali.

3. Tarik nafas panjang, duduk dan berdzikirlah

Berhenti dan diam sejenak bisa menopang kita mengatasi perasaan yang teraduk-aduk. Tariklah nafas panjang beberapa kali, hembuskan perlahan-lahan, dan lafadzkan kalimat taawudz sepenuh hati. “A-udzubillaahi minasy syaithaanirrajim…”.

Apabila belum berhasil juga, ganti posisi dari berdiri sebagai duduk, dari duduk sebagai berbaring. apabila belum stabil juga, berwudhulah. Dan apabila belum berhasil juga, shalat sunnahlah 2 rakaat. Insya Allah resep ini tentu menjadikan hati kita lebih tenang.

4. Menjauh sejenak

Jika bermacam trik belum juga berhasil menenangkan hati kita yang baperan ini, beranjak menjauh sejenak bisa meredam perasaan yang bergejolak. Dengan berjarak, kita bisa berpikir lebih jernih. Dengan berjarak, kita juga bisa menenangkan diri dari situasi yang kacau. sesudah tenang, kita bisa mendekat lagi terhadap sumber kebaperan dan bersikap lebih bijak.

5. Bertoleransilah, karena tak ada yang sempurna

Terkadang banyak hal yang tidak kita sukai, ternyata terdapat terhadap teman-teman kita. Kita tidak suka caranya berbicara yang ceplas-ceplos. Kita tidak nyaman mendengarnya biasa marah-marah. Kita tidak senang menatap kebiasaan buruknya yang menyulitkan diri sendiri dan bahkan orang lain.

Tetapi kemanapun kita melangkah, percayalah bahwa pasti terdapat saja sifat naif orang lain yang tidak kita suka. Hubungan yang tahan lama terjadi karena kita berlapang dada kepada segala kekurangan, dan mentolerir hal-hal yang seharusnya sebenarnya dimaafkan.

Ingat, tidak terdapat seorangpun yang sempurna di dunia ini.

Jadi daripada kita sibuk baper, berikan ruang pada hati dan pikiran kita untuk menerima sahabat kita apa adanya. Berikan ruang untuk ketidaknyamanan yang terjadi di dunia ini, supaya hati kita tidak mudah lelah. Bukankah kebahagiaan yang sempurna cuma terdapat di surga?

6. Komunikasikan

Yes. Daripada anda misuh-misuh di belakang, lebih baik ungkapkan terus-terang apa yang mengganjal. Mengatakan secara terbuka dan berkonfrontasi terang-terangan, tentu lebih membuka jalan mencari jalan keluar dan rekonsiliasi, daripada diam dan menyimpan barah pada sekam.

Awalnya sebenarnya tak mudah, lebih-lebih apabila kita merupakan tipe orang yang suka memendam perasaan. akan tetapi coba deh sekali saja, sesudah itu mungkin temanmu tentu marah ataupun berbalik tidak terima.

Tetapi setelah dari itu, apabila kalian berhasil melamapauinya, ukhuwah dan persahabatan ini pasti tentu semakin erat, insya Allah terkadang konflik kita butuhkan untuk sebagai trik semakin mengenali diri satu sama lain. Tapi tidak lama-lama yaa bertengkarnya, maksimal 3 hari saja

7. Siapa suka cewek baperan?

Dear, percayalah bahwa orang yang terlalu sensitif itu lumayan rumit untuk dijadikan teman lebih-lebih sahabat. Sikapnya yang mudah tersinggung tentu menjadikan ukhuwah gampang rusak dan persahabatan tidak awet. Maka dari itu, berilah toleransi, bersikaplah lebih sabar lagi, serta jadilah muslimah yang easy-going kepada sahabatmu yang mungkin memiliki sifat menyebalkan.

Kata Kata Baper

arti baper
Kata kata baper

1. Jangan Menunggu Pangeran

“Berhentilah mendamba pangeranmu akan datang. Wek Up dan temukan dirinya, Mungkin saja ia sedang tersangkut di pohon atau sesuatu”

Hayo, terdapat yang bawa perasaan lantaran kalimat ini? Lucu sih kata kata baper ini, tapi dalemnya minta ampun. Bisa bikin yang eja jadi tertohok ataupun tersindir.

Terkadang kita biasa ngeluh karena pangeran yang ditunggu-tunggu nggak mendatangi kita. Tapi kita juga nggak pernah terdapat usaha untuk mencarinya. sebenarnya mau nunggu sampai kapan? Sampai kiamat?

2. Batas Maksimal Ganti Status Hubungan di Facebook

Facebook seharusnya membatasi berapa kali kita bisa mengganti status hubungan, Setelah 3 kali, seharusnya otomatis berubah menjadi “labil”

Kata kata baper lucu ini bisa sekaligus jadi sindiran buat orang yang gampang banget tukar status hubungan di Facebook. Dikit-dikit “berpacaran,” 3 menit terus “rumit,” besoknya tau-tau jadi “janda.” Super sekali!
Mungkin hatinya ibarat kapal yang sedang dihantam badai. Mudah terombang-ambing. terdapat baiknya Facebook bikin batasan kaya kutipan di atas biar orang-orang ini nggak ganti status melulu.

3. Cinta yang Seperti Sampo Bayi

Kuharap cinta sama seperti sampo bayi. Ada formula no tears-nya.

Kamu yang pernah merasa tersakiti saat menjalin hubungan percintaan pasti setuju sama kutipan ini! sebenarnya perih banget tuh cinta, bisa bikin kita meneteskan air mata. Pasti nyaman apabila terdapat cinta memiliki formula no tears kaya sampo bayi. ataupun nggak, terdapat formula kontra bocornya kaya cat rumah. Pasti matamu nggak tentu pernah sembab lagi selamanya.

4. Cinta = Amnesia?

“Cinta merupakan jenis amnesia saat seorang cewek lupa kalau ada 1,2 miliar cowok lain di dunia ini yang lafi menunggunya”

Saat jatuh cinta, sering kita jadi lupa segala-galanya. Semua perhatian dan kasih sayang cuma ditujukan buat si dia. Seakang nggak terdapat lagi manusia lain di dunia ini. Kadang, sikap itu nggak baik juga lho. Soalnya, anda juga condong jadi nggak peduli sama dirimu sendiri. Moga-moga aja anda jadi sadar sesudah baca kata kata baper lucu ini, ya!

5. Arah Hidup

“Kau bisa mengeluh tentang arah hidupmu sepuasnya. Tapi kalau kau tidak pernah duduk di kursi supir dan mengendalikannya sendiri, kau tak akan pernah sampai ke tempat tujuanmu”

Hidup ini sebenarnya nggak selalu mulus. terdapat aja hal-hal yang bisa bikin kita kecewa dan putus asa. Sesekali mengeluh tak apa-apa. Tapi apabila terus-terusan melakukannya, bisa-bisa anda tak tentu pernah bisa menyelesaikan masalahmu itu.

Ada baiknya anda mencoba menghadapi semua rintangan yang anda hadapi seperti kutipan di atas. Baru dengan cara itulah, anda bisa menentukan arah hidupmu selanjutnya.
Seharusnya Dulu…
Terlalu bodoh untuk kusadari, seharusnya dulu aku memberimu bunga dan menggenggam tanganmu dengan erat. Seharusnya kuberikan semua waktuku saat aku masih punya kesempatan.

Ada yang bilang apabila sesuatu baru tentu terasa berharga saat kita kehilangannya. Termasuk soal cinta. Terkadang, anda baru menyesal saat hubungan percintaan telah terlanjur berakhir. Ungkapkan penyesalanmu dengan kata kata bikin baper mantan di atas. Sampaikan permintaan maafmu, dan doakan supaya dia lebih bahagia dengan kekasihnya yang sekarang.

2. Masih Kekasihku

Jauh di lubuk hatiku, masih terukir namamu. Jauh di dasar jiwaku, engkau masih kekasihku. Naff, Kau Masih Kekasihku

Penyesalan yang mendalam juga bisa anda sampaikan lewat kata kata baper dari penggalan lirik musik Naff ini. walau telah berpisah, anda tak bisa menghapusnya secara total dari hati dan ingatanmu.
Bahkan jauh di pada lubuk hatimu, anda masih berharap bisa memilikinya. apabila bisa memutar waktu, mungkin anda tak tentu pernah lagi mengulang kesalahan yang sama.

3. Akulah yang Bodoh

Tiada yang salah. Hanya aku manusia bodoh. Yang biarkan semua ini permainkanku, berulang-ulang kali.

Kalau sebelumnya anda terdapat di posisi yang bersalah, sekarang sebaliknya. Justru kamulah yang terus dipermainkan berulang-kali. Kata kata baper di atas bisa seekalian dipakai untuk sindiran cinta buat para mantan. Sehingga, dia paham apabila anda juga manusia biasa yang bisa merasakan sakit hati.

4. Berat Meninggalkanmu

“Tak pernah terpikirkan dalam benakku, untuk tinggalkan engkau semacam ini. Tak terbayangkan jika ku beranjak pergi, betapa hancur dan harunya hidupmu”

Terkadang, anda mungkin berpikir pihak yang ditinggalkanlah yang selalu merasa terluka. .Namun, yang meninggalkan pun bisa merasakan rasa sakit yang demikian. lebih-lebih apabila perpisahan itu tidak terjadi terhadap kehendaknya. Kalau anda sedang berada pada posisi yang meninggalkan ini, kirimkan kutipan di atas ke mantan pacarmu. Mungkin dia tentu tetap menyalahkanmu. Tapi paling tidak, dia paham apabila anda terpaksa meninggalkannya.

5. Setidaknya Kita Pernah Tertawa

“Walaupun pada akhirnya belum tentu bahagia, setidaknya kita pernah merasakan canda tawa bersama.”

Jalinan cinta yang tlah berakhir mungkin tak akan dipersatukan lagi. Kalaupun iya, mungkin semuanya tak akan kembali lagi semacam semula. Tapi setidaknya, kalian pernah merasakan bahagia dan tertawa canda bersama-sama. Sampaikan kutipan ini ke mantan pacarmu agar tak ada lagi rasa pahit yang tersisa di antara kalian berdua

Arti Candid

Sumber

www.elmina.id
www.kepogaul.com
azzamaviero.com

Arti baper

Leave a Comment