Arti Bismillah dan Tulisan Arab Bismillah Indah (Lengkap)

Arti Bismillah dan Tulisan Arab Bismillah Indah (Lengkap)

Arti BismillahBarakallah, Sepertihalnya yang kita ketahui, basmalah (bismillahirrahmanirrahim) adalah salah satu dianatara amalan zikir yang tinggi dalan khazanah Ajaran Islam, sayangnya masih banyak orang Islam yang belum mengaplikasikan kalimat ini pada kehidupan sehari-harinya.

Padahal kalo mereka mngetahui dari faedah kaliamat basmalah sangatlah agung, dan bisa menjadi pembuka keberkahan bagi orang yang mengamalkannya. Mengapa bismillah disebut juga sebagai dzikir yang agung dan tetinggi? sebab dalam kalimat / tulisan bismillah terdapat lafalz asma Allah Azza wa Jalla disertai nama agungnya tang lain, yakni ar-Rahman dan ar-Rahim.

Shabat Ali bin Abi Thalib bahkan mengatakan bahwa semua yang terkandung dalam Al-Qur’an ada dalam surah alFatihah. Dan semua yang terdapat dalam surah alFatihah itu terwujud di dalam kalimat / tulisan bismillah.
Jadi, kalimat bismillah merupakan sumber energi yang utama atas keberkahan hidup, keselamatan dan kebahagiaan semua orang.

Arti Bismillah ?

arti bismillah
arti bismillah

Kalimat basmalah dalam bahasa Arab yang digunakan jika kita menyebutkan Islam bismi-Ilahi ar-rahmani ar-rahimi. Kalimat ini adalah kalimat yang terdapat dalam setiap awalan surah di dalam A-Qur’an, terkecuali pada Surah At-Taubah saja.

Sering dilafalzkan setiap kali seorang muslim dalam menunaikan shalat baik sunnah maupun wajib, Pada saat memulai kegiatan harian lainnya, dan biasanya kalimat ini digunakan sebagai pembuka kalimat (mukaddimah) dalam konstitusi atau piagam negara-negara Islam.

Basmalah juga bisa di bilang doa (menyebut asma Allah) untuk memulai segala perbuatan baik. Bunyi lafaz basmalah merupakan sebagai berikut;

arti bismillah

Bismillah yang terkumpul dalam bahasa Arab yang memiliki arti “Dengan menyebut nama Allah“. Bacaan ini yg disebut dengan Tasymiyah dan bagi seorang muslim sangat dianjurkan untuk membacanyasetiap akan memulai sesuatu kegiatan terutama hal-hal baik, sehingga yang dikerjakan diniatkan semata-mata atas nama Allah SWT.

Basmalah adalah bacaan dzikir yang sering diucapkan. Basmalah merupakan istilah lain dari penyebutan kalimat Bismillah, seperti hamdalah istilah dari lain dari Alhamdulillah dan hauqalah istilah dari laahaula wala quwwata illa billah.

Bismillah merupakan penggalan salah satu ayat dalam surat An-Naml dan sebagai ayat pertama yang membuka surah Al-Fatihah. Tidak hanya itu, Basmalah sebagai pembuka dari seluruh surah-surah Al-Qur’an kecuali surah A-Taubah (Al-Bara’ah).

Makna Bismillah

arti bismillah
makna bismillah

Basmalah yakni mengucapkan atau bisa juga menulis kalimat, Bismillahirrahmanirrahim, yang memiliki arti yaitu “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”. Terdapat dalam Al-Qur’an ada 114 kalmat basmalah, 113 di antaranya terdapat di awal setiap surah, kecuali pada surah At-Taubah.

Namun berbeda dalam surah An-Naml terdapat dua kata basmalah. Yang pertma terdapat pada awal surah, kedua pada ayat 30 pada saat Allah SWT berfirman yang mengabadikan surah Nabi Sulaiman as yang ia kirim kepada Ratu Balqis yang artinya;

“Sesungguhnya surat itu, dari nabi Sulaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayag”. (Q.S. An Naml: 30).

Adapun makna dari Basmalah itu bisa diteliti dari perkataan sebagai berikut;

“Bismi” dengan nama, “Allah” Allah, “ar-rahman” Yang Maha Luas kasih sayang-Nya.
Dalam kalimat basmalah ini terkandung tiga nama Allah yang termasuk di dalam asmaul husna(nama nama yang baik), yaitu Allah, Ar-Rahman, dan Ar-Rahim.

Dalam ajaran agama kita Islam, basmalah harus diucapkan setiap kali akan memulai semua macam pekerjaan atau perbuatan, perkerjaan apa saja, mulai dari hal-hal kecil sampai yang besar, penting atau tidak. Kita mengucapkan bismillahirrahmanirrahim sebelum malakukan setiap pekerjaan baik seperti sebelum berangkat sekolah, sebelum meninggalkan rumah, sebelum tidur, berwudhu, madi, sebelum menulis atau membaca dan semua aktivitas lainnya.

Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi

arti bismillah arti bismillah arti bismillah arti bismillah

Keutamaan Bismillah Bagi yang Baca

arti bismillah

1. Basmalah menjadi penjemput rezeki

Mengucap kalimat basmalah dapat menjadi pembuka pintu rezeki dan mengantar kita menjadi hamba yang diberi kemuliaan, baik didunia maupun akhirat. Maka dari itu bacalah basmalah sebelum memulai pekerjaan, atau dipagi hari ketika matahari terbit, ditambah dengan bacaan shalawat ke atas Nabi. Insya Allah, akan diberi kelapangan rezeki dalam hidupnya.

2. Basmalah menyembuhkan segala macam penyakit

Bacalah Basmalah khasiyat nya untuk menyembuhkan berbagai penyakit pada manusia. Selain memeriksakan diri kedokter, pada saat sakit kita perlu berikhtiar. Yang diantaranya dengan membaca ”Bismillaahirrahmaanirrahiim’sebanyak 100x, selama tiga hari berturut-turut. Insya Allah atas izinNya penyakit yang diderita akan berangsur-angsur diberi kesembuhan.

3. Basmalah menghindari gangguan syaitan

Bacaan basmalah karna berkhasiat untuk menghindarkan gangguan syaitan laknatullah, terutama tempat tinggal kita. Supaya rumah kita aman dan terhindar dari gangguan jin dan syaitan. Caranya Siapkan kertas lalu tulislah kalimat basmalah 35 kali, gantungkanlah pada salah satu ruang dirumah kita. Insya Allah rumah kita akan terasa nyaman, dipenuhi berkah dan terhindar dari gangguan jin dan syaitan.

4. Basmalah menjadi penghapus dosa

Bacaan kalimat basmalah yang mudah dihafal ternyata memberi faedah untuk menghilangkan dosa-dosa yang telah kita perbuat seblumnya. Menulis ‘Bismillaahirrahmaanirrahiim’ dengan tulisan yang indah untuk memuliakan Allah SWT, Insya ALLAH Allah akan mengampuni dosa kita, dengan catatan kita bertaubat dan berjanji kepada ALLAH tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

5. Basmalah mencerdaskan akal

Basmalah memiliki khasiyat untuk mempertajam kecerdasan akal, mempermudah menghafal bacaan atau materi pelajaran yang diajarkan oleh guru atau dosen. Cara-nya dengan menyiapkan segelas air putih lalu dibacakan basmalah sebanyak 786 x, yakni diminum pada waktu terbit matahari, sebelum berangkat belajar kuliah /sekolah. Lakukan kegiatan ini selama tujuh hari berturut-turut, Insya Allah Allah akan menurunkan hidayahnya lewat kecerdasan akal kita.

6. Basmalah mendatangkan perasaan aman

Bacaan kalimat Basmalah juga berkhasiat untuk menciptakan rasa aman dan tentram. Membaca ‘Bismillaahirrahmaanirrahiim’ setiap akan hendak tidur sebanyak 21 kali, Insya Allah tidur kita akan terasa nyaman, dijauhkan dari goda-godaan syaitan yang menggagu, seluruh harta benda yang kita miliki senantiasa dalam lindungan Allah, dan Allah akan melindungi kita dari mara bahaya yang mendekat dari segala arah.

7. Basmalah mengindari kejahatan Orang dzalim

Tulislah kalimat ‘Bismillaahirrahmaanirrahiim’ dengan huruf arab secarik kertas sebanyak 500 kali, lalu bacalah bismillah sebanyak 150 kali. Bawalah kertas yang telah ditulis tersebut pada saat bertemu dengan orang zalim. Insya Allah, Allah akan memberi perlindungan terhadap diri kita

8. Basmalah menjadi pelaris barang dagangan

Jika Anda seorang pedagang, rezeki yang berasal dari barang peniagaan dapat dijemput dengan Basmalah. Bacalah ‘Bismillaahirrahmaanirrahiim’ sebanyak 786x, selama 7 hari berturut-turut sambil meminta permohonan supaya barang perniagaan kita laris. Insya Allah atas kehendaknya selama 7 hari akan ada perubahan menjadi laris. Apabila Allah telah memberi limpahan rezeki, hendaknya kita sebagian keuntungan tersebut untuk menggapai ridha Allah SWT. Arti Afwan

Sumber

bangka.tribunnews.com
sijai.com

Arti bismillah

Leave a Comment