Arti COD, Keuntungan dan Kekurangannya pakai COD (Lengkap)

Arti COD, Keuntungan dan Kekurangannya pakai COD (Lengkap)

Arti COD – Pada kesempatan Kali ini kita akan membahas tentang COD. COD ini biasa dibilang dalam dunia jual/beli online, jika kamu bergelut dengan dunia bisnis online maka tak asing lagi dengan sitilah COD. Kemungkin sebagian dari kita sudah paham Apa itu COD, tapi masih kurang tepat dalam menggunakan istilah ini dan mungkin keliru dalam memahaminya.

Pada artikel singkat ini akan dibahas secara khusu soal transaksi COD atau biasa dikenal dengan Cash on Delivery, baik tentang arti COD itu sendiri, keuntungan COD, dan tips trik apa saja yang harus kamu lakukan sebagai penjual dan pembeli.

Apa itu COD ?

arti cod
COD

Alangkah lebih baik apabiloa kamu memahami tentang istilah COD. Yup, yang merupakan kepanjangan dari COD Cash on Delivery adalah suatu layanan transaksi jual beli dimana pihak pembeli bersedia untuk membayar barang jika pihak penjual mengantarkan sampai ke alamt yang sudah ditentukan oleh pembeli.

Pengantaran/pengiriman dilakukan bisa juga menuju rumah pembeli, kantor ataupun tempat yang sudah dijanjikan. Banyak juga orang yang mengartikan bahwa COD itu hanya sekedar temuan saja, padahal istilah ini digunakan untuk pelayanan ekstra pada penjual yang bersedia mengantarkan barang dagangannya ke alamat yang dijanjikan.

Nah, jika kamu menjumpai sebuah lapak yang memberi keterangan bersedia COD, maka kamu sebagai pembeli berhak mendapatkan layanan free ongkir dalam are yang sudah ditentukan oleh penjual. Apabila penjual menuliskan keterangan COD dilapak nya namun ia tidak bersedia mengantarkan barang ke alamat kamu dalam cakupan area yang sudah ditentukan maka itu adalah sebuah kesalahan.

Jadi, kamu harus mematstikan secara detail jika ada penjual yang menuliskan COD di lapak dagangan maka penjual harus siap mengantarkan barang dagangannya kemana pun.

Pengertian COD

arti cod
Pengertian COD

Dari arti yang telah dijelaskan di atas, sekarang kita masuk ke pengertian COD itu sendiri, dari asal kata “cash” dan “delivery“, tentu kita pasti sudah dapat menyimpulkan pengertian dari COD itu adalah suatu layanan yang dimana konsumen sepakat dengan penjual untuk membayar apabila barang yang dibeli itu sampai ke alamat pengiriman.

Biasanya perusahaan lokal yang menawarkan barang dagangan tidak tentu pernah menolak apabila menggunakan sistem COD ini. Karena COD sendiri tidak merugikan kedua belah pihak.

Jangkauan Layanan COD

arti cod
jangkauan cod

Walaupun COD ini salah satu pilihan transaksi yang paling memungkin untuk usaha online, tapi terdapat beberapa pengeculian yang butuh anda pahami juga.

Pertama, COD ini tidak bisa dilayani terhadap seluruh wiliayah. Hal ini telah jelas karena tidak mungkin kan barang dari Yogyakarta diantarkan langsung ke Balikpapan? Apakah anda mau menanggung biaya tiket PP Yogyakarta-Balikpapan? pasti tidak kan? So, layanan COD ini cuma bisa diterapkan satu tanah ataupun lokal saja. Contohnya di Yogyakarta, maka COD cuma bisa terjadi di tanah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kedua, umumnya para penjual apabila menggunakan sistem COD maka terdapat biaya tambahan ongkos kirim. pasti hal ini paling wajar, mengingat letak anda mungkin jauh dari jangakauan layanan COD toko atau perusahaan, tergantung kesepakatan aja sih.

Keuntungan COD

arti cod
Keuntungan cod

Keuntungan yang banyak sekali akan kamu dapatkan jika menggunakan transaksi COD ini. Hal pertama yang dirasakan adalah para pembeli kamu, karena langsung melihat kondisi barang, bahkan mencobanya terlebih dahulu. Untuk transaksi dengan pengiriman dapat dipastikan para pembeli tidak akan bisa melihat kondisi barang secara langsung.

Lalu, pihak pembeli bisa menawar harga atau bernegosiasi secara langsung setelah melihat barang. Dan paling penting, pembeli tidak kehilangan uang untuk biaya kirim, hal ini berlaku untuk bisnis lokal ya. Bagi penjual tentu saja transaksi secara COD ini bisa membuat citra penjual lebih baik lagi, dan dicap sebagai penjual terpercaya, dan mungkin saja di informasikan kepada sanak saudar jika memang mau membeli barang yang sama.

Tapi, risiko terbesar dari penjual adalah merelakan ongkos untuk jalan dan barang yang diantar tidak jadi dibeli.
Nah, mungkin itu saja pembahasan tentang Apa itu COD. Semoga kamu paham ya, sebaiknya lakukan dulu kesepakatan antara pembeli dan penjual sehingga tidak ada yang saling dirugikan.

Kekurangan COD

arti cod`
Kerugian COD

Pada sisi pembeli COD juga tidak selamanya memberikan keuntungan, terutama pada sisi kemudahan dan kepraktisan. karena dengan sistem pembayaran seperti ini akan berlaku keterbatasan jangkauan dari sang penjual untuk mengirimkan barangnya. Penjual yang berada jauh dari wilayah pembeli seperti di luar kota jarang akan menawarkan opsi ini, karena berkendara jarak tentunya.

Dengan begitu pilihan barang bagi konsumen pun menjadi terbatas. Sedangkan pada sisi penjual kerugian yang mungkin diderita diantaranya saja perlu adanya penyediaan waktu ekstra tenaga serta biaya lebih yang harus siap dikeluarkan, terutama dalam hal pengiriman. belum lagi jika misalnya barang yang dipesan mendapatkan komplain dari pembeli karena berbagai sebab atau bahkan jika barang yang dipesan tidak jadi dibeli.

COD untuk Seller

arti cod
COD untuk Seller

Apabila hendak menyediakan layanan transaksi Cash On Delivery, sebagai seller merupakan beberapa hal yang wajib diperhatikan dahulu. Yang pertama merupakan mengenai jangkauan letak ataupun area. Anda wajib menentukan area mana yang tentu terjangkau layanan COD.

Kita ambil contoh, Anda tinggal di daerah lempuyangan Yogyakarta, maka Anda bisa menuliskan layanan COD untuk area malioboro, lempuyangan, wirobrajan, hingga sleman. Jadi apabila terdapat buyer yang meminta Anda mengantarkan barang hingga area tersebut Anda wajib siap.

Akan tetapi apabila diluar wilayah, tentunya tidak butuh Anda layani mengingat bisa terjadi biaya pengantaran barang yang membengkak. Sebagai contoh apabila COD di area jauh maka Anda wajib mengeluarkan biaya bahan bakar, ataupun ongkos jalan, belum lagi ongkos lainnya.

Terkecuali bila Anda memberikan syarat tambahan untuk area yang lebih jauh seperti dikenakan ongkos kirim barang kepada buyer, tidak sebagai masalah.

Untuk COD dengan lokasi yang terlalu jauh, sepertinya tidak mungkin anda lakukan. Apakah Anda bersedia mengantar barang hingga ke Cilacap, sementara Anda sendiri tinggal di Surabaya. Lebih baik tetap gunakan jasa ekspedisi ataupun jasa pengiriman barang yang lebih praktis serta murah.

Sumber :

infopeluangusaha.org
tulisbaca.com

Arti COD

Leave a Comment