Cara Instal Ulang Laptop dengan Aman Tanpa Gagal Booting

Cara Instal Ulang Laptop dengan Aman Tanpa Gagal Booting

Cara instal ulang laptop– Menginstal ulang dapat menyebabkan kinerja laptop menjadi baru lagi. Ini penting ketika laptop diserang oleh malware atau virus. Terkadang, kesalahan sistem juga mengharuskan Anda untuk menginstalnya kembali. Penginstalan ulang laptop dapat dilakukan sendiri dan tidak perlu menggunakan layanan komputer.

Hal yang Perlu dilakukan Sebelum Menginstal Ulang Laptop

cara instal ulang laptop

Persiapan

Untuk proses instalasi ulang, Anda tidak dapat menginstalnya kembali secara tiba-tiba. Banyak persiapan harus dilakukan sebelum menginstal ulang. Hal-hal seperti backup, membuat catatan nomor seri dan juga menyiapkan driver.

Langkah pertama: Backup file penting

Selama proses instalasi ulang, semua file dapat terpengaruh atau bahkan dihapus. Keputusan instal ulang yang baik juga melibatkan menghapus semua file dari hard drive terlebih dahulu. Untuk memastikan file Anda masih dapat diakses lagi, pertama buat salinan cadangan file tersebut.

Hal termudah untuk dilakukan adalah membuat salinan dokumen dan file yang tidak ingin Anda hilangkan. Anda dapat menggunakan USB flash drive atau hard drive eksternal. Cara lain adalah dengan menggunakan media penyimpanan cloud.

Anda dapat mengunggah semua file yang ingin Anda simpan ke media penyimpanan cloud dan mengunduhnya ke laptop setelah instalasi ulang selesai. Contoh media penyimpanan cloud adalah Google Drive.

Langkah kedua: Menyimpan serial number

Hampir program yang Anda instal pada laptop memiliki nomor seri. Terutama dalam program berbayar. Nomor seri ini penting untuk mengembalikan program yang nantinya akan digunakan setelah proses instal ulang laptop selesai.

Anda mungkin tidak perlu mencadangkan file program, tetapi nomor seri ini lebih penting. Pemasang mungkin mengunduh beberapa program, tetapi jika Anda tidak memiliki nomor seri, program tidak akan dapat diakses.

Untuk memastikan nomor seri Anda aman, Anda dapat membuat catatan secara manual atau menggunakan alat seperti Belarc Advisor. Alat ini akan memindai semua program yang Anda gunakan di laptop Anda dan mendaftarkan semua nomor seri. Program ini gratis. Jadi cukup unduh, instal, dan gunakan.

Langkah ketiga: Mempersiapkan driver

Agar perangkat keras laptop berfungsi dengan baik, tentu saja driver akan dibutuhkan. Sebenarnya, ini tidak diperlukan di Windows 10 karena fungsi secara otomatis mendeteksi perangkat keras dan menginstal driver. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki Windows 10 atau memiliki akses internet yang baik, ini sangat penting.

Untuk mendapatkan driver, Anda dapat terlebih dahulu mencari di internet atau menyalin dari seorang teman. Beberapa penyedia layanan juga menyediakan layanan pemasangan driver. Mengunduh semua driver ini mungkin memerlukan waktu. Tapi, setidaknya, Anda tidak perlu khawatir laptop tidak akan berfungsi karena tidak ada driver.

Proses Instal Ulang Laptop

cara instal ulang laptop

Setelah semua persiapan selesai, sekarang saatnya untuk mengetahui langkah-langkah dan cara menginstal ulang laptop Anda. Sebenarnya, ada 2 cara yang bisa Anda pilih. Cara pertama adalah reset laptop ke new state.

Opsi ini hanya ada di Windows 10. Fungsi ini akan menghapus semua file dari laptop, kecuali untuk item yang sudah ada di pengaturan default pabrik.

Opsi kedua adalah membuat format manual. Ini sedikit lebih rumit daripada opsi pertama, tetapi itu menjamin bahwa itu lebih bersih ketika menghapus file. Untuk menghindari kesalahan, ikuti langkah-langkah dari masing-masing opsi berikut dengan cermat:

Opsi 1: Instal Ulang dengan Reset ke New State

Sekarang, untuk memulai proses pemulihan ke keadaan baru, ikuti langkah-langkah ini:

  • Masuk ke menu “Start” dan klik ikon setting. Setelah itu, Anda akan masuk ke menu “setting”.
  • Di menu ini, cari opsi “Update & security”
  • Di menu ini, klik kata “Recovery”
  • Setelah mengklik, Anda akan diberi opsi “Reset this PC ” dan ” Advance Start-up “
  • Langkah selanjutnya Klik pada tombol “Start” di bawah “Reset this PC” untuk memulainya
  • Jendela pilihan akan muncul untuk melakukan restart bersih dengan menghapus semua file kecuali Windows atau mengamankan file pribadi. Untuk opsi kedua, file yang dihapus adalah program, aplikasi, dan file terkait. Jadi dokumen, foto, dan video Anda tetap aman.
  • Klik sesuai keinginan Anda untuk menginstal ulang. Instruksi Windows akan muncul dan cukup ikuti saja.
  • Reset ke “new state” biasanya membutuhkan waktu lama tergantung pada ukuran file yang akan dibersihkan.

Setelah semua proses selesai, kondisi laptop akan kembali seperti saat Anda membelinya dan menyalakannya untuk pertama kalinya, greeeez. Cara melihat password wifi.

Opsi 2: Instal Ulang dengan Format Manual

Metode ini biasanya yang paling sering digunakan untuk menginstal ulang laptop. Selain bisa digunakan oleh sistem operasi selain Windows 10, dengan cara ini Anda juga dapat menghapus file yang terinfeksi malware dan virus. Meninggalkan file di belakang hanya akan menyebabkan malware menyebar berulang kali. Cara screenshot di laptop

Sebelum memulai metode ini, Anda harus memiliki file instalasi Windows 10 pada disk atau CD dengan nomor seri. Jika sudah ada di sana, saatnya untuk membersihkan file! Proses pembersihan ini akan lebih baik jika Anda menggunakan program pembersihan seperti DBAN.

DBAN (From Boot And Nuke) adalah program yang akan membersihkan semua file hingga benar-benar bersih dari hard drive. Cukup unduh secara gratis dan bakar file ini ke CD.

  • Langkah pertama, masukkan CD ke laptop dan boot. Untuk mem-boot, ikuti langkah-langkah ini
  • Nyalakan kembali laptop. Di tengah proses boot, klik pada Esc, F1, F2, F8 atau F10. Tombol ini tergantung pada jenis laptop Anda.
  • Opsi akan muncul dan pilih masukkan “setting BIOS”.
  • Di menu BIOS, masuk ke “tab boot”.
  • Jadikan booting pertama di opsi Drive CD yang isinya DBAN
  • Simpan dan keluar
  • Sekarang proses boot akan membaca CD DBAN dan dapat digunakan untuk menghapus file di laptop.

Langkah-langkahnya DBAN adalah sebagai berikut.

  • Klik enter untuk membuka DBAN
  • Ketika menu DBAN muncul, klik [J] dan [K] untuk memilih drive yang ingin Anda hapus.
  • Pilih drive dengan menekan tombol spasi pada keyboard
  • Setelah memilih semua, klik pada F10 untuk memulai proses penghapusan.
  • Ketika proses sedang berjalan, Anda tidak bisa menghentikannya. Pastikan juga ketika proses sedang berjalan, laptop terisi daya full sehingga tidak kehabisan baterai/ sambil di sharger karena prosesnya bisa memakan waktu lama.

Setelah proses selesai, laptop Anda akan kosong. Sekarang adalah saatnya untuk menginstal ulang laptop dengan file Windows yang telah dipersiapkan sebelumnya. Untuk mengetahui caranya, ikuti langkah-langkah di bawah ini. Cara mengaktifkan Bluetoot.

  • Masukkan CD atau flasdisk Windows yang telah disiapkan sebelumnya.
  • masuk ke bios dan arahkan booting pertama pada cd/flasdisk windows,
  • setelah itu klik f10 dan klik ok/yes
  • Laptop akan mendeteksi CD/flasdisk dan mulai untuk CD tersebut.
  • Langkah-langkah untuk menginstal Windows akan muncul dan Anda hanya perlu mengikuti instruksi.
  • Pada langkah terakhir sebelum instalasi, Anda biasanya diminta memasukkan nomor seri Windows Anda.
  • Masukkan nomor seri dan proses instalasi akan berjalan.
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai dan laptop Anda siap dalam kondisi baru.

cara instal ulang laptop

Leave a Comment