√6 Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Mudah dan Lengkap

√6 Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Mudah dan Lengkap

Cara melihat spesifikasi Laptop – memverifikasi atau melihat spesifikasi komputer sebenarnya adalah sesuatu yang sangat mudah dilakukan. Meskipun sangat mudah, banyak orang jarang melakukannya, sehingga banyak dari mereka tidak tahu spesifikasi pasti dari laptop atau komputer yang mereka gunakan.

Sebenarnya, mengetahui spesifikasi laptop atau komputer bukanlah sesuatu yang harus Anda lakukan, tetapi tidak ada salahnya jika Anda melakukannya.

Mengetahui spesifikasi komputer Anda dapat menguntungkan, karena Anda dapat menyesuaikan spesifikasi yang tersedia di laptop atau komputer Anda untuk menjalankan beberapa perangkat lunak atau permainan.

Jika Anda ingin memverifikasi spesifikasinya, di bawah ini Anda akan menemukan 6 cara mudah untuk melihat spesifikasi komputer dan laptop di Windows XP, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10 lengkap dengan gambar screenshot nya.

1. Memanfaatkan sistem Informasi yang ada

cara melihat spesifikasi laptop
cara melihat spesifikasi laptop

Anda bisa melihat spesifikasi lapto dengan memanfaatkan sistem insormasi yang ada pada laptop dengan cara :

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan dengan cara buka Windows Explorer dengan cara biasa atau dengan menekan “Wind+E” pada keyboard anda.
  • Klik kanan pada pilihan My Computer atau pada pilihan This PC, Kemudian silahkan pilih properties.
  • Setelah itu anda pun dapat melihat beberapa informasi mengenai spesifikasi komputer anda seperti tipe, kecepatan, besar RAM,dll.

2. Menggunakan Cara Cek dxdiag

cara melihat spesifikasi laptop
Dxdiag

Cara mudah untuk melihat spesifikasi komputer kedua adalah dengan menggunakan DXdiag. Metode ini sangat mudah, ini tutorialnya untuk Anda.

  • Buka RUN atau dengan menekan Windows + R pada keyboard Anda
  • Kemudian, ketikkan kata dxdiag di kolom “open:”
  • Setelah itu, pilih dan klik OK

Anda juga dapat melihat beragam informasi tentang spesifikasi komputer Anda.
Dalam versi sistem, Anda dapat melihat spesifikasi di Windows 64-bit atau 32-bit.

3. Menggunakan CPU-Z

cara melihat spesifikasi laptop
CPU – Z

Metode di atas adalah cara menggunakan fitur yang disediakan oleh Windows. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba melihat spesifikasi pada komputer menggunakan pihak ketiga, mereka dapat mengikuti langkah berikut:

  • Untuk langkah pertama, Anda harus mengunduh dan menginstal CPU Z terlebih dahulu di komputer atau laptop Anda
  • Setelah instalasi berhasil, Anda hanya perlu membukanya dan Anda dapat melihat spesifikasi terperinci di komputer atau laptop Anda.
  • Anda dapat melihat secara detail tentang CPU dari nama prosesor hingga kecepatan pusatnya di kolom CPU.
  • Untuk melihat informasi dari motherboard komputer atau laptop Anda, Anda dapat membuka kolom papan utama yang tersedia di CPU-Z.
  • Di kolom tipe memori, Anda dapat melihat tipe memori Anda. Saat berada di kolom tab SPD, Anda dapat melihat slot RAM dan berbagai informasi tentang RAM Anda.

4. Dengan Cara Menggunakan Speccy

cara melihat spesifikasi laptop
Speccy

Cara melihat spesifikasi pada komputer keempat adalah dengan menggunakan perangkat lunak Speccy. Metode ini sangat sangat mudah. berikut langkah langkah nya

  • Unduh perangkat software nya terlebih dahulu untuk memulai
  • Setelah unduhan selesai, instal
  • Setelah menyelesaikan instalasi, buka dan Anda dapat melihat informasi rinci tentang spesifikasi CPU Anda.
  • Di tab ringkasan, Anda dapat melihat secara detail spesifikasi PC Anda.

Ini adalah 4 cara termudah dan termudah untuk mencari tahu, memverifikasi, atau melihat spesifikasi komputer dan laptop di Windows tanpa menggunakan perangkat lunak yang dapat Anda praktikkan di rumah. Dengan melihat dan mengetahui spesifikasi komputer atau laptop Anda, Anda juga dapat menyesuaikan semua aplikasi yang ada sehingga komputer Anda terus berfungsi dengan baik.

5. Menggunakan Setting App Pengaturan Aplikasi

Jika Anda ingin mendapatkan gambaran umum tentang spesifikasi sistem laptop Anda, aplikasi pengaturan dapat memberikan beragam informasi tentang perangkat keras dan perangkat lunak Anda. Untuk melihat spesifikasi dasar, lakukan hal berikut:

  • Buka setting
  • Klik pada sistem.
  • Kemudian klik About.

Pada halaman ini Anda akan menemukan informasi tentang sistem operasi Windows mana yang diinstal pada laptop Anda. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh informasi tentang prosesor yang digunakan, kapasitas RAM hingga ukuran hard disk. Merk Laptop Terbaik

Quick Tip: Infomasi yang serupa dapat juta anda temukan melalui Control Panel > System.

6. Menggunakan System Information

cara melihat spesifikasi laptop
System Information

Sistem Informasi bukan alat baru di Windows, tetapi masih merupakan salah satu cara terbaik dan termudah untuk melihat spesifikasi sistem lengkap laptop atau PC Anda. Untuk membuka Informasi Sistem, lakukan hal berikut:

  • Buka start menu.
  • Ketik msinfo32 atau System information
  • Tekan tombol Enter.

Terlepas dari perangkat keras yang Anda miliki di komputer, kemungkinan besar Anda akan menemukannya di Informasi Sistem. Ketika Anda membuka informasi sistem, Anda akan melihat Ringkasan Sistem, yang mencakup informasi seperti model sistem, tipe sistem, prosesor, informasi BIOS dan tanggal pembaruan firmware terakhir dengan ukuran memori yang dipasang.

Sayangnya, informasi kartu grafis tidak tersedia di Ringkasan Sistem, tetapi jika itu adalah sesuatu yang ingin Anda ketahui, Anda dapat dengan cepat melihat informasi ini dengan memperluas komponen dan kemudian mengklik “lihat.” Cara mempercepat kinerja laptop

TIPS TAMBAHAN : Cara Mendapatkan Informasi Spek Secara Lengkap

Salah satu fitur menarik tentang “system information” pada laptop / PC Anda adalah kemampuan untuk membuat laporan lengkap tentang spesifikasi sistem Anda. Ini sangat berguna jika Anda mengalami kegagalan perangkat keras dan laptop / PC tidak bisa boot;

Jika Anda telah menjalankan laporan lengkap dan menyimpannya ke OneDrive, itu masih dapat diakses sehingga Anda tahu apa yang ada di komputer Anda, bahkan jika komputer itu sendiri tidak bisa memberi tahu Anda hal lain.
Untuk menghasilkan laporan tentang spesifikasi sistem laptop / PC Anda, lakukan hal berikut:

  • Buka system information.
  • Kemudian pilih informasi spesifikasi apa yang Anda butuhkan. Misalnya, jika Anda memilih Ringkasan Sistem, Anda akan diberikan informasi terperinci tentang ringkasan laptop / PC Anda. Tetapi jika Anda hanya membutuhkan informasi tentang kartu grafis, Anda dapat memilih display.
  • Klik pada file.
  • Kemudian klik Ekspor.
  • Jelajahi lokasi tempat Anda menyimpan file.
  • Beri nama pada laporan dan klik Simpan.

Cara melihat spesifikasi laptop

Leave a Comment