Cara Menambah RAM Laptop dan Hal Penting yang Harus di Perhatikan

Cara Menambah RAM Laptop dan Hal Penting yang Harus di Perhatikan

Cara menambah ram laptop – Pada artikel sebelum nya sudah saya bahas cara mempercepat kinerja laptop yang di antara nya dengan cara menambahkan ram pada laptop. Di artikel ini akan saya bahas bagaimana cara menambahkan ram pada laptop, namun sebelum ke situ, kita harus pahami dulu beberapa hal penting pada laptop kita sebelum melakukan penambahan ram, baerikut kami bagikan.

Kenapa Harus Menambahkan RAM Laptop ?

Mungkin beberapa diantara kamu ada yang bertanya-tanya, mengapa menambah RAM di laptop? Apa manfaatnya?
RAM (Random Access Memory) bertugas menyimpan data dan proses agar bisa diakses dengan sangat cepat oleh CPU. Idealnya semakin besar jumlah RAM maka laptop akan semakin cepat dan responsif.

Laptop saya dibekali dengan prosesor Intel Core-i5 5500U 2.4GHz dengan RAM bawaan yang hanya 4GB dan saya kurang puasa dengan kecepatan laptop yang saat ini. Untuk itu saya memutuskan menambah lagi 4GB RAM di laptop ini sehingga totalnya menjadi 8GB RAM.

Hal yang Harus di Persiapkan

cara menambahkan ram laptop

Sebelum memulai upgrade RAM laptop, siapkan dulu beberapa hal seperti:

  1. Obeng set lengkap yang saya
  2. RAM / Memory yang ingin ditambahkan, disini saya menggunakan Corsair 4GB DDR3L PC3-12800
  3. Cipset/kartu yang akan di gunakan untuk membuka cover laptop.

Buka Cover Belakang Laptop

cara menambahkan ram laptop

  • Langkah pertama kamu buka baut yang menempel pada setiap sisi cover laptop, jangan sampai tersisa, harus dibuka semua biar lebih gambpang membuka cover nya.
  • Dengan bantuan chipset atau kartu bekas, renggangkan sisi-sisi cover belakang. Kamu harus berhati-hati jangan sampai patah plastik pengunci cover tersebut karna bisa membuat cover tidak bisa tertutup dengan baik.
  • Setelah cover belakang terbuka kamu akan melihat seluruh komponen hardware yang ada pada mainboot laptop. Cari lokasi RAM di laptop kamu.
  • Sebelum melakukan dan menyentuh komponen apa pun, pastikan untuk terlebih dahulu melepaskan pin konektor baterai (untuk laptop dengan baterai tanam) atau cukup melepas baterai sebelum membuka penutup belakang (untuk laptop dengan baterai terpisah).

cara menambahkan ram laptop

Ini penting untuk memastikan bahwa tidak ada listrik di komponen perangkat keras laptop. Di laptop saya, cara menarik kunci konektor tinggal tarik kebelakang pengunci dan kemudian tekan dengan obeng. Anda harus melakukannya dengan perlahan dan hati-hati, jangan meninggalkan konektor yang patah.

  • Sekarang Anda hanya perlu memasang RAM baru di slot memori yang tersedia dan menghubungkannya ke RAM yang ada. Beberapa laptop tidak menyediakan slot memori tambahan, jika itu yang terjadi, maka Anda harus mengganti RAM lama dengan RAM baru dengan kapasitas lebih besar.

cara menambahkan ram laptop

Di laptop saya, RAM berada di belakang tutup pelindung, jadi saya hanya perlu melepas tutup pelindung dan menemukan slot memori yang masih kosong.

  • Kini anda bisa langsung memasukkan ram tambahan mu dengan sempurna dan lihat patokan pada lubang ram dengan slot, sesuaiakan keduanya, ingat tekan hingga berbunyi klik
  • Setelah itu pasang kembali apa yang telah dilepas seblum nya, seperti pin conector batrei, dan pelindung slot ram jika tersedia.
  • Sebelum menutup penutup belakang laptop/ cover, pastikan bahwa RAM dipasang dengan benar dan terdeteksi dengan benar. Nyalakan laptop dan lihat apakah laptop dapat berfungsi secara normal dan RAM terdeteksi tanpa masalah.

Jika tidak ada masalah pada laptop, tutup lagi cover belakang laptop dan kunci dengan mengencangkan semua baut.

Kini proses menambah RAM di laptop sudah selesai diganti. Laptop denga kapasitas RAM 4GB sudah menjadi 8GB dan benar-benar semakin kencang, Program berat yang sebelumnya terasa lambat kini jadi makin responsif.

Hal yang Harus di Perhatikan Sebelum Menambahkan RAM

cara menambahkan ram laptop

Dengan menambah RAM di laptop, maka kinerja laptop kamu dalam main game atau multitasking akan semakin baik dan cepat. Tapi sebelum menambah RAM, coba perhatikan dulu hal-hal berikut:

1. Pastikan kebutuhan kamu

cara menambahkan ram laptop

Bukan hanya karena Anda menginginkan laptop dengan RAM besar, maka Anda buru-buru menambah RAM. Apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak, dan berapa banyak RAM yang Anda butuhkan? Pastikan dulu dengan hati-hati.

Jika laptop Anda hanya dilengkapi dengan RAM 4 GB dan Anda ingin bermain game Overwatch, disarankan untuk menambah RAM 4 GB lebih banyak. Maka totalnya adalah 8GB. Tetapi jika Anda hanya membutuhkan RAM tambahan untuk menjalankan Photoshop tanpa hambatan saat Anda melakukan banyak tugas, menambahkan 2GB RAM akan cukup.

2. Perhatikan main board laptop kamu

cara menambahkan ram laptop

Ini penting dan sering dilupakan saat menambahkan RAM pada laptop. Perhatikan bahwa setiap main board laptop memiliki arsitektur khusus yang mengatur kapasitas memori maksimum dan jenis memori.

Nah, jika laptop Anda hanya dapat menampung maksimal 8 GB memori dan menambah RAM baru dengan kapasitas 8 GB, tentu akan sia-sia. Dan sekali lagi, ingat bahwa jenis RAM untuk laptop ini biasanya SO-DIMM, jadi jangan membeli RAM tipe DIMM yang digunakan PC. Dan jika RAM yang digunakan adalah tipe DDR atau LDDR.

3. Sistem operasi laptop

cara menambahkan ram laptop

Baik Linux dan Windows, kedua sistem operasi memiliki keterbatasan arsitektur dalam membaca memori. Misalnya, Windows 10 Home Edition 32-bit hanya dapat membaca RAM hingga 4 GB, sedangkan versi 64-bit dapat membaca hingga 128 GB. Jika Anda menambahkan lebih banyak RAM daripada kapasitas yang dapat dibaca, itu akan sia-sia, karena hanya batas maksimum yang dibaca.

4. Slot RAM

cara menambahkan ram laptop

Jangan karena mengejar performa cepat dan harga RAM yang lagi promo kamu lupa melihat slot RAM di laptop kamu. Sebelum membeli dan menambah RAM laptop, pastikan jumlah slot RAM di laptop kamu yang tersedia. Jika dua kamu bisa menambahkan ram lagi, tapi jika hanya satu kamu harus menggantinnya dengan yang lebih besar kapasitas.

5. Garansi Laptop

Pada laptop baru, produsen umumnya memberikan perlindungan khusus pada setiap baut. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa laptop tidak pernah dibongkar jika ada klaim garansi. Sekarang, ketika Anda menambahkan RAM Anda sendiri, Anda harus membongkar laptop. Dan ini akan membuat garansi Anda kedaluwarsa, Anda tahu? Siap.

cara menambahkan ram laptop

Leave a Comment