Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7 dan 8 dengan Mudah

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7 dan 8 dengan Mudah

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop – Bluetooth adalah salah satu fitur dari Laptop. Salah satu yang menggunakan Bluetooth untuk mengirim dan menerima file dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Dalam melakukannya, Anda dapat memindahkan file dari laptop ke ponsel pintar atau sebaliknya.

Dibandingkan dengan menggunakan kabel data, memindahkan file akan jauh lebih mudah dengan menggunakan Bluetooth. Kali ini kami akan menjelaskan cara mengaktifkan Bluetooth pada laptop untuk menggunakannya.

Sayangnya, banyak pengguna laptop yang tidak tahu bagaimana menggunakan Bluetooth pada laptop, apalagi cara mengaktifkannya. Jika Anda salah satu dari mereka, artikel berikut akan membantu Anda mengaktifkan Bluetooth pada laptop Anda. Namun, sebelum itu, pastikan laptop Anda dilengkapi dengan fungsi Bluetooth.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Install driver BT

Driver Bluetooth biasanya akan secara otomatis diinstal jika laptop Anda terhubung ke Internet dan mengaktifkan melalui tombol icon BT itu, tetapi Anda juga dapat secara manual menginstal driver BT pada laptop Anda menggunakan driver DVD bawaan saat Anda membelinya atau Anda dapat men-download sesuai dengan jenis laptop yang Anda miliki.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 7

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Anda dapat melihat bagian bawah taskbar, tepat di jendela dan biasanya ditemukan icon BT dan dapat diaktifkan dengan mengklik kanan pada ikon BT, jika BT OFF maka ikon berwarna merah, tapi BT akan ON makan berwarna biru / ikon hijau.

Jika perangkat BT pada laptop Anda sudah aktif, maka Anda dapat menerima atau mengirimkan data melalui komunikasi Bluetoot, cara untuk mengirim klik kanan dan kirim ke perangkat Bluetooth seperti gambar screenshot berikut.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Anda dapat menerima atau mengirim data sekaligus dengan cara search dari star menu seperti ditunjukkan di bawah.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 8

Mengaktifkan bluetooth di laptop melalui settings windows

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan jika ingin mengaktifkan Bluetooth di laptop yaitu melalui Settings Windows. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara dibawah ini:

Langkah 1: Buka Menu Setting
Menu Setting bisa dibuka dengan mengarahkan kursor ke pojok kanan bawah laptop. Setelah itu klik Change PC Settings.

 

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Langkah 2: Pilih Wireless
Apabila menu PC Setting sudah kamu buka, selanjutnya klik Wireless. Kamu bisa melihat Wi-Fi dan Bluetooth pada bagian ini. (seperti pada bagian dibawah)

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Langkah 3: Aktifkan Bluetooth
Setelah itu, kamu bisa mulai mengaktifkan Bluetooth dengan klik bagian yang ada di sebelah bagian bluetooth yang dikotaki dengan warna biru.

Mengaktifkan bluetooth di laptop melalui device manager

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Aktifkan Bluetooth pada laptop Anda, Anda juga dapat dilakukan melalui menu Device Manager. Untuk mengakses menu Device Manager dengan cara yang sama seperti dijelaskan di atas.

Setelah menu Device Manager muncul kemudian mencari daftar Bluetooth. Kemudian klik Bluetooth, akan terlihat perangkat keras bluetooth yang terpasang di laptop. Klik kanan dan Anda akan melihat beberapa pilihan. Kemudian pilih enable untuk mengaktifkan Bluetooth.

Mengaktifkan bluetooth di laptop menggunakan tombol keyboard

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Selain melalui Device Manager dan menu Pengaturan Windows untuk mengaktifkan Bluetooth laptop Anda dapat juga dilakukan dengan menggunakan tombol Bluetooth pada keyboard.

Namun, tidak semua laptop dilengkapi dengan fasilitas ini. Untuk mengaktifkan Bluetooth dengan cara ini, pastikan laptop Anda dilengkapi dengan built-in Bluetooth.

Bagaimana mengaktifkan laptop dengan tombol keyboard Blueetoth, pertama cari di kayboard dengan tombol ikon Bluetooth. Untuk mengaktifkan Bluetooth, cukup tekan tombol. tombol Bluetooth biasanya terletak di salah satu F1 hingga F12. Setelah itu, perangkat Bluetooth pada laptop Anda secara otomatis akan aktif.

Cara Menggunakan Bluetooth di Laptop

Menambah Device

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Setelah berhasil mengaktifkan Bluetooth pada laptop Anda, maka Anda dapat mentransfer file dari laptop ke berbagai perangkat lain atau sebaliknya. Untuk mengirim file dari laptop Anda ke perangkat lain, Anda perlu menambahkan perangkat pertama. Dan sebelum itu, pastikan kedua perangkat aktif semua.

Untuk menambahkan perangkat Anda dapat dilakukan dengan cara berikut:
Buka menu PC Setting, lalu pilih sub menu Devices.

  • Klik Add Devices dan tunggu hingga Bluetooth di laptop menemukan perangkat lain yang ada di sekitar.
  • Setelah itu, klik perangkat Bluetooth yang berhasil ditemukan.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

  • Selanjutnya, laptop dengan sendirinya mengirimkan kode konfirmasi ke perangkat Bluetooth yang ingin dihubungkan.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

  • Setelah itu klik Accept pada perangkat tersebut. Sedangkan, pada perangkat Bluetooth yang ada di laptop akan muncul tampil seperti gambar berikut ini.
  • Klik Yes. Setelah itu, perangkat Bluetooth yang suksesl terhubung akan muncul pada daftar device di laptop kamu seperti pada gambar dibawah.

Menggunakan Bluetooth USB

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Bluetooth USB merupakan perangkat yang paling alternatif jika pada laptop Anda tidak dilengkapi dengan fitur BT, sehingga Anda dapat menambahkan sendiri dengan memebeli tidak lebih dari 50rb rupian yang juga dapat digunakan untuk PC.

Untuk mengetahui apakah laptop Anda ada tidak fitur BT nya, maka yang dapat Anda lakukan adalah melihat spesifikasi laptop atau biasanya ada stiker dengan logo BT yang nempel ke laptop Anda.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Leave a Comment