3 Cara Mengunci Folder di Laptop dengan Mudah dan Aman

3 Cara Mengunci Folder di Laptop dengan Mudah dan Aman

Cara mengunci folder di laptop – Setiap orang memiliki rahasia mereka sendiri; apakah itu foto atau dokumen rahasia yang tidak boleh dilihat atau diakses oleh orang lain. Memberikan keamanan dan perlindungan lebih ke folder yang berisi file-file ini masuk akal dan dapat dilakukan dengan mudah. Ini adalah langkah-langkah untuk mengunci folder dengan kata sandi di Windows.

Ingatlah bahwa memberikan kata sandi untuk melindungi folder di sistem operasi bukanlah hal yang biasa dilakukan. Metode yang dapat kita gunakan dibagi menjadi 2 bagian: menggunakan menu Windows bawaan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Mengunci Folder di Laptop Tanpa Aplikasi dengan Encryption

cara mengunci folder di laptop

Metode pertama yang disebutkan di atas tentang cara mengunci folder dengan kata sandi di Windows adalah dengan menggunakan menu Windows built-in. Menu yang dimaksud di sini adalah menu folder encription. Namun sayangnya, menu ini dan fitur ini hanya dapat diakses oleh pengguna yang menggunakan Windows 10 Pro.

Fitur ini tidak kekurangan fitur lengkap yang dapat ditawarkan sebagian besar aplikasi pihak ketiga. Kata sandi yang disimpan adalah kata sandi untuk masuk ke akun Windows nya atau akun Microsoft jika PC Anda telah ditautkan. Jadi, jika kita mengaktifkan fungsi ini tetapi tidak memberikan kata sandi ke akun Windows kita, fungsi ini tidak akan ada gunanya.

Terlepas dari kekurangan yang disebutkan di atas, metode ini cukup efektif. Kita tidak perlu repot menginstal aplikasi pihak ketiga; yang tentu saja akan menghemat memori dan meringankan beban PC kita. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan folder encription di Windows 10 Pro lengkap dengan gambar screenshot:

Step 1: Klik terhadap pada folder yang mau dikunci dengan password, lalu pilih menu “Properties”;

cara mengunci folder di laptop

Step 2: Setelah kotak dialog “Properties” muncul, klik tombol “Advanced”;
cara mengunci folder di laptop
Step 3: Setelah itu, klik centang pada pilihan yang bertuliskan “Encrypt contents to secure data”, lalu klik “OK”;
cara mengunci folder di laptop
Step 4: klik pada “Apply”, maka kotak dialog akan muncul di mana kita akan diminta untuk memilih apakah kita ingin semua folder dalam direktori menjadi kata Fiberi password, atau hanya folder pilihan, Jika Anda telah memberikan opsi, klik “ok.”

Note :Untuk menyelesaikan prosesnya membutuhkan waktu yang lama; tergantung pada ukuran kapasitas folder sebelumnya. Setelah selesai, Anda akan melihat simbol kunci di dekat folder.

Cara Mengunci Folder di Laptop dengan Software 7Zip

cara mengunci folder di laptop
7zip

Metode kedua ini menggunakan aplikasi pihak ketiga yang disebut 7Zip. Aplikasi ini adalah perangkat lunak open source yang dapat mengompres (kompres) file kita. Dibuat oleh pengembang Rusia, Igor Pavlov, 7Zip juga dapat membantu kita mengunci folder file dengan kata sandi.

Karena 7Zip adalah aplikasi pihak ketiga, kita harus mengunduh dan menginstalnya sebelum menggunakannya. Cara instal ulang laptop

Perlu diperhatikan bahwa, sebelum menggunakan, kita harus mengkompres folder yang ingin kita berikan kata sandinya. Berikut langkah-langkahnya:

Step 1: Sihlakan download terlebih dahulu master nya di mbah google sesuai dengan OS yang kita gunakan 32bit atau 64bit. Setelah nya di instal seperti biasa

Step 2: Cari folder yang akan diberi password melalui UI (user interface) di 7Zip dan klik simbol “plus” hijau yang terletak di sudut kiri atas.

cara mengunci folder di laptop
Step 3: Seperti dijelaskan di atas, metode penggunaan 7Zip ini mengharuskan kita mengompres folder yang ingin kita beri kata sandi. Setelah mengklik tombol “plus”, muncul kotak dialog yang menunjukkan bahwa kita menentukan output folder.

Perhatikan juga pada kolom “Archive format”, “enter password” dan “Reenter password”. Pilih “zip” untuk kolom “Archive format”. Di bidang “enter password” dan “reenter passwordte”, masukkan kata sandi yang ingin kita gunakan. Kemudian klik OK. Kemudian file dengan format .zip akan dibuat. File ini berisi folder kita tadi yang diberi kata sandi.

cara mengunci folder di laptop

Step 4: Setelah selesai, lakukan tes dengan membuka folder di file .zip di atas. Jika Anda diminta kata sandi dan dapat dibuka nanti, prosesnya berjalan dengan lancar. Kemudian, setelah itu, folder asli yang belum pernah menerima kata sandi dapat dihapus untuk menghindari duplikasi file dan menghemat kapasitas pada hard disk.
cara mengunci folder di laptop

Cara Mengunci Folder di Laptop dengan Software SecretFolder

cara mengunci folder di laptop

Salah satu cara tercepat dan paling sederhana adalah dengan menggunakan perangkat lunak SecretFolder. Perangkat lunak ini hanya berukuran 4 MB, sehingga tidak akan memperlambat PC Anda.

SecretFolder tidak dapat dihapus dari komputer tanpa memasukkan kata sandi utama yang Anda atur sebelumnya.
Karena itu, tidak ada yang akan penasaran dan ingin mengakses folder rahasia dengan menghapus instalan perangkat lunak ini.

Jika Anda ingin menginstal perangkat lunak ini tanpa di diblokir oleh Windows Defender, maka matikan terlebih dahulu dengan mematikan Windows Defender, interface software yang sangat sederhana tidak akan membingungkan Anda. Cara menambahkan Ram di Laptop

Cara mengunci folder di Windows:

  1. Pertama-tama unduh terlebih dahulu software secret Folder.
  2. Anda akan mengunduh dalam bentuk zip. Instal perangkat lunak pada PC Anda dengan membuka folder zip dan membuka file .exe. Kemudian jalankan
  3. Pilih bahasa bahasa English saja agar pemakaiannya lebih mudah karna indonesia belum tersedia. lalu klik OK.
  4. Kemudian setujui lisensinya dengan cara memilih “I accept the agreement“. Lalu klik “Next >”.
  5. Setelahnya atur password yang sudah dipikirkan. Saran dari kami agar menggunakan password yang kuat dengan gabungan huruf dan karakter dan lebih baik ditulis di catatan anda agar tidak lupa.
  6. Jangan lupa tuliskan juga email recovery, apabila anda lupa password maka bisa di setting ulang di email tersebut. Lalu klik OK.
  7. Terakhir, Anda dapat menambahkan folder apa pun yang ingin Anda blokir dengan mengklik + Tambah.
  8. Kemudian klik Kunci dan folder akan dikunci. Perhatikan bahwa folder yang telah dikunci akan “tidak terlihat” di file browser.
  9. Untuk memulihkannya, Anda harus membuka kunci melalui perangkat lunak ini.

 

 cara mengunci folder di laptop

 

Leave a Comment