15 cara screenshot di laptop Windows 7, 8, dan 10 LENGKAP dg Aplikasi

15 cara screenshot di laptop Windows 7, 8, dan 10 LENGKAP dg Aplikasi

Cara screenshot di laptop – Jika kita ingin mengambil gambar pada suatu layar laptop yang sedang aktif, maka ada caranya dan di setiap sistem operasi pada laptop memiliki cara yang berbeda, maka disini akan saya bahas bagaimana screenshot di setiap macam windows.

Cara Screenshot di Laptop Windows 7

cara screenshot di laptop
Windows 7

Pengguna Windows 7 dapat melakukan ini. Tekan tombol fn + Print screen. Setelah menekan tombol, Anda telah mengambil screenshot tetapi disimpan dalam RAM. Artinya, dia mengambilnya dan menyalin screenshot .

Untuk menampilkannya, Anda harus menempelkan screenshot yang diambil di tempat yang Anda inginkan, misalnya, Microsoft Word atau Paint atau apa pun.

Cara Screenshot di Laptop Windows 8

cara screenshot di laptop
Windows 8

Untuk mengambil tangkapan layar di Windows 8, tekan logo Windows + Print Screen (PrtSc) secara bersamaan pada keyboard komputer. Secara instan, Anda akan melihat layar berkedip sebentar. Itu pertanda tangkapan layar telah diambil.
Jadi di mana lokasi folder tangkapan layar? Lokasi ada di folder gambar pribadi.

C:Users[nama user]PicturesScreenshots
Selamat! Kamu telah berhasil mengambil screenshot di Windows 8,

Cara Screenshot Laptop di Windows XP

cara screenshot di laptop
Windows XP

Meskipun kami secara pribadi percaya bahwa sistem operasi ini sudah sangat ketinggalan zaman, yang ditandai oleh penghentian Microsoft menyediakan layanan, termasuk pembaruan untuk sistem operasi ini, kami percaya masih ada orang yang membutuhkan informasi tentang itu.

Untuk melakukan ini, cukup tekan tombol Print Screen atau PrtSc, yang biasanya terletak di sudut kanan atas keyboard Anda. Setelah menekannya, Anda cukup menekan Ctrl + V pada program apa pun yang memiliki kemampuan untuk menempelkan gambar seperti paint, atau bahkan Microsoft Power Point dan Microsoft Word.

Cara lain untuk melakukan ini adalah dengan mengambil jendela tertentu. Caranya adalah dengan menekan Alt + PrtSc secara bersamaan. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan dengan proses yang sama seperti sebelumnya.

Cara Screenshot Laptop di Windows 10

cara screenshot di laptop
Windows 10

Setelah mengitari berbagai sistem operasi yang mungkin tidak lagi Anda gunakan, kami juga mencoba merangkum beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar pada laptop di Windows 10.

Seperti deskripsi yang sudah ada sebelumnya, beberapa fitur yang kami coba tulis di sini sebenarnya bisa dibaca di atas. Apa yang memungkinkan adalah cara untuk melakukannya. Setidaknya kami akan mencoba menjelaskan Anda secara teknis sehingga Anda dapat dibantu.

Tombol PrtSc/PrtScn

Tombol PrtSc/PrtScn adalah yang paling sering Anda gunakan dengan menekan tombol PrtSc atau PrtScn yang biasanya ditemukan di sudut kanan atas. Perbedaannya dengan snipping tools adalah bahwa di Windows 10, jika Anda menggunakan metode ini, gambar yang Anda ambil akan secara otomatis disimpan di folder screenshots di folder picture.

Win + PrtScn

Bentuk ketiga juga merupakan bentuk yang sudah ada di versi Windows sebelumnya, tetapi orang tidak tahu secara luas. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows bersama dengan PrtSc atau PrtScn. Dengan menekan dua tombol ini, Anda dapat mengambil gambar seluruh layar laptop Anda dan file ini akan disimpan secara otomatis di folder screenshots.

Jika Anda berhasil mengambil screenshots, layar laptop Anda akan menjadi agak gelap dan akan kembali normal dalam sekejap. Keuntungan dari fitur ini adalah Anda dapat mengambil gambar laptop Anda secara berturut-turut tanpa harus menyimpannya secara manual.

Win + H

Cara keempat yang dapat Anda coba adalah metode baru di Windows 10. Untuk mengambil foto di layar Anda agar dapat dibagikan, Anda dapat menekan tombol Windows bersama dengan huruf H. Ketika Anda melakukan ini, layar Anda akan secara otomatis ditangkap dan kemudian Laptop Anda akan secara otomatis membuka Windows share toolbar sehingga Anda dapat segera mengirim file ke teman Anda melalui beberapa jejaring sosial yang telah ditautkan sebelumnya.

Alt + PrtScn

Bentuk kelima adalah cara cepat dan merupakan modifikasi dalam beberapa cara di awal, yaitu dengan menekan tombol Alt bersama dengan PrtSc / PrtScn pada keyboard Anda. Dengan menekan kedua tombol, Anda dapat mengambil gambar dari jendela yang aktif. Ketidaknyamanan sebagai bentuk kedua dan ketiga, Anda harus menyimpan gambar ini secara manual dengan mengklik tempel di aplikasi seperti editor gambar.

Cara Screenshot di Laptop dengan Snipping Tool

cara screenshot di laptop
Snipping Tool

Di Windows, ada aplikasi bawahan bernama Snipping Tool. Aplikasi ini berguna untuk mengambil screenshot dan membuat anotasi. Untuk menemukan aplikasi ini, cari Cortana (Windows 10) atau buka satart dan ketik “sniping tool.”

setelah itu klik aplikasi nya dan otomatis akan merubah warna tampilan layar agak redup putih, setelah itu tekan dan tarik mouse untuk memilih layar yang akan di screenshot lalu lepas. Setelah itu save gambar.

Aplikasi Screenshot pc / Laptop

cara screenshot di laptop
Software screenshot

Selain windows memiliki cara screenshot bawahan, ternyata banyak para pecinta software yang menciptakan sebuah aplikasi yang memiliki fungsi untuk screenshot yang di antaranya dibawah ini.

Snip Editor

cara screenshot di laptop
Snap editor

menurut kami cukup rumit adalah dengan menggunakan aplikasi khusus seperti Snip Editor, Microsoft Snip, yang mungkin beberapa orang berpikir lebih baik daripada menggunakan Snipping Tool. Snip Editor memiliki kemampuan untuk mengambil screenshot di seluruh layar, area tertentu, hingga jendela aktif dengan cepat.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mengedit hasil screenshots secara langsung, misalnya dengan menambahkan tulisan atau bahkan merekam suara Anda secara khusus.

PicPick

cara screenshot di laptop
Pic Pick

Anda juga dapat mengambil screenshot menggunakan aplikasi terbaik, yaitu PicPick. PicPick menghadirkan fitur lengkapnya untuk memudahkan pengguna mengambil screenshot di PC mereka. PicPick sendiri terlihat mirip dengan Paint, tetapi dengan lebih banyak fitur.

Dengan PicPick, kita dapat mengambil screenshot dengan berbagai jenis ukuran layar. PicPick memiliki aplikasi editor screenshot nya sendiri. Anda juga dapat menambahk watermark ke screenshot yang diambil.

Lightshot

cara screenshot di laptop
Lightshot

 

Lightshot mungkin adalah program screenshots paling sederhana dan paling ringan di dunia. Ukurannya kurang dari 5 MB dan Anda dapat mengambil screenshots dalam mode Wilayah.

Bagi Anda yang gemar bergegas, Ligtshot adalah pilihan yang tepat. Program screenshots ini tidak memiliki antarmuka, untuk menangkapnya cukup tekan tombol Prntscr atau melalui System Tray.

Setelah itu, pilih bagian yang ingin Anda tangkap. Setelah pemilihan, Anda dapat langsung mengedit hasil jepretan Anda dengan aksesori seperti teks, panah, dan bingkai. Hanya mereka bertiga? Ya Seperti yang saya katakan sebelumnya, Lightshot adalah program screenshots yang lebih sederhana dan lebih ringan untuk komputer.
Setelah mengeditnya, Anda dapat menyimpannya di komputer atau mengunggahnya ke server Lightshot.

Jing

Secara pribadi, saya dulu menggunakan Jing untuk melakukan tutorial melalui screenshot yang saya ambil. Program ini sederhana, sehingga sangat cocok untuk Anda yang tidak ingin berjalan-jalan. Mode penangkapan hanya satu, yaitu region. Meski begitu, Jing dapat menangkap foto dan video.

Satu-satunya hal tentang Jing adalah ada gelembung oranye yang menempel di sisi kanan komputer. Melalui gelembung ini, Anda dapat mengambil gambar layar komputer Anda atau mengakses menu Riwayat dan Pengaturan dengan cepat.

Setelah membuat pilihan, Anda akan disajikan kepada editor panel Jing sederhana. Di sana, Anda dapat menambahkan teks, bingkai, dan panah. Hanya itu semua Jika tahap terakhir, Anda dapat menyimpannya di komputer Anda atau mengunggahnya ke Screencast.

TinyTake

Selain digunakan untuk mengambil foto, TinyTake juga dapat digunakan untuk mengambil video. Menariknya, TinyTake juga berfungsi sebagai webcam yang dapat mengabadikan wajah Anda saat menghadap layar. Adapun fitur, TinyTake cukup standar. Misalnya, memotong, mengaburkan, Arrow, Line, Rectangle, Ellipse dan Text. Sayangnya, aksesori teks meninggalkan frame putih yang tidak bisa dilepas.

Kerugian lain dari TinyTake adalah Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Jujur saja, mendaftar untuk TinyTake cukup rumit dan menghabiskan waktu. Jika Anda lupa kata sandi, sangat sulit untuk memulihkannya. Pengguna harus membuat akun lagi untuk dapat masuk dan menggunakan aplikasi ini.

Kelebihan TinyTake, selain disimpan di komputer, Anda juga dapat mengunggah foto hasil tangkapan Anda ke server TinyTake pribadi. Tidak hanya tautan untuk berbagi yang disediakan, tetapi kode sematan yang dapat disisipkan ke blog Anda.

cara screenshot di laptop

Leave a Comment