Inilah Struktur & Fungsi Akar yang Tidak Banyak Orang Ketahui (Lengkap)

Inilah Struktur & Fungsi Akar yang Tidak Banyak Orang Ketahui (Lengkap)

Struktur dan Fungsi Akar –  Setiap tumbuhan yang hidup di alam ini, semua nya pasti tidak akan lepas dengan yang nama-nya akar, karna di sinilah pusat dari kehidupan seuatu tumbuhan. Di dunia ini tidak ada tumbuhan yang tak memiliki akar, semuanya pasti mempunyai nya. Kenapa coba harus akar? ada apa dengan akar, trus fungsi nya apa akar bagi tumbuhan. di bawah ini kami merangkup semuanya, lebih jelas nya mari lanjutkan untuk membaca samapi selesai.

Pengertian akar

fungsi akar
fungsi akar

Akar merupakan salah satu bagian dari tumbuhan yang menempati dalam tanah pangkal tumbuhan. Sekala umumnya posisi akar ada di dalam tanah, namun ada juga yang berada di luar tanah. warna akar biasanya memilki warna kuning atau putih. akar memiliki bentuk meruncing tapi pada umum nya, namun tidak menutup kemungkinan ada yang bentuk beda.

fungsi utama dari akar untuk tumbuhan yaitu untuk menghisab air yang berada dalam tanah dan garam mineral dalam tanah. keduanya di dugunakan unutk keberlangsungan tumbuhan bertumbuh. Akar memiliki struktur bagian luar yang terdiri dari daerah pertumbuhan akar, tudung akar, serta bulu akar.

Bagian Bagian akar

fungsi akar
fungsi akar

Akar memiliki bagin bagian tersendiri yang di antra bagian-bagin nya:

  • Epidermis

Epidermis adalah lapisan bagian luar akar. Epidermis terdiri bagian selapis sel yang tersusun sangat rapat. pada dinding sel epidermis tipis sehingga mudah dilalui oleh air. pada Sel-sel epidermis akan bermodifikasi membentuk yang di sebut dengan rambut akar yang dihasilkan oleh aktivitas sel-sel dibelakang titik tumbuh.

  • Korteks

Korteks terhadap akar terdiri dari berbagai macam sel yang berkarangka dari beberapa lapis sel. Dia memiliki dinding sel yang tipis serta memiliki banyak ruang antarsel yang berfungsi untuk pertukaran gas. Pada korteks terdiri dari parenkim, sklerenkim, serta kolenkim.

  • Endodermis

Endodermis akar memiliki tetaletak di sebelah dalam korteks, yaitu berupa satu baris sel-sel yang tersusun secara rapat tanpa adanya ruang antarsel satu pun. Terjadi nya dinding sel pada endodermis mengalami penebalan gabus untuk membentuk pita Caspary. fungsi proses penebalan gabus dapat menyebabkan dinding sel agar tidak dapat ditembus air.

  • Stele

Stele memiliki letak di sebelah endodermis. Di antara silinder pusat atau stele terukir berkas pengangkutan. Stele terdiri dari berbagai macam-macam jaringan yang diantara nya : Perisikel yang berperan sebagai lapisan terluar dari stele. Vasis yang terdiri atas xylem dan floem. Jaringan parenkim yaitu merupakan jaringan yang mengisi di antara vasis yang disetujui oleh empulur

Macam – Macam Akar dan Fungsinya

macam macam akar
Macam macam akar

Akar tidak cuma satu jenis, namun ada berbagai macam jenis akar yang ada di dunia ini termasuk di Indonesia, dan mereka memiliki fungsi yang sebagian sama dan sebagian pula berbeda, berikut macam-macam akar dan fungsinya.

Fungsi Akar Serabut

fungsi akar serabut
fungsi akar serabut

 

Akar serabut pada umumnya hanya terdapat pada tumbuhan monokotil yaitu tmubuhan yang memiliki biji berkeping tunggal. Walaupun tidak semua hanya di tumbuhan mobokotil, kadang-kadang, tumbuhan dikotil juga memilikinya (dengan catatan, tumbuhan dikotil tersebut dikembangbiakkan dengan cara cangkok atau stek).

Fungsi yang paling utama akar serabut adalah untuk memperkokoh berdirinya tumbuhan, tidak jauh beda dengan jenis-jenis akar pada umumnya.Terjadinya akar serabut ialah ketika akar lembaga yang tumbuh dari perkecambahan biji mati dan digantikan dengan akar yang kurang lebih besarnya sama dengan akar yang sebelumnya dan keluar dari pangkal batang dibawah.

Di karena akar ini bukan dari pusat akar yang asli, maka ada yang memberi nama akar liar. Selanjutnya dikarena bentuknya yang tidak teratur dan terdapat sangat banyak serabut bergumpal, maka dinamakan akar serabut. terdapat contoh pada tumbuhan yang memiliki akar serabut adalah pohon pisang, kelapa, padi tebu, pepaya, salak, dan lain-lain.

Fungsi Akar Tunggang

Fungsi akar tunggang
Fungsi akar tunggang

Akar yang satu ini pada umumnya hanya ditemukan terhadap tumbuhan dikotil yang memiliki Fungsi utama yakni untuk menyimpan makanan, seperti pada tumbuhan wortel, ubi dan sebagainya dalam bentuk umbi-umbian. Akar ini merupakan akar pusat yang tumbuh terus menerus menjadi akar pokok yang kemudian bercabang-cabang menjadi akar yang memiliki ukuran lebih kecil. Akar pusat tersebut kemudian dinamakan sebagai akar tunggang.

Akar yang satu ini pada umunya tidak memiliki percabangan atau hanya memiliki percabangan saja. Fungsi yang paling menonjol pada dari akar tunggang ini biasanya adalah sebagai tempat penimbun makanan dan merupakan bagian tumbuhan yang bisa dimakan atau dimanfaatkan oleh makhluk idup.

Akar tunggang biasanya mempunyai percabangan yang cukup banyak dengan cabang yang membentuk percabangan lagi, berbentuk kerucut panjang, tumbuh lurus ke bawah, serta mempunyai perawakan yang sangat sangat kuat dan kokoh. Semakin banyak percabangan yang terbentuk memberi kekuatan yang lebih besar untuk menopang tegaknya batang.

Dan juga memperluas daerah perakaran sehingga air dan hara yang diserap akan semakin banyak dengan penyimpanan pula. Pada ujung-ujung akar tunggang menjalar di dalam tanah dan menuju daerah yang banyak menyerap air.

Hal semacam ini umumnya dimiliki oleh tumbuhan dikotil umbuhan biji berkeping dua) yang diperbanyak secara generatif menggunakan biji sendiri. Contoh tumbuhan yang memiliki akar tunggang adalah pohon mangga, jati, jeruk, mahoni, jambu, belimbing, dan masih banyak lagi tumbuhan yang berakar tunggang.

Fungsi Akar Gantung

fungsi akar gantung
Fungsi akar gantung

Akar gantung berkembang dari bagian atas batang dan tumbuh menuju arah tanah. Oleh sebab itu, akar tersebut terlihat menggantung di udara dan seakan mau kearah tanah. Akar gantung ini memiliki berfungsi menyerap uap air dan gas dari udara beda dengan akar yang lain nya.

Namun tidak selamanya dia menyerap uap air, bila telah mencapai tanah, akar tersebut masuk ke dalam tanah dan berfungsi menyerap air dan garam-garam mineral. Tidak selamanya, akar yang menggantung terus tergantung, yang semakin lama perlahan-lahan akan menempel pada batang dan menjadi bagian dari batang. Tumbuhan yang mempunyai akar ini semisalnya beringin, dan anggrek.

Akar gantung biasanya terdapat pada Tumbuhan epifit yaitu tumbuhan yang tumbuh dan perkembang dengan cara menumpang pada tumbuhan lain sebagai tempat berlangsung hidupnya. Nama nya ini dibentuk dari bahasa Yunani yang berasal dari kata epi-, permukaan atau tutup, dan phyton, tumbuhan atau pohon.

Fungsi Akar Napas

fungsi akar napas
fungsi akar napas

Akar napas merupakan akar yang tumbuh keluar dari batang bagian bawah. Akar napas sebagian muncul di permukaan tanah dan sebagian lainya berada di dalam tanah unutk memperkokoh batang nya. Akar ini terlihat seakan menopang tegaknya sebuah batang. Akar napas memiliki banyak celah tempat masuk keluarnya udara. Jadi, sesuai dengan namanya, akar napas berfungsi untuk bernapas.

Tumbuhan yang mempunyai akar napas, misalnya pada tumbuhan yang ada pada air seperti genera yaitu tumbuhan hutan bakau atau yang biasa dijuliki juga hutan mangrove yang merupakan hutan yang tumbuh di air payau,dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut yang terjadi selama kurang lenbih 12 jam.

Tumbuh-tumbuhan yang terdapat pada daerah mangrove seperti Avicenna sp dan Sonneratia sp mempunyai perakaran khusus yang muncul ke permukaan tanah seperti pensil bentuk nya. Akar akar ini berguna untuk membantu proses pernafasan karena di dalam tanah ketersediaan udara sangatlah kurang diperoleh.

Hutan semacam ini berkembang khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik yang terdapat pada dearah tersebut. Baik di muara yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan menyisakan lumpur yang dibawanya dari hulu.

Fungsi Akar Pelekat

fungsi akar pelekat
Fungsi akar pelekat

Akar pelekat tumbuh di sepanjang batang yang menjalar. Akar pelekat terdapat pada tumbuhan yang tumbuh memanjat atau menjalar ke atas maupun kebawah. Akar ini memilki fungsi untuk melekatkan batang pada tembok maupun tumbuhan lain yang dekat dengan nya. Tumbuhan yang mempunyai akar pelekat, misalnya sirih, lada dan Ubi.

Fungsi Utama Akar

fungsi akar
Fungsi akar
  • Fungsi penguat tumbuh tegaknya tanaman

Fungsi akar yang paling utama dan yang menjadi sorot pandang adalah sebagai organ penopang/Penguat tumbuh tegaknya tanaman. Akar tumbuh menembus tanah kedalam maupun kesamping, memanjang, kemudian mengait tanah dan membuat tumbuhan kuat menahan terpaan angin. Semakin tumbuh bertambah panjang dan membesar, kemampuan akar dalam menopang tanaman akan semakin jauh lebih kuat.

  • Fungsi peresapan air dan hara

Fungsi akar bagi tanaman berikutnya merupakan sebagai organ penyerap air dan nutrisi dari tanah. Fungsi akar ini diukur terutama oleh rambut akar. Rambut akar mampu meresap nutrisi organik dan anorganik dalam larutan dengan gradien konsentrasi tertentu. Keberadaan air dalam tanah sangat menunjang kemampuan dan fungsi akar.

  • Fungsi penimbunan cadangan makanan

Akar juga dapat memiliki fungsi sebagai organ penimbunan cadangan karbohidrat dan air. Hanya ada Beberapa akar tanaman dengan kemampuan menyimpan cadangan makanan misalnya akar wortel, ubi jalar, dan bengkuang. Namun ada pula akar yang mampu menyimpan sejumlah besar air misalnya akar-akar dari tanaman gurun (higrofit).

  • Fungsi melakukan fotosintesis

Fotosintesis tidak cuma dilakukan di daun saja. Ada beberapa akar tanaman yang mengandung klorofil juga diketahui dapat melakukan aktivitas metabolisme semacam ini. Tanaman-tanaman semacam anggrek epifit dan akar pohon bakau mengubah karbondioksida dan air menjadi karbohidrat atau proses fotosintesis. Keahlian tumbuhan tersebut juga merupakan salah satu fungsi akar pada tumbuhan yang tidak bisa dilupakan dalam sejarah.

  • Fungsi respirasi

Akar juga dapat berfungsi sebagai alat respirasi bagi tumbuhan yaitu proses mobilisasi energi yang dilakukan jasad hidup melalui pemecahan senyawa berenergi tinggi (SET) untuk digunakan dalam menjalankan fungsi hidup. Fungsi akar satu ini dapat kita jumpai pada akar tanaman pohon beringin, akar tanaman bakau, dan akar beberapa tanaman lain yang habitatnya tergenang air (hidrofit). Struktur sel dan jaringan penyusun akar ini memungkin menyebabkan difusi udara.

  • Fungsi rerakan tanaman

Akar juga bisa menggerakkan tanaman. Melalui teknis gerak tropisme seperti geotropisme, fototropisme, hidrotropisme , tigmotropisme dan kemotropisme, akar membantu tanaman untuk menemukan air dan hara dalam tanah. Fungsi akar bagi tanaman ini sangat menunjang metabolisme tanaman untuk melakukan proses fotosintesis pada tumbuhan.

  • Fungsi reproduksi

Ada beberapa tanaman, akar juga berfungsi sebagai organ yang bisa melakukan reproduksi. Melalui perbanyakan rhizoma dan vegetatif stolon, tanaman memperbanyak dirinya, melakukan duplikasi, dan berkembang biak. Terdapat Pada tanaman dengan akar berbonggol seperti ubi jalar dan bengkoang, kemampuan dan fungsi akar ini juga dimiliki.

Fungsi Akar

Leave a Comment