Fungsi Gendang Telinga : Pengertian, Kerusakan, Gejala, Pengoabatan

Fungsi Gendang Telinga : Pengertian, Kerusakan, Gejala, Pengoabatan

Fungsi Gendang Telinga – Tahukah kalian, kenapa ada sebagian orang bisa mendengar dengan sempurna, ada pula yang pendengaran nya tidak jelas, malah tambah parah lagi tidak bisa mendengar. Itu lah yang akan kita bahas kali, bagian telinga yang sangat berperan terhadap pendengaran manusia yaitu Gendang telinga. Apa itu gendang telinga? di bawah ini akan kami jelas kan.

Pengertian dan Fungsi Gendang Telinga Pada Manusia

fungsi gendang telinga
fungsi gendang telinga

Gendang telinga ialah selaput tipis yang memisahkan poin poin telinga luar dengan poin poin telinga dalam. Gendang telinga terbagi sebagai 2 bagian, yakni pars tensa dan pars flaksida. walaupun gendang telinga cuma berupa selaput tipis, akan tetapi selaput tipis tersebut memiliki manfaat vital untuk sistem pendengaran manusia.

Berikut merupakan perincian adapun fungsi gendang telinga dalam manusia :

  1. Gendang telinga dalam poin poin telinga menerima getaran nada ataupun gelombang nada mulai udara. Gendang telinga berfungsi bagi meneruskan getaran nada mulai hawa yang menyimpan di luar telinga menuju ke tulang pendengaran di telinga poin dalam.
  2. Gelombang nada yang diterima oleh gendang telinga tentu diubah sebagai gelombang mekanik.

Gendang telinga bisa mengalami gangguan seperti gendang telingah pecah, gendang telinga bolong, gendang telinga robek dan juga bisa rusak, di bawah ini akan saya uraikan beserta penyebab nya.

Gendang Telinga Pecah / Robek / Bolong dan Penyebab nya

fungsi gendang telinga pecah
fungsi gendang telinga pecah

Gendang telinga pecah adalah kondisi di mana ditemukan lubang ataupun robekan dalam lapisan di poin tengah saluran telinga yang sering dikatakan membran timpani. Membran timpani sendiri merupakan lapisan yang berfungsi mendeteksi suara, mengubahnya sebagai getaran yang terus diterima oleh tulang tengah telinga dan diubah sebagai frekuensi bagi dikirim ke otak.

Lubang ataupun robekan dalam gendang telinga tentu mengakibatkan gejala berupa gangguan pendengaran dan rasa sakit dalam telinga. Rusaknya gendang telinga mampu disebabkan oleh infeksi, cedera, ataupun adanya goresan efek kebiasaan membersihkan telinga dengan bukan hati-hati. Segera temui dokter apabila mengalami gejala pecahnya gendang telinga.

Penyebab nya terjadi gendang telinga pecah yaitu :

  1. Infeksi. Infeksi menjadikan akumulasi cairan di telinga poin tengah. akumulasi cairan yang menyimpan menjadikan tekanan yang mampu mengeluarkan robekan dalam gendang telinga. Infeksi telinga ialah sebab yang sangat biasa menjadikan pecahnya gendang telinga.
  2. Tekanan. Menyelam, bertmabah pesawat, berkendara ke zona tinggi, ataupun mendaki gunung, mampu menjadikan perubahan tekanan efek ketinggian yang memicu robeknya gendang telinga. Kondisi ini sering dikatakan barotrauma.
  3. Cedera. Pecahnya gendang telinga pun mampu disebabkan oleh cedera, baik efek terkena pukulan di telinga bakal juga kecelakaan ketika berkendara ataupun berolahraga.
  4. Nada keras. Gelombang nada yang besar dan mengejutkan, seperti nada tembakan, mampu menjadikan gendang telinga pecah. Hal ini sering dikatakan acoustic trauma.
  5. Goresan benda. Goresan benda, contohnya ketika membersihkan telinga melalui cotton buds, mampu menjadikan robekan dalam gendang telinga.

Gejala Gendang Telinga Pecah

fungsi gendang telinga
fungsi gendang telinga

Gejala yang keluar dalam tiap orang mampu berbeda-beda. dalam beberapa kasus, gejala cuma keluar di waktu-waktu tertentu. Gejala pecahnya gendang telinga meliputi: Gangguan pendengaran Telinga terasa sakit ataupun nyeri Demam Gatal Tinnitus Mual dan muntah, Pusing, membuat cairan berwarna bening ataupun merah, Lemas.

Pada beberapa kasus, gendang telinga yang pecah bukan mengakibatkan gejala yang mudah dideteksi. Segera buat inspeksi jika telah mengalami cedera ataupun kecelakaan yang mampu membahayakan telinga.

Diagnosa Gendang Telinga Pecah / Bocor / Robek

fungsi gendang telinga
fungsi gendang telinga

Dokter tentu menanyakan riwayat penyakit, kebiasaan pasien pada membersihkan telinga, kawasan zona tinggal pasien, dan gejala yang pasien rasakan. jika inspeksi lumayan jelas mengarah bahwa pasien mengalami gendang telinga yg pecah, dokter tentu merujuk pasien ke dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) bagi inspeksi lebih lanjut.

Dokter THT tentu membuat beberapa tes bagi mencari paham penyebab pecahnya gendang telinga. Tes yang mampu diusahakan meliputi:

Otoskopi. Otoskopi diusahakan bagi memeriksa saluran ataupun struktur pada telinga. mekanisme ini melalui otoskop, alat berupa teropong berukuran kecil yang dilengkapi cahaya.

Audiometri. Tes ini ialah lupa satu tes pendengaran, melalui nada yang volumenya diatur berbeda-beda bagi memeriksa kepekaan pendengaran.

Timpanometri. Tes timpanometri melalui alat spesifik (timpanometer) yang dimasukkan ke pada telinga bagi memeriksa respons gendang telinga terhadap perubahan tekanan yang ada.

Uji laboratorium. Dokter tentu mengambil sampel bagi diuji pada laboratorium jika ditemukan cairan yang muncul mulai telinga. Tes ini biasanya diusahakan bagi mendeteksi menyimpan ataupun tidaknya infeksi dalam telinga.

Pengobatan Gendang Telinga Pecah / Bocor / Robek

fungsi gendang telinga
fungsi gendang telinga

Umumnya, gendang telinga yang pecah tentu sembuh dengan sendirinya pada 6-8 minggu. Dokter tentu menghadiahkan antibiotik, baik pada bentuk obat tetes ataupun obat minum, bagi membendung ataupun mengobati infeksi telinga.

Terdapat pula beberapa usaha beda pada menangani pecahnya gendang telinga, seperti:

  1. Pemberian obat pereda rasa sakit. jika pecahnya gendang telinga mengakibatkan gejala berupa nyeri ataupun rasa sakit dalam telinga, dokter tentu menganjurkan pasien bagi mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen ataupun paracetamol.
  2. Menambal robekan. Dokter pun mampu menambal robekan dalam gendang telinga. Robekan dalam gendang telinga tentu ditambal dengan kertas khusus. Kertas tersebut tentu menopang robekan pulih dan menyatu kembali.
  3. Operasi. Operasi gendang telinga ataupun timpanoplasti masih terbilang jarang dilakukan. Operasi ini diusahakan dengan mencangkok jaringan beda ke gendang telinga yang pecah.

Melakukan perawatan sendiri di rumah pun mampu menopang pemulihan gendang telinga yang pecah. Beberapa perawatan yang mampu diusahakan sendiri meliputi:

  1. Menjaga telinga awet kering. Gunakan akhir telinga ataupun alat spesifik bagi menghindari masuknya tirta saat mandi.
  2. Menghindari kegiatan yang berisiko. Sebisa mungkin hindari kegiatan yang mampu menjadikan telinga terkontaminasi, contohnya berenang.
  3. tidak menahan napas di hidung ketika bersin. Menahan napas di hidung saat meniup ataupun bersin mampu meningkatkan tekanan dalam telinga. Tekanan yang terjadi efek bersin yang ditahan berpotensi memperburuk kondisi.
  4. Tahan keinginan bagi membersihkan telinga. tidak membersihkan telinga bagi fana waktu. Biarkan gendang telinga yang pecah kembali pulih terlebih dahulu sebelum melakukan aktifitas yang berat.

Gendang Telinga Bengkak

fungsi gendang telinga
fungsi gendang telinga

biasa kali masalah dalam telinga dialami ketika seseorang mencoba bagi membersihkan telinganya sendiri. lupa satu semisal merupakan membersihkan telinga dengan cotton bud. apabila bukan hati-hati, trik ini mampu menjadikan telinga bengkak.

Alih-alih membersihkan, cotton bud justru tentu mendorong kotoran telinga semakin pada dan hal itu paling membahayakan pendengaran Anda. Butuh diketahui, telinga mempunyai tiga poin primer yaitu telinga luar, telinga poin tengah, dan telinga poin dalam ataupun koklea. Telinga luar berfungsi bagi melindungi gendang telinga mulai kerusakan langsung.

Pada telinga ditemukan tulang kecil yang berfungsi mengirimkan getaran mulai gendang telinga ke koklea. Ada beberapa kemungkinan penyebab telinga bengkak. Sebagian bengkak terjadi di belakang telinga disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Biasanya, telinga bengkak mampu dipicu oleh sakit tenggorokan. kecuali di belakang telinga, bengkak pun dapat terbentuk di poin telinga beda ataupun di antara wajah.

Cara Merawat Gendang Telinga

fungsi gendang telinga
fungsi gendang telinga

Mengingat pentingnya gendang telinga menjadi organ vital pada proses pendengaran, maka krusial untuk kita bagi mengetahui trik memelihara kesehatan rangka tubuh yang terbaik bagi merawat gendang telinga kita.

  1. Tidak mengorek kotoran telinga terlalu dalam. Mengorek kotoran terlalu pada justru dapat berpotensi merusak gendang telinga. butuh diketahui bahwa telinga sudah mempunyai cara kerja tersendiri bagi membersihkan diri mulai kotoran.
  2. Tidak menggaruk telingan apabila terasa gatal. Menggaruk telinga poin luar mungkin bukan terlalu berbahaya. Tetapi saat telinga poin lebih kurang ke pada terasa gatal kemudian kita melalui donasi cotton bud bagi menggaruk maka dapat jadi hal tersebut pada menjadikan infeksi dalam organ telinga.
  3. Mengunyah makanan dengan baik. Proses ini ternyata dapat menopang telinga bagi membuat kotoran mulai pada secara alami.
  4. Tidak membersihkan telinga terlalu bersih. Serumen pada telinga yang biasa kita sebut menjadi kotoran ternyata mempunyai fungsi bagi menangkal kotoran-kotaran ataupun bakteri yang tentu masuk ke telinga. Membersihkan terlalu ludes justru tentu berakibat mudah kotoran mulai luar telinga masuk ke telinga.
  5. Periksa secara rutin. inspeksi ini setidaknya diusahakan setahun sekali. kamu mampu memeriksakan telinga ke poin THT supaya apabila telinga mengalami gangguan maka mampu diketahui sejak dini dan segera diketahui bagaimana penanganan yang tepat.

Fungai Gendang Telinga

Leave a Comment