Pengertian, Fungsi, Macam Macam dan Ciri Ideologi Terlengkap

Pengertian, Fungsi, Macam Macam dan Ciri Ideologi Terlengkap

Fungsi Ideologi – Banyak orang yang kurang paham apa itu ideologi, apa fungsi ideologi, Kenapa harus ada ideologi. Mungkin pertanyaan ini akan timbul bagi teman-teman yang mencuintai negara, krna ideologi ada sangkut paut nya dengan negara kita, biar lebih jelas mari lanjutkan unutk membacanya.

Pengertian Ideologi

pengertian fungsi ideologi
Pengertian fungsi ideologi

Hidup berbangsa dan bernegara hendaknya kita sebagai warga negara ikut serta pada menjaga perdamaian dunia. Ditengah bergejolaknya perbedaan ideologi pada beberapa negara adidaya seperti di negara America serikat dan Rusia kita wajib ikut serta pada menjaga keamanan dengan cara-cara yg bisa kita lakukan, tidak butuh ikut bersitegang pada persaingan dan gesekan celah negara-negara adidaya yg sedang berusaha menyebarkan pengaruh ideologi mereka.

Komunisme-sosialis dengan liberalisme-kapitalis selalu sebagai perseteruan kekal sejak terjadinya perang dunia ke II. Fanatisme ideologi seperti negara-negara tersebut bisa menimbulkan perselisihan yg tiada ujung, akan tetapi apabila suatu negara tidak tentu bisa berdiri tanpa ada pandangan hidup(idelogi) pada berbangsa dan bernegara.

Pada peluang kali ini mim000in tentu membahas mengenai fungsi ideologi bagi suatu negara. Sebelum kita membahasnya lebih lanjut, betapa baiknya kita mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Kata Ideologi awal sekali diperkenalkan oleh filsuf Prancis Destutt de Tracy pada tahun 1796.

Kata ini datang dari bahasa Prancis idéologie, ialah gabungan 2 kata yaitu, idéo yg mengacu kepada gagasan dan logie yg mengacu kepada logos, kata pada bahasa Yunani untuk menjelaskan pikiran dan rasio. Destutt de Tracy menggunakan kata ini pada pengertian etimologinya sebagai “ilmu yg meliputi kajian berkenaan sumber usul dan hakikat ide ataupun gagasan”.(Wikipedia)

Ideologi paling dibutuhkan oleh suatu negara. Tanpa ideologi suatu bangsa tentu ringkih dan perlahan-lahan tentu hancur, karena ideologi ialah pandangan dan falsafah hidup suatu bangsa. kecuali itu ideologi juga ialah tujuan bicara dan tujuan hidup suatu bangsa

Macam Macam ideologi

macam Ideologi
Macam Macam Ideologi

Berikut ini ada beberapa macam ideologi di dunia yg perlu anda ketahui, adalah sebagai berikut:

Komunisme

Komunis satu salah wahid ideology besar yg dipakai oleh beberapa negara di dunia ini. dahulu ajarannya datang dari tokoh karl marx dan friederich engels dimana fokus penting tujuan dari ideology ini merupakan untuk memperjuangkan hak semua kelas sosial yg ada dalam masyarakat sebagai kelas sosial yg sama tanpa adanya perbedaan sesuai dengan hak dan kewajiban warga negara.

Komunisme juga mempunyai nama lain yakni marxisme ataupun leninisme karena kedua tokoh inilah yg melahirkan ideology ini di dunia.

Kapitalisme

Ideology kapitalisme banyak dipakai oleh bermacam negara di dunia hingga saat ini. inti dari paham ini merupakan adanya capital ataupun dana yg dikuasai oleh pihak swasta dimana negara tidak mempunyai kekuasaan atas terjadinya sistem ekonomi dan cuma andil sebagai pengawas saja.

para pengusaha ini mempunyai tujuan yg jelas yakni mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan pengorbanan yg seminimal mungkin sehingga untuk mencapai hal tersebut negara tidak boleh ikut campur pada usaha mereka

Anarkisme

Ideology lainnya yg pernah terdapat di dunia merupakan paham anarkisme. Anarkisme ialah sebuah tatanan politik dimana dianjurkan tidak butuh adanya negara dan ialah sebuah tindakan sukarela yg mengerjakan dirinya sendiri. akan tetapi terdapat beberapa orang yg mendefinisikan sebagai suatu tatanan tanpa adanya hierarki di dalamnya sehingga semuanya dianggap sama.

Berdasarkan paham anarkisme, negara ialah sesuatu yg tidak dibutuhkan dan bisa menyebabkan gangguan.

Sesuai dengan namanya terkadang para orang yg menganut anarkisme ini menggunakan kekerasan menjadipenyebab terjadinya penyalahgunaan kewenangan pada mencapai tujuannya ataupun pada berusaha menyampaikan ide yg dimilikinya.

Namun, ideology ini menyebabkan bermacam pertentangan di kalangan masyarakat karena tidak adanya tata cara yg jelas dan menyebabkan negara kacau karena tidak terdapat patokan celah baik dan benar. Negara penganut anarkisme berada di sebagian negara spanyol akan tetapi usianya tidak lama.

liberalisme

Paham ideology liberalism tidak kalah terkenalanya dengan paham ideology yg sudah dipaparkan di atas. Jadi, liberal berarti bebas. Para penganut liberalisme ini percaya bahwa untuk menciptakan tatanan dunia yg bagus dan maju wajib didasarkan pada kebebasan baik kebebasan pada pandangan politik lebih-lebih kepercayaan sehingga biasa terjadinya penyebab tawuran.

Di pada paham liberalism ini ditemukan tiga nilai pokok penting yg menjadikannya kuat yakni life, liberty dan property. Nilai-nilai yg terkandung pada tiga hal tersebut bisa dilihat sebagai berikut:

  1. kesempatan yg sama – di pada paham ideology liberalism meyakini bahwa setiap orang berhak mempunyai peluang yg sama pada mencapai sesuatu hal. akan tetapi karena adanya perbedaan kualitas celah satu manusia dengan lainnya bisa menjadikan pencapaian dari tiap individu tentu berlainan tergantung dengan kemampuan yg dimilikinya.
  2. persamaan hak – persamaan hak ialah kunci penting yg wajib dimiliki oleh setiap manusia bagi ideology ini. Liberalisme memberikan hak yg sama kepada setiap penganutnya untuk menunjuk sesuatu terutama pada hal politik. Hal ini juga bisa dipakai sebagai hal yg membuang keegoisan di pada diri setiap individu.
  3. Kepedulian pemerintah – Pemerintah wajib membuat kegiatan yg sudah disetujui terlebih dulu oleh rakyat. Karena pada ideology liberalism mendudukan rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi.
  4. Fungsi pemerintah dan negara – Pemerintah dan negara mempunyai fungsi sebagai pengawas dan pemberi nasehat serta menetapkan bermacam tata cara dan hukum yg wajib ditaati oleh warganya. Jadi, warga negara tentu merasa terlindungi dan patokan celah benar dan salah jelas sehingga mudah untuk menyesuaikan diri.

Dalam pemikiran ideology ini menekankan adanya pemusatan kekuasaan pada diri individu jadi tidak dipegang oleh negara melainkan setiap invidu mempunyai hak untuk menyampaikan segala ide dan pendapatnya. akan tetapi butuh diketahui tidak berarti bahwa liberalisme tidak berperilaku yg sebebas-bebasnya.

Sosialisme

Paham sosialisme ini mungkin nyaris sama konsepnya dengan paham ideology komunisme karena pada prinsipnya yakni mengutamakan kepemilikan segala sesuatu secara bersama tidak terdapat yg namanya hak kepemilikan individu. Istilah sosialisme ini muncul pada zaman ke 19 di perancis dan terus pengaruhnya menyebar ke bermacam kalangan di dunia.

Tokoh dari ideology sosialisme ini merupakan karl marx atas kritiknya terhadap kumpulan kapitalis yg telah menyengsarakan para buruh dan tani. Para buruh dan tani cuma dijadikan sebagai sebab produksi dan tidak dilihat lagi gaji yg mereka dapatkan.

Tingkat kelayakan hidup mereka paling kurang sehingga muncullah bahwa pada negara wajib melindungi rakyatnya sedemikian rupa tanpa adanya perbedaan dari satu orang ke orang lainnya sehingga terjadi kesejahteraan yg utuh di pada suatu negara.

Konservatisme

Ideology lainnya yg terdapat di dunia merupakan ideology konservatisme. Paham ini lebih memusatkan pada nilai-nilai petuah antik ataupun tradisional dan menentang keras dengan adanya modernisasi dan globalisasi. Karena adanya perbedaan niliai disetiap negara maka tujuan dari paham konservtaif juga berlainan sesuai dengan budayanya masing-masing.

Komunitarianisme

Ideology komunitarianisme ialah paham komunis gaya modern ataupun pada versi modern. Paham utamanya tetap sama dengan komunis klasik yakni menentang adanya paham kapitalis dan liberalis. akan tetapi paham ini tidak sebagaimana komunis klasik tapi telah mengalami banyak perubahan pada pemikirannya.

Libertanianisme

Pada paham ideology libertanianisme warga negaranya paling menjunjung tinggi adanya kebebasan terutama pada kebebasan individu. Proses pemilihan diusahakan secara utuh pada tiap individu dan negara tidak berhak adanya pengaturan terhadap masyarakat. Pada paham ini juga lebih menganjurkan untuk tidak menjadikan adanya lembaga sosial karena bisa menganggu jalannya negara. yg paling penting di sini merupakan kebebasan individu baik pada ranah politik ataupun pada ranah ekonomi.

Nazisme

Nazi ialah singkatan dari nasional sosialisme merupakan salah satu paham yg datang dari negara jerman dimana tokohnya yg paling fenomenal merupakan adolf hitler. Paham ini disinyalir bukanlah sebagai paham modern melainkan merupakan paham yg dikombinasikan dari bermacam jenis paham lainnya seperti kontra yahudi. Oleh karena itu pada masa kejayannya banyak para yahudi yg mendapatkan hukuman mati.

Nasionalisme

Nasionalisme ialah paham dimana kedaulatan negara sebagai hal yg mutlak dimana untuk mencapai hal tersebut wajib diusahakan kerjasama atas orang-orang yg mempunyai tujuan dan kepentingan yg sama. Keberadaan negara sangatlah penting pada paham ini dan keamanannya paling dijaga ketat baik keamanan internal ataupun keamanan eksternal.

Monarkisme

Monarkisme ialah paham dimana kerajaan ialah sumber penting dari kesejahteraan negaranya. Saat ini masih terdapat banyak negara yg menganut paham monarki diantaranya merupakan brunei Darussalam, arab Saudi dan lainnya. jadi pusat kekuasaan tertinggi merupakan raja yg memerintah dan segenap keturunannya.

Fasisme

Fasisme ialah salah satu ideology yg paling keras karena mereka hendak mengerjakan segala segi kehidupannya mulai dari politik, budaya, ekonomi dan hal lainnya di negara tersebut. Pada paham ini mereka berusaha untuk membentuk partai tunggal di pada negara sehingga partai inilah yg tentu mengerjakan berjalannya negara.

Para penganut paham fasis ini percaya bahwa pemimpin tunggal yg kuat dan otoriter mampu menciptakan kedaulatan dan kesejahteraan bersama di pada sistem negara.

Demokrasi

Demokrasi datang dari bahasa yunani yakni demos yg berarti rakyat dan kratos yg berarti kekuasaan. Jadi, demokrasi ialah kekuasaan yg berada di tangan rakyat. pada pelaksanaannya demokrasi mempunyai slogan kuat yakni oleh rakyat, dari rakyat dan untuk rakyat.

Tujuan bicara pemikiran dari paham demokrasi ini merupakan kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat dengan mempunyai dewan perwakilan rakyat yg pada kenyataannya sebagai lembaga pemerintahan eksekutif, yudikatif dan legislative

Fungsi Ideologi pada Negara

fungsi ideologi
Fungsi ideologi

Setiap negara di dunia ini mempunyai ideologi sebagai pandangan hidup rakyatnya, sebagai haluan pada menjalankan peri kehidupan masyarakatnya, dan sebagai norma pada kehidupan bangsanya. Ideologi bagi suatu negara mempunyai arti yg paling penting. Pentingnya ideologi bagi suatu negara bisa kita meninjau dari beberapa fungsinya. Berikut ini beberapa fungsi ideologi bagi suatu negara, yaitu:

  1. Membentuk bukti diri ataupun ciri kelompok ataupun bangsa.
  2. Ideologi berfungsi mempersatukan sesama kita. jikalau dibandingkan dengan agama, kepercayaan berfungsi juga mempersatukan orang dari bermacam pandangan hidup lebih-lebih dari bermacam ideologi. Sebaliknya ideologi mempersatukan orang dari bermacam agama.
  3. Ideologi juga berfungsi untuk mengatasi bermacam pertentangan (konflik) ataupun ketegangan sosial.
  4. Ideologi berfungsi sebagai pembentuk solidaritas (rasa kebersamaan) dengan mengangkat bermacam perbedaan ke pada tata nilai yg lebih tinggi.
  5. Ideologi berfungsi sebagai pemersatu, yakni diusahakan dengan memenyatukan keseragaman atau keanekaragaman.

Kemerdekaan negara-negara dunia ketiga, baik yg terdapat di Asia, Afrika ataupun Amerika Latin yg pada biasanya lumayan berlama-lama berada di bawah cengkeraman penjajahan negara lain, ideologi dimaknai sebagai keseluruhan pandangan, cita-cita, nilai, dan keyakinan yg hendak mereka wujudkan pada kenyataan hidup yg nyata.

Ideologi pada meraih kemerdekaan suatu negara paling diperlukan, karena mampu membangkitkan kesadaran tentu kemerdekaan, menghadiahkan arahan mengenai dunia beserta isinya, serta menanamkan semangat pada perjuangan masyarakat untuk bergerak melawan penjajahan, yg selanjutnya mewujudkannya pada kehidupan penyelenggaraan negara.

Ideologi Terbuka

ideologi terbuka
Ideologi terbuka

Ideologi terbuka merupakan ideologi yg bisa mengikuti kemajuan zaman dan mimiliki sifat bergerak maju ataupun suatu sistem pemikiran terbuka yg merupakan hasil konsensus dari masyarakat itu sendiri, nilai2. dari cita-citanya tidak dipaksakan dari luar melainkan digali dan diambil dari suatu kekayaan, rohani, moral dan budaya masyarakat itu sendiri.

Ideologi terbuka cuma berisi orientasi dasar, sedangkan penerjemahannya ke pada tujuan-tujuan dan norma-norma sosial-politik selalu bisa dipertanyakan dan disesuaikan dengan nilai dan prinsip moral yg berkembang di masyarakat. Operasional cita-cita yg tentu dicapai tidak bisa ditentukan secara apriori, melainkan wajib disepakati secara demokratis.

Dengan sendirinya ideologi terbuka bersifat inklusif, tidak totaliter dan tidak bisa dipakai melegitimasi kekuasaan sekelompok orang. Ideologi terbuka cuma bisa terdapat dan mengada pada sistem yg demokratis.

Ideologi Tertutup

ideologi tertutup
ideologi tertutup

Ideologi Tertutup merupakan petuah ataupun pandangan dunia yg menentukan tujuan – tujuan dan norma – norma pada politik dan sosial yg ditetapkan sebagai kebenaran yg tidak boleh dipersoalkan lagi, melainkan wajib diterima sebagai sesuatu yg sudah jadi dan wajib dipatuhi.

Kebenaran suatu ideologi tertutup tidak boleh dipermasalahkan berlandaskan nilai-nilai ataupun prinsip-prinsip moral yg lain. Isinya dogmatis dan apriori sehingga tidak bisa dirubah ataupun dimodifikasi berlandaskan pengalaman sosial.

Karena itu ideologi ini tidak mentolerir pandangan dunia ataupun nilai-nilai lain

Ideologi tertutup bersifat Dogmatis dan Apriori, dogmatis berarti mempercayai suatu keadaan tanpa data yg valid, sedangkan apriori , yakni berprasangka terlebih dulu tentu suatu keadaan.

Ciri Ciri ideologi.

http://ilmuusekolah.blogspot.com

https://guruppkn.com

Leave a Comment