Fungsi Iklan : Pengertian, Jenis, Contoh dan Gambar Iklan (Lengkap)

Fungsi Iklan : Pengertian, Jenis, Contoh dan Gambar Iklan (Lengkap)

Fungfsi Iklan – Sering kali kita melihat iklan entah itu di jalan, di TV, dan kadang kitapun pernah mendengar suara iklan di radio. Terus sebenar nya apa sih fungsi dari iklan tersebut, kenapa di mana mana pasti ada iklan. Nah di sini saya akan bahas mengenai fungsi iklan itu sendiri.

Pengertian Fungsi Iklan

pengertian fungsi iklan
pengertian fungsi iklan

Iklan ialah sebuah wadah ataupun media yang dipakai oleh sebuah perusahaan atau kelompok untuk menjelaskan dan memasarkan sesuatu produk yang mereka jual. Perusahaan atau sebuah kelompok industri sekarang ini sangatlah bergantung kepada iklan karena apabila tanpa iklan perusahaan ataupun kelompok industri sebagai produsen dan para distributor tidak tentu bisa menjual produknya.

Para pembeli juga tidak tentu mempunyai informasi mengenai produk barang dan jasa apa saja yang dijual dan dipasarkan. Secara garis besar fungsi iklan bagi pemasaran merupakan sebagai media bauran komunikasi pemasaran bagi penjual untuk menginformasikan hal-hal berkenaan produk ataupun jasa yang mereka jual.

Umumnya iklan tentu menggunakan contoh komunikasi pemasaran berupa komunikasi persuasif yang ditayangkan ataupun diberitakan secara berkesinambungan pada media massa seperti surat kabar, televisi, radio dan papan iklan, spanduk atau selebaran brosur.

Fungsi Iklan Bagi Pengusaha

fungsi iklan
Fungsi iklan
  • Fungsi Iklan pemberi informasi

Iklan tentu menghadiahkan informasi sebuah pruduk barang ataupun jasa yang ditawarkan dengan terperinci, seperti informasi mengenai perusahaan pembuat, merk, komposisi, harga, dijual diarea ataupun toko mana, dan informasi lainnya yang tentu menjadikan konsumen sebagai calon pembeli percaya dan menunjuk pruduk barang ataupun jasa yang ditawarkan tersebut.

Walaupun merk yang dipakai masih modern dan belum terkenal. Informasi yang diberikan pada iklan tersebut secara tidak langsung tentu menghadiahkan gambaran yang positif sekaligus memperkenalkan pruduk barang ataupun jasa tersebut.

  • Fungsi iklan membujuk

Disadari atau tidak, iklan secara tidak langsung tentu membujuk dan merayu para calon konsumen untuk mencoba produk ataupun jasa yang diiklankan. Fungsi iklan yang wahid ini umumnya diikuti dengan pemberian diskon ataupun potongan harga ditambah lagi dengan bermacam jenis promosi yang menarik.

  • Fungsi iklan mengingatkan

Iklan juga berfungsi untuk mengingatkan setiap calon konsumen ataupun yang sudah menjadi konsumen langganan untuk tetap membeli sebuah produk ataupun jasa yang diiklankan. Selain itu, iklan yang diberitakan dan ditayangkan secara berkala akan tetap menjaga ingatan para konsumen serta sangat efektif dalam hal meningkatkan minat konsumen.

  • Fungsi iklan memberikan nilai tambah

Iklan juga berfungsi untuk menghadiahkan nilai tambah yang efektif sehingga para konsumen tentu menatap sebuah merk produk ataupun jasa yang diiklankan sebagai lebih elegan, bergaya, mempunyai harga yang bersaing serta kualitas yang lebih unggul dengan produk sejenis.

  • Fungsi iklan mendampingi sebuah produk

Iklan tentu mendampingi sebuah produk pada proses komunikasi pemasaran sebagai bagian perwakilan dari perusahaan pembuat produk tersebut. Karena fungsi iklan yang 1 ini, maka banyak pakar berpendapat bahwa sebuah produk tidak bisa terlepas dari jasa iklan bagi setiap pemasarannya.

  • Fungsi iklan penyambung komunikasi

Dengan bantuan iklan, masyarakat sebagai konsumen tentu mendapatkan banyak informasi pendukung yang bersangkutan dengan produk yang diiklankan. Informasi yg diampaikan oleh iklan yg diciptakan tersebut sebenearnya merupakan sebuah penyambung komunikasi celah konsumen dengan perusahaan yg memproduksi produk tersebut. Dengan kata lain, iklan sebagai bantuan komunikasi kita untuk bertanya kepada pihak pembuat produk secara tidak langsung.

  • Fungsi iklan sebagai pendidik

Fungsi iklan tidak cuma berfungsi sebagai media menyampaikan informasi saja, akan tetapi iklan juga bisa dimanfaatkan dan dipakai sebagi media untuk menghadiahkan didikan atau nilai-nilai tertentu yang mungkin saja tentu mempengaruhi pola pikir, sikap, dan perilaku pendengarnya.

  • Fungsi iklan sebagai hiburan

Iklan juga bisa dipakai sebagai waktu hiburan disebabkan tidak jarang iklan yang dibuat untuk mempromosikan sesuatu mempunyai trik penyampaian informasi dengan nuansa yg menghibur. Hal ini juga tentu berpengaruh kepada minat pembeli, karena pada saat iklan lebih menghibur dan condong jenaka maka para pembeli lebih tertarik untuk menatap dan membeli suatu produk yang diiklankan tersebut.

  • Fungsi iklan meringankan beban sales promotion

Iklan bagi pemasaran sebuah produk yang ditayangkan dan diberitakan menggunakan media massa seperti cetak, elektronik atau media sosial juga mempunyai fungsi untuk meringankan beban pekerjaan orang lain, salah satunya merupakan sales promotion yang bekerja dilapangan.

Dengan adanya iklan tersebut, sales promotion tentu semakin mudah untuk menawarkan sebuah produk, karena mungkin saja calon konsumen sudah lebih dulu mengetahui produk yang ditawarkan oleh sales promotion tersebut.

  • Fungsi iklan sebagai pemasaran

Fungsi iklan sebagai bagian dari pemasaran merupakan fungsi dan tugas penting dari sebuah iklan, disini iklan tentu mengindentifikasi produk dan menjelaskan perbedaan yang diiklankan dengan pruduk beda yang sejenis. kecuali itu iklan juga tentu merangsang konsumen untuk memperhatikan produk, harga, zona penjualan dan beda sebagainya.

  • Fungsi Iklan Menciptakan Permintaan

Fungsi iklan yang satu ini merupakan sebagai wadah untuk mencari pembeli sebanyak mungkin sehingga permintaan terhadap sebuah produk yang diiklankan semakin meningkat. Dengan permintaan yang semakin meningkat tersebut, maka bisa dikatakan bahwa iklan tersebut berhasil dan efektif.

  • Fungsi iklan penjamin standard

Sebuah produk yang diiklankan haruslah mempunyai sebuah standar dan kualitas yang baik. Nah, iklan secara tidak langsung tentu menghadiahkan sebuah standar kepada produk yang hendak diiklankan pemasarannya supaya konsumen sebagai pembeli produk tersebut tidak merasa kecewa. Oleh karena itu, tidak semua produk bisa diiklankan dan tidak semua iklan bisa memasarkan produk karena perlunya sebuah standar.

  • Fungsi Iklan membuka peluang

Iklan juga mempunyai fungsi yang bisa membuka peluang bagi orang-orang lain. Peluang yang dimaksudkan disini merupakan untuk orang-orang yang hendak sebagai kawan usaha ataupun rekanan bisnin dari produsen produk yang diiklankan. Dengan adanya iklan, maka orang-orang tentu tertarik untuk membeli lebih-lebih tertarik untuk ikut memasarkan produk tersebut seperti sebagai resseler, biro penyalur, kurir dan lain-sebagainya.

  • Fungsi Iklan waktu kontrol

Melalui kegiatan periklanan, masyarakat sebagai konsumen lebih terjaga untuk mendapatkan produk yang berkualitas serta mampu membedakan produk yang orisinil atau produk yang tiruan. Fungsi iklan sebagai waktu pengontrol bisa kita temui pada iklan-iklan yang menghadiahkan informasi kepada kita dengan menggunakan kata-kata seperti, jeli barang tiruan , cuma beli pada toko ini, yang orisinil terdapat gambar olla ramlannya, dan beda sebagainya

  • Fungsi Iklan mendapatkan wilayah pasar yang lebih luas

Iklan yang jalankan bagi setiap pemasaran sebuah produk juga memiliki fungsi untuk memperluas wilayah penjualan sehingga produk yg diiklankan tersebut bisa tersebar menyeluruh ke wilayah yg diarapkan. Wilayah pasar yang luas juga akan berpengaruh terhadap permintaan produk itu sendiri serta meningkatkan Income dari sebuah perusahaan.

Bagian – Bagian dalam Iklan

bagian fungsi iklan
Bagian bagian iklan

Dari beberapa fungsi iklan bagi pemasaran diatas, iklan yang diproduksi haruslah memiliki unsur-unsur iklan. Walaupun tidak diatur secara resmi, namun iklan yang ditampilkan umumnya memiliki tiga bagian utama seperti bagian awal (opening), tubuh iklan (body copy), dan penutup (closer). Dari 3 bagian ini, bagian-bagian iklan terbagi lagi kedalam beberapa bagian lainnya seperti :

  1. Judul Iklan yang memiliki fungsi sebagai penarik perhatian pembaca.
  2. Sub Judul Iklan yang bertugas menjabarkan lebih jauh mengenai tentang judul iklan.
  3. Tubuh Iklan yang dirancang untuk memuat segala informasi dari sebuah produk yang diiklankan.
  4. Banner fungsinya untuk menampung pesan inti untuk dilihat pembaca.
  5. Flash merupakan bagian dari iklan dengan fungsi menmapilkan bagian terpenting dari sebuah iklan.
  6. Slogan akan memudahkan orang-orang untuk mengingat suatu produk tertentu.
  7. Ilustrasi berupa gambar foto, animasi, lukisan, atau perpaduan dari ketiganya untuk menambah daya tarik iklan.
  8. Logo sebagai identitas dan pengenal perusahaan atau produk yg diiklankan, agar konsumen yg melihat iklan tersebut langsung mengetahui produk yg diiklankan meskipun iklannya belum sepenuh nya selesai.
  9. Penutup yang menjadi bagian untuk mengakhiri sebuah iklan.

Jenis – Jenis Iklan Berdasarkan Isi

fungsi iklan

  • Iklan pemberitahuan (Pengumuman).

Jenis iklan ini bertujuan sebagai penarik perhatian khalayak tertentu melalui sebuah informasi atau pemberitahuan tertentu. Contoh iklan pemberitahuan:

  1. Iklan berita duka cita
  2. Iklan reuni alumni sekolah
  • Iklan penawaran (Niaga).

Iklan jenis ini berfungsi sebagai penawaran barang atau jasa kepada khalayak ramai. Contoh iklan penawaran:

  1. Iklan penawaran barang/ produk, misalnya tas, sepatu, smartphone, dan lain-lain.
  2. Iklan penawaran jasa, misalnya jasa kurir, jasa pengobatan alternatif, dan lain-lain.
    Contoh Iklan Hp S4
  • Iklan layanan masyarakat

Iklan layanan masyarakat merupakan jenis iklan yang memiliki tujuan untuk menghadiahkan penerangan dan kesadaran mengenai sesuatu hal. umumnya iklan jenis ini diterbitkan oleh instansi ataupun lembaga pemerintah, dan organisasi non-profit seperti lembaga swadaya masyarakat.

Iklan layanan masyarakat dirancang supaya masyarakat mempunyai kesadaran terhadap suatu hal tertentu. Contohnya, pentingnya menghemat tenaga supaya bisa disimpan untuk kepentingan masa mendatang.

Iklan jenis ini bertujuan untuk menghadiahkan informasi dan kesadaran kepada masyarakat berkenaan suatu rumor ataupun hal tertentu. Iklan layanan masyarakat dibuat oleh lembaga ataupun instansi pemerintah ataupun organisasi non-profit.

Jenis – Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

fungsi iklan

  • Iklan cetak

Iklan cetak merupakan iklan yang dibuat dan dipasang menggunakan teknik cetak. Teknik ini bisa berupa letterpess, photolitography, sablon, inkjet, laser dan lain-sebagainya. Wujudnya iklan cetak ini antara lain nya koran, majalah, baliho, poster, stiker, dan lain-lainnya. berlandaskan leluasa space ataupun ukuran koran, majalah dan tabloid mempunyai 3 bentuk iklan, yakni :

  1. Iklan bait umumnya tidak lebih dari 3-4 baris, sampai leluasa tidak melebihi dari sekolom.
  2. Iklan kolom mempunyai leluasa wahid kolom, tetapi lebih tinggi dibanding iklan baris.
  3. Iklan display mempunyai ukuran lebih lebih leluasa apabila dibandingkan iklan kolom.
  • Iklan elektronik

Iklan elektronik, merupakan iklan yang menggunakan media berbasis elektronik. Secara spesifik, iklan elektronik bisa berupa :

Iklan radio

Iklan radio memiliki karakteristik yg hanya bisa didengar melalui audio (suara) saja. Suara itu bisa berupa suara manusia yang teratur, musik, perpaduan suara-suara yang teratur menggunakan ritme dan harmonis, sound effect serta suara-suara yang tidak beraturan atau suara yang lain nya.

Iklan televisi.

Iklan televisi memiliki karakteristik memiliki suara, gambar dan gerak. Karakteristik inilah yang membuat pemirsa ingin membeli produk yang ditawarkan, sehinga dengan mengiklan kan melalui televisi peluang untuk konsumen agar tertarik itu sangat besar.

Berdasarkan wujudnya, iklan televisi dapat dikelompokkan menjadi 13 jenis, yaitu :

  1. Live action : video klip yg memadukan unsur suara, gerak dan gambar secara serempak.
  2. Animation : iklan yang dibangun berlandaskan gambar-gambar kartun (2 D/3D), dapa digambar dengan keterampilan tangan ataupun teknologi komputer.
  3. Stop Action : iklan televisi yg bentuknya berupa perpaduan celah live action dan teknik kartun sehingga menimbulkan efek dramatik iklan, dimana ilustrasi yg rumit bisa digambarkan dengan bagus dan menarik sehingga memberi daya tarik terhadap pemirsa.
  4. Musik : disampaikan menggunakan musik yang sebagai penyampai pesan. Maksudnya, iklan dibungkus di pada alunan musik yang sebagai kekuatan pesan iklan.
  5. Superimposed : iklan televisi berbentuk gambar iklan yg ditontonkan di atasnya gambar lain. Di bagian ini, gambar yang terlihat umumnya ditontonkan di pojok layar, sementara siaran televisi awet berjalan.
  6. Sponsor program : iklan televisi di mana pihak pengiklan ataupun sponsor membiayai program agenda televisi tertentu dan yang sebagai imbalannya bisa menyampaikan pesan iklan dengan lebih variatif.
  7. Running text : iklan di mana pesan ditampilkan muncul masuk secara perlahan, dari sisi kakan muncul sisi kiri. umumnya running text terdapat di sebelah bawah layar dan agenda utamanya awet berjalan.
  8. Property endorsement : iklan yang berwujud dukungan sponsor yang ditontonkan menggunakan bermacam bagian yang dipakai sebagai kelengkapan properti siaran ataupun bermacam bagian yang dipakai para seniman ataupun penyiar.
  9. Caption : iklan yang mirip dengan superimposed, akan tetapi pesan yang dipakai cuma berupa tulisan. biasanya dipakai untuk mendukung iklan property endorsement.
  10. Backdrop : iklan televisi di mana pesan iklan ditontonkan di latar belakang agenda yang diadakan.
  11. Credit Title : iklan di mana pesan iklan ditontonkan di bagian ujung saat agenda sudah selesai.
  12. Ad lib : iklan televisi di mana pesan iklan disampaikan dan disiarkan menggunakan penyiar secara langsung. Bisa di celah wahid agenda dan agenda lainnya ataupun disampaikan oleh pembawa acara.
  13. Promo ad : iklan yg dibuat oleh pengelola stasiun televisi untuk mempromosikan acara-acaranya, hal ini untuk mengajak pemirsa tertarik terhadap agenda yg ditayangkan. Harapannya, agenda tersebut bisa dilihat oleh pemirsa yang banyak.

Iklan film

Iklan film wujudnya produk film/cinema. Umumnya, jenis iklan yang muncul yaitu iklan property endorsement dan live action yang tampil sebelum film utama diputar (dirilis). Seringnya juga, suatu film ikut mempromosikan film – film lainnya sebelum film utamanya diputar (promo ad).

Iklan media Internet (digital interaktif)

Dalam iklan digital interaktif, dibagi lagi menjadi beberapa kelompok, antara lain :

  1. Website : iklan yang secara keseluruhan berwujud website di semua fitur dalam situs tersebut, yaitu iklan. Terkadang suatu perusahaan juga membuat semua situs perusahaannya menjadi ladang iklan.
  2. Banner dan tombol : banner di sini berupa billboard mini yang tersebar di semua halaman web. Sementara itu, button sering berwujud icon ukuran kecil. Keduanya jika diklik akan membawa ke situs dari pengiklan atau halaman yang baru.
  3. Sponsorship : iklan yang dibiayai pihak sponsor secara penuh di halam dari pembuat situs.
  4. Classified ads : iklan yang berwujud seperti iklan baris dalam koran dan umumnya gratis.
  5. E-mail advertising : iklan yang dikirimkan melalui e-mail kepada para customer yang memang meminta. Iklan ini harus dibedakan dengan SPAM. Apa itu SPAM ? SPAM adalah iklan massal di dalam e-mail yang dikirimkan oleh entitas yang tidak diketahui.

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

iklan komersial
Jenis Iklan

Berdasarkan tujuannya, iklan dibedakan menjadi 2 yaitu :

  • Iklan komersial.

Iklan Komersial utawa usaha mempunyai tujuan untuk mencari keuntungan ekonomi, yang utamanya meningkatkan penjualan. Iklan komersial ini bisa dibagi lagi sebagai :

  1. Iklan konsumen : dimaksudkan untuk mencari keuntungan bisnis, di mana pesan ataupun isinya iklan ditujukan kepada konsumen akhir, yakni yang memakai terakhir suatu produk.
  2. Iklan usaha : iklan yang disampaikan dengan maksud mencari keuntungan ekonomi, sasaran pesan yang dituju yakni lembaga yang tentu mengolah/menjual produk yang sudah diiklankan kepada konsumen akhir.
  3. Iklan professional : iklan yang disampaikan dengan maksud mencari keuntungan usaha di mana khalayak sasarannya yakni segmen khusus (para professional).
  • Iklan non komersial.

Jenis iklan non-komersial biasanya dibuat untuk tujuan menghadiahkan informasi, ajakan, dan kursus terhadap masyarakat. Iklan ini tidak untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, akan tetapi untuk keuntungan sosial bagi semua masyarakat.

Keuntungan yang didapat dari iklan tersebut merupakan adanya pengetahuan, kesadaran, sikap, dan perubahan perilaku masyarakat terhadap rumor yang diiklankan. Contoh iklan masyarkat contohnya kampanye Keluarga Berencana, iklan pentingnya pendidikan, iklan bahaya rokok, iklan dunia warming, iklan bahaya demam berdarah, dan lain-lain.

Iklan yang dipakai untuk menginformasikan, membujuk ataupun mendidik khalayak di mana tujuan kesimpulannya tidak mencari keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial. Keuntungan sosial di sini bisa diartikan sebagai tambahan ilmu, kesadaran masyarakat terhadap perkara yang diiklankan, serta mencari gambaran bagus di mata masyarakat.

Contoh dan Gambar Iklan yang ada di Indonesi

contoh dan gambar iklan
contoh dan gambar iklan
contoh dan gambar iklan
contoh dan gambar iklan
contoh dan gambar iklan
contoh dan gambar iklan

“Yamaha, semakin di depan” milik produk Yamaha
“Tampil lebih gaya, lebih bertenaga dan semakin iriiit” milik produk Yamaha Mio
“Semakin cepat, semakin irit” milik produk Mio J
Iklan Produk
“Yamaha motornya, Yamalube olinya”
“Unican cola candi, colanya cola, dahsyat seger has jadi hilang” Unican
“So klin lantai kini 7 kali harum lebih lama dengan nano technology basmi kuman sampai terkecil, nikmati sensasi parfume aromatik, hanya dari so klin lantai tetap pilihan nomor satu keluarga Indonesia.” ( milik produk So Klin Lantai)
“Balsem lang, kehangatan yang ibu percaya.!!”

Dari penjelasan dan pemaparan yg diberikan oleh pakar komunikasi mengenai fungsi iklan bagi pemasaran diatas, dapat disimpulkan bahwa iklan merupakan nafas dan nyawa sebuah produk yang diciptakan dan yang telah dibentuk. Setiap produk yang diciptakan akan sering membutuhkan iklan sebagai tempat pemasaran dan bisa bersaing dengan produk sejenis.

Ya mungkin itu yang bisa saya bagikan ke teman teman semoga bermanfaat dan pengetahuan nya bertamabah amin yarabbal alamin.

Fungsi Iklan

Leave a Comment