Fungsi Jangka Sorong : Pengertian. Bagian dan Cara Menggunakan nya

Fungsi Jangka Sorong : Pengertian. Bagian dan Cara Menggunakan nya

Fungsi Jangka Sorong – Jangka sorong memiliki banyak fungsi, yang diantaranya untuk mengukur ke dalaman suatau benda, untuk mengukur ke akuratan dan ketelitian dari 1/100 sehingga hasil nya tidak keliru bisa di bilang reel.

Pengertian Jangka Sorong

pengertian fungsi jangka sorong
Pengertian fungsi jangka sorong

Jangka sorong merupakan media yang dipakai untuk mengukur suatu benda yang mempunyai tingkat ketelitian satu per-seratus milimeter, dengan memakai media ukur ini Anda bisa paham ukuran suatu benda secara pasti. Jangka sorong ini memiliki 2 buah bagian pengukur, bagian awal merupakan bagian cembung yang berfungsi untuk mengukur panjang suatu benda.

Dan bagian yang kedua merupakan bagian cekung mengarah ke pada yang mempunyai fungsi untuk mengukur diameter bagian pada suatu benda. Bagian ini biasanya dikatakan sebagai bagian rahang dari jangka sorong. Bagian rahang jangka sorong mempunyai suatu skala yang bernama skala utama. Besar panjang dari bagian skala penting merupakan 1 milimeter.

Bagian rahang sorong juga mempunyai bagian sebanyak 10 bagian skala yang bernama skala nonius ataupun skala Vernier. Vernier sendiri diambil dari nama penemunya yang bernama Piere Vernier yang ialah seorang pakar teknik yang datang dari Perancis. 10 skala nonius mempunyai panjang 9 milimeter. Maka, 1 bagian dari skala nonius ini sama dengan 0,9 milimeter.

Untuk membuat pengukuran pada diameter benda seperti bola, diameter pada sebuah tabung, dan juga untuk membuat pengukuran pada kedalaman, umumnya diusahakan dengan jangka sorong sebagai media ukurnya. Jangka sorong memiliki skala 0,1 milimeter sebagai skala terkecil, artinya merupakan nilai dari 2 gores yang dekat jaraknya merupakan 0,1 milimeter.

Jadi bisa dibilang apabila jangka sorong ini bisa membuat pengukuran sebuah benda dengan tingkat ketelitian sampai 0,1 milimeter.

Fungsi dari Alat Ukur Jangka Sorong

fungsi jangka sorong
Fungsi jangka sorong

Untuk uraian Fungsi media Ukur Jangka Sorong yang butuh kalian ketahui antara lain Jangka Sorong dipakai untuk mengukur Suatu Benda dengan keakuratan dan ketelitian sampai 1/100 sehingga apabila kalian hendak mengukur Panjang suatu benda secara lebih pasti dan hendak menentukan ukuran Panjang yang benar didalam Suatu Objek Benda ataupun barang

maka kalian bisa menggunakan media Ukur Jangka Sorong, tetapi kalian wajib mengetahui trik Menggunakan Jangka Sorong tersebut karena walaupun media Ukur Jangka Sorong tidak terlalu besar ukurannya tetapi memiliki Bagian – Bagian dengan Fungsi yang berlainan – beda.

Sedangkan Kegunaan Jangka Sorong selanjutnya adalah untuk mengukur Diameter suatu Benda yang berukuran lumayan kecil seperti mengukur Diameter Cincin, Diameter Pipa dan Diameter benda yang lainnya. mengenai untuk trik Memakai Jangka Sorong untuk mengukur Diameter benda berukuran kecil seperti Cincin dan Pipa

adalah Rapatkan bagian rahang atas jangka sorong dan tempatkan Benda Cincin dan Pipa yg tentu diukur Diameternya, kemudian Tarik Rahang Geser hinggai kedua rahang menempel dan menekan bagian pada Benda yang diukur dan anda pastikan bahwa dinding bagian pada benda tersebut tegak lurus dengan Skala (Posisi Benda tidak miring).

Lalu Fungsi Jangka Sorong selanjutnya bisa dipakai untuk mengukur suatu Kedalaman Celah ataupun Lubang pada sebuah benda dan trik Menggunakan media Ukur Jangka Sorong untuk mengukur Kedalaman Lubang ataupun Kedalaman Celah suatu benda adalah dengan trik menusukkan ataupun menancapkan bagian pengukur kedalam Benda yang tentu diukur oleh kalian semua.

Mungkin seperti itu saja uraian berkenaan Fungsi dan Kegunaan media Ukur Jangka Sorong yang bisa kami uraian kepada kalian para pengunjung dan tentunya apa yang sudah kami tulis ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua para siswa siswi dan para pelajar di Indonesia.

Cara Membaca Jangka Sorong

cara membaca jangka sorong
Cara membaca jangka sorong

 

Perhatikan hasil pengukuran diatas. trik membaca jangka sorong untuk menatap hasil pengukurannya cuma dibutuhkan 2 tindakan pembacaan:

  1. Membaca skala utama: meninjau gambar diatas, 21 mm ataupun 2,1 cm (garis merah) ialah nilai yang paling dekat dengan garis nol pada skala vernier persis di sebelah kanannya. Jadi, skala penting yang terukur merupakan 21mm ataupun 2,1 cm.
  2. Membaca skal vernier: meninjau gambar diatas dengan seksama, ditemukan satu garis skala penting yang yang benar jumpa dengan satu garis pada skala vernier. Pada gambar diatas, garis lurus tersebut ialah nilai 3 pada skala vernier. Jadi, skala vernier yang terukur merupakan 0,3 mm ataupun 0,03 cm.

Untuk mendapatkan hasil pengukuran akhir, tambahkan kedua nilai pengukuran diatas. Sehingga hasil pengukuran diatas sebesar 21 mm + 0,3 mm = 21,3 mm ataupun 2,13 cm.

Gambar dan Bagian Bagian Jangka Sorong

bagian bagian jangka sorong
Bagian bagian jangka sorong

pada gambar jangka sorong diatas ditemukan nilai nilai yang menunjukkan bagian bagian jangka sorong, mengenai mengenai fungsi dari masing masing bagiannya bisa melhat perincian dibawah ini :

  • Rahang Dalam

Rahang pada ini berfungsi untuk mengukur diameter luar ataupun sisi bagian luar dari sebuah benda contohnya mengukur lebar dan tebal suatu benda (contohnya saat mengukur ketebalan kertas ataupun lebar meja). Bagian Rahang pada Jangka Sorong ini bentuknya bisa digeser dan tersusun dari Rahang awet dan Rahang Geser.

  • Rahang Luar

Bagian rahang luar jangka sorong ini tersusun dari Rahang awet dan Rahang Geser. Fungsinya merupakan untuk mengukur suatu diameter didalam atau sisi bagian pada suatu benda contohnya untuk mengukur diameter hasil pengeboran, diameter tabung, cincin dan beda sebagainya.

  • Depth Probe (Tangkai Pengukur Kedalaman)

Bagian depth probe ini memiliki kegunaan untuk mengukur kedalaman sebuah benda. contohnya untuk menukur kedalaman sebuah tabunga dan beda sebagainya.

  • Skala penting (cm)

Bagian Skala penting pada satuan cm ini memiliki kegunaan untuk menyatakan ukuran penting suatu benda pada bentuk satuan centimeter (cm).

  • Skala penting (Inchi)

Bagian Skala penting pada satuan inchi ini memiliki kegunaan untuk menyatakan ukuran penting sebuah benda pada bentuk satuan inchi.

  • Skala Nonius (mm)

Bagian Skala Nonius pada mm ini berfungsi sebagai skala pengukuran fraksi yang dinilai pada bentuk satuan mm (milimeter).

  • Skala Nonius (inchi)

Bagian Skala Nonius pada bentuk Inchi ini berguna sebagai skala pengukuran fraksi yang dinilai pada bentuk satuan inchi.

  • Pengunci

Bagian pengunci berfungsi untuk menahan bagian-bagian jangka sorong saat proses pengukuran berlangsung, contohnya rahang gerak.

Cara Menggunakan Jangka Sorong yang Benar

cara menggunakan jangka sorong
cara menggunakan jangka sorong
  1. Kendorkan baut pengunci dan geser rahang gesernya, pastikan terlebih dulu bahwa rahang geser berfungsi dengan benar. Dan periksa terlebih dahulu saat rahang geser tertutup hitungannya berada pada posisi nol.
  2. Untuk menghindari kekeliruan pengukuran, alangkah baiknya Anda membersihkan terlebih dulu permukaan benda yang tentu Anda akan ukur, pastikan tidak terdapat benda beda yang melekat.
  3. Tutup kedua rahang sampai menjepit benda yang tentu diukur, terus Anda tinggal menatap skalanya.

Cara Menggunakan Jangka Sorong Mengukur Diameter

fungsi jangka sorong
Fungsi jangka sorong

membuat pengukuran pada diameter sebuah benda sama dengan trik yang telah dibahas tadi, cuma bedanya merupakan apabila trik yang tadi rahang yang dipakai merupakan rahang bagian bawah, dan untuk membuat pengukuran diameter sebuah benda, rahang yang dipakai merupakan rahang bagian atas.

Trik penggunaannya merupakan dengan merapatkan rahang bagian atas terus taruh benda yang tentu Anda ukur. Geser rahang, geser hingga kedua bagian rahang menekan dan menempel pada bagian benda, dan pastikan bahwa bagian pada dinding tidak dalam posisi miring ataupun lurus dengan skala.

Cara Mengguanakan Jangka Sorong Mengukur ke Dalaman

fungsi jangka sorong

Caranya hanya dengan menaruh benda yang kedalamannya tentu Anda ukur. Geser rahang geser sampai menyentuh bagian permukaan bagian dalam ataupun dasar lubang. Benda yang hendak diukur juga wajib pada keadaan tidak geser ataupun pada keadaan statis.

Itulah teman teman yang bisa bagikan ke kalian, semoga bermanfaat dan pengetahuan nya bertambah. Terimakasih atas kunjungan nya

Fungsi Jangka Sorong

Leave a Comment