√ Pengertian Tentang Fungsi Kambium dan Jenis nya (Lengkap)

√ Pengertian Tentang Fungsi Kambium dan Jenis nya (Lengkap)

Fungsi Kambium – fungsi kambium merupakan lapisan jaringan yang ada pada tumbuhan berkayu yang menimbulkan lapisan xilem dan floem. lebih lengkap nya kita bisa lanjut membaca pada artikel dibawah ini yang mungkin akan menambah wawasan kita semua.

Pengertian Kambium

fungsi kambium
fungsi kambium

Kambium merupakan lapisan jaringan meristematik terhadap tumbuhan yang sel-selnya antusias membelah dan bertanggung jawab terhadap pertumbuhan sekunder tumbuhan. Kambium ditemukan terhadap batang dan akar. berlandaskan jaringan tetap yang dibentuknya, dikenal 2 kelompok kambium, yakni kambium gabus (felogen, phellogen) dan kambium pembuluh (vascular cambium). Kambium cuma ditemukan terhadap tumbuhan dikotil dan gymnospermae.

Kambium gabus merupakan bagian dari korteks. Aktivitasnya menimbulkan jaringan gabus (felem, phellem ataupun cork) ke arah luar. Jaringan gabus berfungsi untuk mengontrol masuk dan keluarnya air, mencegah serangan hama, dan beberapa fungsi mekanik lainnya. Ke arah dalam, kambium gabus terhadap beberapa jenis tumbuhan menimbulkan lapisan kulit bergabus yang dikatakan feloderm (phelloderm).

Kambium pembuluh ataupun vaskular merupakan bagian yang biasa dikatakan orang kambium saja. Kambium umumnya membatasi bagian pepagan (kulit kayu) dari kolom kayu terhadap batang pohon. Ke dalam, kambium tentu membentuk pembuluh kayu (xilem) dan ke luar kambium membentuk pembuluh tapis (floem, phloem).

Fungsi Kambium

fungsi kambium
fungsi kambium

Kambium mempunyai beberapa fungsi terhadap tanaman berkayu, ia menimbulkan lapisan xilem dan floem, sehingga meningkatkan diameter batang. Kambium juga mendorong pertumbuhan sekunder akar dan batang. Di beberapa tanaman, kambium berbuat sebagai agen penyembuhan.

Fungsi kambium merupakan untuk menimbulkan lapisan floem dan xilem terhadap tumbuhan berkayu, sehingga meningkatkan diameter batang. Kambium mendorong pertumbuhan sekunder batang dan akar, yang merupakan pertumbuhan yang terjadi sesudah musim pertama. Di samping meningkatkan lapisan jaringan batang, kambium juga bisa berfungsi pada penyembuhan terhadap tumbuhan saat terluka.

Fungsi kambium untuk mendukung jaringan pembuluh angkut sekunder pada tubuh tumbuhan, yang terhadap gilirannya membentuk tubuh tumbuhan sekunder. Kambium diklasifikasikan sebagai jenis jaringan tumbuhan. Ia bekerja pada kombinasi dengan beberapa jaringan pembuluh angkut lainnya, termasuk xilem dan floem, memberikan dukungan tumbuhan dan struktur.

Kebanyakan tumbuhan memuat 2 jenis meristem, yakni utama dan sekunder. Meristem utama membentuk bagian tengah primer tumbuhan. Lapisan terluar dari meristem primer muncul sebagai epidermis, ataupun kulit. Di bawah lapisan luar yang keras terletak jaringan dasar sentral, yang dikatakan empulur dan korteks.

Jaringan-jaringan tersebut bergabung dengan prokambium, yang membentuk lapisan paling dalam dari meristem primer. Meristem lateral, juga dikatakan kambrium, muncul sebagai struktur tumbuhan yang lebih kecil, akan tetapi begitu memainkan peran penting pada fungsi tumbuhan yang tepat.

Sementara meristem primer menopang tumbuhan tumbuh ke atas, meristem sekunder, seperti kambium, menopang tumbuhan tumbuh ke arah luar. Kambium memungkinkan tumbuhan berkembang ketebalannya, dan kesimpulannya membentuk lapisan pelindung dari serat tumbuhan terhadap batang yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Pada tanaman yang terluka kambium bisa timbul di dalam jaringan kalus, sehingga mendorong pertumbuhan sel-sel modern di seluruh permukaan yang terluka. Akar dan batang umumnya mencakup tiga jenis utama kambium: kambium vaskular, kambium unifasial, dan kambium gabus.

Jenis Kambium

fungsi kambium
Jenis kambium

Kambium primer

Kambium ini ditemukan di antara Xilem dan floem terhadap tumbuhan dikotil dan Gymnospermae. Khusus terhadap tumbuhan monokotil, kambium cuma ditemukan terhadap batang tumbuhan Agave dan Pleomele.

Kambium sekunder ataupun kambium gabus

merupakan jenis kambium yang terdapat di permukaan batang ataupun akar yang pecah karena proses pertumbuhan sekunder. Fungsi kambium gabus ini, ke luar membentuk sel gabus yang merupakan pengganti dari epidermis. Sementara itu kedalam untuk membentuk sel yang namanya feloderm yang hidup. Kambium mengacu membran ramping tanaman yang terletak tepat di bawah kulit pohon berkayu ataupun tanama

Kambium Vaskuler

fungsi kambium
kambium vaskuler

kambium yang ditemukan di dalam berkas pengangkutan . Kambium fasikuler ini apabila sel selnya kearah dalam membentuk Xilem dan ke arah luar membentuk floem, sementara ke samping membentuk jaringan meristematis yang berfungsi memperluas kambium. Pertumbuhan oleh kambium ini dikatakan pertumbuhan sekunder maksudnya terjadi pembelahan ke arah luar membentuk floem sekunder fan ke arah dalam membentuk xilem sekunder.

Kambium Intervaskuler

Kambium yang ditemukan di antara 2 berkas pengangkutan ataupun di luar berkas pengangkutan.
Fungsinya : membentuk jari-jari empulur.

Fungsi Kambium

Leave a Comment