Fungsi Kapasitor: Pengertian, Jenis, Rumus & Fungsi Kapasitor (Lengkap)

Fungsi Kapasitor: Pengertian, Jenis, Rumus & Fungsi Kapasitor (Lengkap)

Fungsi Kapsitor – Sebelum nya teman-temnan pasti sudah tahu apa itu kapasitor, karna materi ini kalo gk salah sudah di pelajari dibangku SMA, eh bangku SMP kayak nya juga pernah dikenalkan ya, hehehehh biar ta,nah mantap lagi pengetahuan nya mari kita simak di bawah ini.

Pengertian kapasitor

pengertian kapasitor
Pengertian kapasitor

Kapasitor merupakan salah satu jenis komponen elektronika yg mempunyai kemampuan bisa menyimpan muatan arus listrik terhadap medan listrik selama batas masa tertentu dengan trik mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan arus listrik tersebut. Kapasitor juga mempunyai sebutan lain, yaitu kondensator. Kapasitor ataupun kondensator ini termasuk salah satu jenis komponen pasif.

Komponen yg satu ini ditemukan awal kali oleh seorang ilmuan bernama Michael Faraday yg lahir pada tahun 1791, dan wafat pada 1867. Karena itu satuan yg dipakai untuk kapasitor merupakan Farad (F) yg diambil dari nama ilmuan tersebut. Hanya informasi saja bahwa 1 Farad sama hal nya dengan 9 × 1011 cm2. Seperti yg telah kami katakan tadi bahwa kapasitor memiliki nama beda kondensator.

Kata “kondensator” sendiri awal kali dikatakan oleh seorang ilmuan berkebangsaan Italia bernama Alessandro Volta pada tahun 1782. Kata kondensator tersebut diambil dari bahasa Italia “condensatore”, yg berarti kemampuan media untuk menyimpan suatu muatan listrik. trik kerja kapasitor pada sebuah rangkaian elektronika terbilang sederhana. Listrik dialirkan menuju ke kapasitor atua kondensator.

Saat kapasitor telah terisi penuh dengan arus listrik, maka kapasitor tersebut tentu akan mengeluarkan muatannya, dan kembali mengisinya lagi seperti semulal. Proses tersebut berlangsung terus-menerus dan seperti itu seterusnya. Pada biasanya kapasitor terbuat dari bahan 2 buah lempengan logam yg dipisahkan oleh bahan dielektrik.

Bahan dielektrik sendiri merupakan bahan yg tidak bisa dialiri listrik (isolator) seperti ruang hampa udara, gelas, keramik, dan masih banyak lagi yg lain. apabila kedua pucuk plat logam diberikan aliran listrik, maka yg terjadi merupakan muatan positif tentu berkumpul pada ujuang plat logam yg satunya ataupun sebaliknya.

Karena terdapat bahan dielektrik ataupun non konduktor, maka muatan positif tidak tentu bisa menuju ke muatan negatif, dan sebaliknya muatan negatif juga tidak tentu bisa menuju ke muatan positif. Muatan elektrik tersebut tentu tersimpan selama tidak terdapat konduksi pada bagian ujung-ujung kaki kapasitor.

Jenis-Jenis Kapasitor

jenis kapasitor
Jenis kapasitor

Berdasarkan bahan Isolator dan nilainya, Kapasitor dapat dibagi menjadi 2 Jenis yakni Kapasitor Nilai Tetap serta Kapasitor Variabel. Berikut ini merupakan keterangan singkatnya untuk masing-masing jenis Kapasitor :

  • Kapasitor nilai tetap (FIXED CAPASITOR)

Kapasitor Nilai Tetap atau Fixed Capacitor merupakan Kapasitor yg hasilnya konstan atau tidak berubah-ubah. Berikut ini merupakan Jenis-jenis Kapasitor yg nilainya Tetap :

Kapasitor Keramik (Ceramic Capasitor)

Kapasitor Keramik merupakan Kapasitor yg Isolatornya terbuat dari Keramik dan berbentuk bulat tipis atau persegi 4. Kapasitor Keramik tidak mempunyai arah ataupun polaritas, jadi bisa dipasang bolak-balik pada rangkaian Elektronika. Pada umumnya, Nilai Kapasitor Keramik berkisar celah 1pf sampai 0.01µF.

Kapasitor yg berbentuk Chip (Chip Capasitor) biasanya terbuat dari bahan Keramik yg dikemas paling kecil untuk memenuhi kebutuhan peralatan Elektronik yg dirancang makin kecil dan bisa dipasang oleh Mesin Produksi SMT (Surface Mount Technology) yg berkecepatan tinggi.

Kapasitor polyester (Polyester Capacitor)

Kapasitor Polyester merupakan kapasitor yg isolatornya terbuat dari Polyester dengan bentuk persegi empat. Kapasitor Polyester bisa dipasang terbalik pada rangkaian Elektronika (tidak mempunyai polaritas arah)

Kapasitor kertas (Paper Capacitor)

Kapasitor Kertas merupakan kapasitor yg isolatornya terbuat dari Kertas dan pada biasanya nilai kapasitor kertas berkisar diantara 300pf sampai 4µF. Kapasitor Kertas tidak mempunyai polaritas arah ataupun bisa dipasang bolak balik pada Rangkaian Elektronika.

Kapasitor Mika (Mica Capacitor)

Kapasitor Mika merupakan kapasitor yg bahan Isolatornya terbuat dari bahan Mika. Nilai Kapasitor Mika pada biasanya berkisar celah 50pF sampai 0.02µF. Kapasitor Mika juga bisa digunakan bolak balik karena tak mempunyai polaritas arah.

Kapasitor Elektrolit (Electrolyte Capacitor)

Kapasitor Elektrolit merupakan kapasitor yg bahan Isolatornya terbuat dari Elektrolit (Electrolyte) dan berbentuk Tabung / Silinder. Kapasitor Elektrolit ataupun disingkat dengan ELCO ini biasa dipakai pada Rangkaian Elektronika yg memerlukan Kapasintasi (Capacitance) yg tinggi.

Kapasitor Elektrolit yg mempunyai Polaritas arah Positif (+) & Negatif (-) ini menggunakan yg berbahan Aluminium sebagai pembungkus sertta sekaligus sebagai terminal Negatif-nya. Pada biasanya nilai Kapasitor Elektrolit berkisar dari 0.47µF hingga ribuan microfarad (µF).

Uumumnya di badan Kapasitor Elektrolit (ELCO) tentu tertera Nilai Kapasitansi, Tegangan (Voltage), dan Terminal Negatif-nya. Hal yg butuh diperhatikan, Kapasitor Elektrolit bisa juga meledak jikala polaritas (arah) pemasangannya terbalik dan melampui batas kamampuan tegangannya.

Kapasitor tantalum

Kapasitor Tantalum juga mempunyai Polaritas arah Positif (+) dan Negatif (-) seperti halnya Kapasitor Elektrolit dan bahan Isolatornya juga datang dari Elektrolit. dikatakan dengan Kapasitor Tantalum karena Kapasitor jenis ini memakai bahan Logam Tantalum sebagai Terminal Anodanya (+).

Kapasitor Tantalum bisa beroperasi pada suhu yg lebih tinggi dibanding dengan tipe Kapasitor Elektrolit lainnya dan juga mempunyai kapasintansi yg besar tetapi bisa dikemas pada ukuran yg lebih kecil dan mungil. Oleh karena itu, Kapasitor Tantalum ialah jenis Kapasitor yg berharga mahal. Pada biasanya dipakai pada peralatan Elektronika yg berukuran kecil seperti di Handphone dan Laptop.

  • Kapasitor variabel (VARIABLE CAPACITOR)

Kapasitor Variabel adalah Kapasitor yg nilai Kapasitansinya dapat diatur atau berubah-ubah. Secara fisik, Kapasitor Variabel ini di bagi 2 jenis yakni :

VARCO (Variable Condensator)

VARCO (Variable Condensator) yg terbuat dari Logam dengan strurktur yg lebih besar dan pada biasanya dipakai untuk menunjuk Gelombang sinyal pada Rangkaian Radio (digabungkan dengan Spul Antena dan Spul Osilator). Nilai Kapasitansi VARCO berkisar celah 100pF sampai 500pF

Trimmer

Trimmer merupakan jenis Kapasitor Variabel yg mempunyai bentuk lebih kecil sehingga memerlukan media seperti Obeng untuk bisa memutar Poros pengaturnya. Trimmer tertata dari 2 pelat logam yg dipisahkan oleh selembar Mika dan juga ditemukan sebuah Screw yg mengerjakan jarak kedua pelat logam tersebut sehingga nilai kapasitansinya sebagai berubah. Trimmer pada Rangkaian Elektronika berfungsi untuk menepatkan pemilihan gelombang sinyal (Fine Tune). Nilai Kapasitansi Trimmer cuma maksimal sampai 100pF.

Rumus Kapasitor

  • Rumus kapasitas kapasitor

rumus kapasitor
rumus kapasitor

Bagi Kapasitas Kapasitor sendiri merupakan kemampuan Kapasitor yg bisa menyimpan suatu Muatan Listrik & Kapasitas Kapasitor ini bisa didefinisikan menjadi suatu perbandingan awet celah muatan Q yg bisa disimpan di dlm Kapasitor dengan Beda Potensial diantara Kedua Konduktornya. Dan Rumus Mencari Kapasitas Kapasitor ini bisa kalian meninjau di atas:

Nilai Kapasitansi Kapasitor tidak tentu selalu bergantung pada Nilai Q dan V karena Besaran Nilai Kapasitansi sebuah Kapasitor itu tergantung pada Bentuk, Posisi dan Ukuran dari kedua keping dan jenis material insulator (pemisahnya).

  • Rumus Kapasitor Keping Sejajar

rumus kapasitor
Rumus kapasitor

yg dimaksud dengan Kapasitor Keping Sejajar ini merupakan sebuah Kapasitor yg tertata dari 2 buah keping konduktor yg memiliki leluasa yg sama dan dipasang secara sejajar. Untuk Rumus Mencari Kapasitor Keping Sejajar bisa kalian meninjau diatas :

Rumus Kapasitor Keping Sejajar diatas dugunakan apabila antara Keping itu berisi Udara, namun apabila antara kepingnya itu diisi oleh medium dielektrik lain seperti keramik, porselen dan miki yg memiliki Koefiensi Dielektrikum K, maka Rumusnya berganti.

 

Fungsi Kapasitor dalam Rangkaian Elektronika

fungsi kapasitor
fungsi kapasitor

Pada Peralatan Elektronika, Kapasitor ialah salah satu jenis Komponen Elektronika yg paling biasa digunakan. Hal ini dikarenakan Kapasitor mempunyai banyak fungsi sehingga nyaris setiap Rangkaian Elektronika memerlukannya.
Dibawah ini merupakan beberapa fungsi daripada Kapasitor pada Rangkaian Elektronika :

  • Sebagai Penyimpan arus ataupun tegangan listrik
  • Sebagai Konduktor yg bisa melewatkan arus AC (Alternating Current)
  • Sebagai Isolator yg menghambat arus DC (Direct Current)
  • Sebagai Filter pada Rangkaian Power Supply (Catu Daya)
  • Sebagai Kopling
  • Sebagai Pembangkit sinyal pada Rangkaian Osilator
  • Sebagai Penggeser Fasa
  • Sebagai Pemilih Gelombang sinyal (Kapasitor Variabel yg digabungkan dengan Spul Antena dan Osilator)

Fungsi Kapasitor

Mungkin itu yang bisa saya bagikan, semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan teman teman sekalian. Terimakasih atas kunjungan nya.

Leave a Comment