Ayo Kenali 8 Fungsi Karbohidrat bagi Tubuh dan Sumber nya (Lengkap)

Ayo Kenali 8 Fungsi Karbohidrat bagi Tubuh dan Sumber nya (Lengkap)

Fungsi Karbohidrat – Hai teman semua, sudah pada tahu belom fungsi dari makanan yang mengandung karbohidrat, kalo belom tahu mari kita simak artikel di bawah ini, karna karbohidrat sangat penting terhadap kesehatan kita semua, nyhesel kalo tidak tahu fungsi karbohidrat.

Pengertian  Karbohidrat

fungsi karbohidrat
fungsi karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu zat gizi makro kecuali protein dan lemak. Kata “karbohidrat” datang dari 2 kata yakni “karbon” dan “hidrat”. Ini mengartikan bahwa karbohidrat merupakan hidrat dari karbon. Istilah karbohidrat juga biasa dikenal dengan istlah hidrat arang ataupun sakarida. Kata sakarida sendiri datang dari bahasa Yunani yakni sákcharon, yang artinya merupakan “gula”.

Fungsi Karbohidrat

fungsi karbohidrat
fungsi karbohidrat

Ada tiga fungsi utama karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh, yaitu:

  • Sumber energi utama

Fungsi karbohidrat yang pertama merupakan sebagai sumber energi utama bagi tubuh. energi tersebut dibutuhkan mulai dari bernapas hingga kegiatan tubuh yang lebih intens, seperti berlari. Selama proses pencernaan berlangsung, sumber karbohidrat tentu dipecah sebagai gula, untuk terus diserap oleh saluran cerna dan masuk ke aliran darah.

Gula ini yang dikenal sebagai gula darah (glukosa). Dibantu insulin, gula pada darah tentu memasuki sel tubuh. apabila ditemukan glukosa berlebih, maka tentu disimpan pada otot dan hati dalam bentuk glikogen. Bila benar-benar tidak terpakai, maka glukosa diubah sebagai lemak.

  • Membatasi asupan kalori

Fungsi karbohidrat yang kedua merupakan untuk membatasi asupan kalori. Bagaimana caranya? berdasarkan bukti ilmiah, kandungan serat yang tinggi dari makanan yang memuat karbohidrat kompleks mampu memperpanjang rasa kenyang. Dibandingkan lemak, karbohidrat juga memuat lebih sedikit kalori. pada 1 gram lemak terkandung 9 kalori, sedangkan pada 1 gram karbohidrat cuma terkandung 4 kalori.

  • Menurunkan risiko penyakit tertentu

Karbohidrat juga berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit. Hal ini berlandaskan bukti dari beberapa riset mengenai serat pangan dari biji-bijian utuh yang diduga mampu menekan risiko penyakit jantung, obesitas, diabetes tipe 2, dan menjaga kondisi kesehatan organ pencernaan. Sumber karbohidrat yang kaya akan serat pangan antara lain merupakan sayur, kentang ataupun ubi yang masak dengan kulit, dan biji-bijian utuh.

  • Penentu indeks glikemik

Indeks glikemik merupakan patokan yang menilai seberapa cepat karbohidrat ataupun gula pada makanan diserap ke pada tubuh. Semakin tinggi indeks glikemik maka semakin cepat makanan tersebut meningkatkan ukuran gula darah. Sedangkan makanan dengan indeks glikemik rendah lebih lelet dicerna tubuh dan tidak menjadikan gula darah cepat naik.

Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan mengonsumsi makanan ataupun minuman dengan indeks glikemik tinggi, seperti roti tawar putih, kue manis, coklat, dan minuman ringan yang yang manis, bisa meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan

Fungsi karbohidrat yang satu ini juga paling erat kaitannya dengan kandungan serat di dalam karbohidrat. Beberapa jenis asupan karbohidrat bisa menopang meningkatkan kesehatan sistem pencernaan yang paling baik untuk program diet Anda.

Di samping itu, karbohidrat juga bermanfaat untuk mencegah semeblit, mengurangi jumlah gas di dalam perut, dan menurunkan risiko terkena penyakit kolon seperti diverticulitis, dan lainnya. Sistem pencernaan yang baik juga ikut memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

  • Membantu memperbaiki kualitas tidur

Benarkan fungsi karbohidrat bisa memperbaiki kualitas tidur? Mengapa bisa demikian? Suatu hal yang wajar apabila Anda menyangsikan fungsi karbohidrat yang satu ini. Akan tetapi, Anda butuh menyimak perincian berikut.
Asupan karbohidrat seperti gandum utuh ialah asupan yang lelet dicerna oleh tubuh. Hal ini ternyata berdampak positif bagi kualitas tidur Anda. Proses pencernaan karbohidrat kaya serat yang lelet menjadikan tidur Anda lebih banyak.

  • Bisa memperbaiki mood

Tidak cuma memperbaiki kualitas tidur, fungsi karbohidrat juga bisa menopang Anda untuk memperbaiki mood Anda yang biasa tidak stabil. Umumnya, orang-orang tentu condong mempunyai mood yang naif saat ukuran glukosa sedang rendah.

Kadar glukosa yang rendah bisa menjadikan Anda mudah jengkel dan tersinggung alias ‘baper’. Jadi, apabila Anda sedang baper ataupun jengkel maka konsumsilah karbohidrat segera sehingga mood Anda tentu kembali baik.

  • Membantu menurunkan berat badan

Makan karbohidrat bisa menurunkan berat badan? Ya apabila Anda mengonsumsi asupan karbohidrat yang juga kaya akan serat makanan seperti yang ditemukan terhadap olahan gandum utuh seperti roti gandum, sereal gandum, dan lainnya. Serat makanan terhadap jenis makanan karbohidrat tersebut bisa menjadikan Anda terasa kenyang lebih lama. Jadi, ini bisa menopang Anda mengonsumsi makanan lebih banyak dan berat badan Anda pun bisa turun.

Jenis Jenis Karbohidrat

fungsi karbohidrat
fungsi karbohidrat

Anda pastinya telah tahukan bahwa karbohidrat ialah sumber makanan penting ataupun makanan pokok bagi manusia. Karbohidrat mempunyai beberapa jenis apabila menatap jumlah molekulnya. terdapat beberapa jenis karbohidrat, yakni monosakarida, disakarida, oligosakarida, dan polisakarida. Anda bisa melihat penjelasannya di bawah ini.

Berikut ini adalah jenis-jenis karbohidrat, di antaranya adalah:

1. Monosakarida

Monosakarida merupakan jenis karbohidrat yang cuma tersusun dari satu molekul gula. Molekul gula sederhana ini cuma tersusun dari beberapa atom C (karbon). Contoh dari monosakarida merupakan glukosa, galaktosa, dan fruktosa.

Glukosa dan galaktosa termasuk aldosa yang sama-sama tersusun dari hubungan ganda atom karbon-oksigen dan atom hidrogen. Fruktosa termasuk ke pada ketosa yang mirip dengan aldosa tetapi mempunyai tambahan 2 atom karbon.

2. Oligosakarida

Oligosakarida merupakan jenis karbohidrat yang tersusun dari minimal 2 hingga 10 molekul gula. terdapat beberapa penamaan terhadap oligosakarida ini, seperti apabila tersusun dari 2 molekul gula dikatakan disakarida, tiga molekul gula dikatakan triosa, dan seterusnya.

Contoh dari disakarida yakni laktosa, sukrosa, dan maltosa. Laktosa ialah gabungan molekul glukosa dan galaktosa, sedangkan sukrosa tersusun dari molekul glukosa dan fruktosa, dan maltosa tersusun dari 2 molekul glukosa.

3. Polisakarida

Jenis karbohidrat yang terakhir yakni polisakarida yang ialah jenis karbohidrat dengan jumlah molekul yang kompleks. Polisakarida tersusun dari banyak sakarida. Contoh polisakarida di antaranya merupakan selulosa, glikogen, dan amilum.

Sumber Karbohidrat

fungsi karbohidrat
fungsi karbohidrat

1. Gandum

Gandum(wheat) memuat karbohidrat yang lumayan tinggi. kecuali itu gandum bisa diolah sebagai beberapa jenis makanan nyaman yang menarik. Serat pada gandum juga menjadikan kita merasakan kenyang lebih lama, sehingga disarankan mengkonsumsi gandum saat kita berada terhadap program penurunan berat badan.

2. Kentang

Kentang bisa diolah sebagai banyak jenis makanan, seperti donat, kroket hingga perkedel. pada kentang ditemukan banyak sekali karbohidrat sehingga bisa dipakai sebagai salah satu pilihan pengganti nasi yang baik, di eropa kentang sebagai makanan pokok, seperti kita yang di Indonesia yang sebagai makanan pokok merupakan nasi.

3. Ubi

Kandungan karbohidrat pada ubi paling tinggi. kecuali itu ubi juga memuat beta-karoten yang berfungsi pada menjaga upaya tahan tubuh, kecuali itu juga memuat vitamin A, C dan B6 di dalamnya yang mencukupi kebutuhan harian mikro nutrisi tubuh. Ubi paling baik dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes dan penderita mag.

4. Singkong

Singkong bisa diolah sebagai bermacam jenis makanan. Di awali cuma dengan digoreng, direbus, hingga bermacam-macam kue tradisional bahkan dijadikan tepung, di beberapa daerah singkong diolah sebagai tiwul dan gatot, yakni makanan dari singkong yang terlebih dulu di keringkan. Kandungan karbohidrat terhadap singkong sedikit lebih banyak dari nasi, sehingga apabila memakan singkong rasa kenyang tentu bertahan lebih lama.

5. Jagung

Beberapa daerah di Indonesia menggunakan jagung sebagai makanan pokok. Seperti Madura dan Nusa Tenggara Timur, karena jagung juga memuat karbohidrat lumayan tinggi sebagai pengganti nasi. Jagung memuat asam folat yang paling berguna untuk tubuh, kecuali itu kandungan seratnya juga paling tinggi. Jagung bisa diolah sebagai nasi jagung ataupun nasi ampok, macam-macam kue dan juga tepung untuk bermacam kegunaan.

6. Pisang dan Buah yang manis.

Salah satu buah dengan kandungan karbohidrat tinggi merupakan pisang, kandungan fruktosa yang tinggi menjadikan kita sebagai kenyang dan gula terhadap buah ialah senyawa yang sama dengan karbohidrat. Pisang sebagai makanan kesukaan, terutama untuk orang yang sedang menjalani program diet untuk pengganti nasi yang efektif.

7. Sayuran Hijau

Segala jenis sayuran hijau mulai dari bayam, brokoli hingga sawi memuat sedikit kandungan karbohidrat tapi mempunyai serat yang tinggi, memakan banyak sayuran terutama yang organik dan segar tentu menopang tubuh mencukupi kebutuhan karbohidrat, bagi yang sedang menjalani program diet disarankan mengkonsumsi banyak sayuran hijau sebagai pilihan pengganti nasi dan menjadikan perut lebih kenyang.

8. Kacang-kacangan

Kacang polong, kacang tanah mempunyai lumayan kandungan karbohidrat di dalamnya, dan bisa kita gunakan sebagai pilihan pengganti nasi. akan tetapi karena kandungan lemak nabatinya yang lumayan tinggi, maka kita juga wajib membatasi penggunaannya, supaya tidak berlebih dan menjadikan tubuh kita jadi tidak sehat.

Fungsi karbohidrat

Leave a Comment