Fungsi Mulut Lengkap dengan Pengertian, Anatomi, Jenis Penyakit Mulut

Fungsi Mulut Lengkap dengan Pengertian, Anatomi, Jenis Penyakit Mulut

Fungsi Mulut – Siapa yang tidak tahu mulut, bagian organ tubuh yang selalu kita gunakan setiap hari, setiap detik. Namun kita akan bahas kembali mengenai fungsi mulut, karna mungkin ada bagian mulut yang belum teman teman ketahui. Maka dari itu mari kita bahas bersama di artikel ini.

Pengertian Mulut

fungsi mulut
pengertian mulut

Pengertian mulut merupakan zona di mana makanan mulai masuk kedalam tubuh dan di mana pencernaan dimulai (lihat sistem pencernaan). Mulut ialah dahulu mula proses pencernaan makanan, didalam mulut juga terdapat proses kimiawi oleh tirta ludah yang terus menuju lambung melelui kerongkongan.

Mulut mempunyai salah satu fungsi penghalus makanan, karena ditemukan gigi, lidah dan tirta liur sebagai pelumat makanan. kecuali berfungsi sebagai anggota pencernaan, mulut juga sebagai media berbicara terhadap manusia. Manusia bisa berkomunikasi melalu mulut.

Pada setiap harinya kita paling membutuhkan mulut. Mulut sebagai media untuk kehidupan sehari-hari contohnya minum, makan, bicara, mengunyah dan lain-lain. terdapat beberapa bagian di pada mulut dibawah ini nanti kita bahas.

Dalam kehidupan sehari-hari mulut paling andil antusias terhadap segala aktifitas manusia. Fungsi utamanya merupakan berkumunikasi di celah orang-orang banyak dan berbicara. kecuali berbicara juga untuk bernyanyi, setiap orang mempunyai suara yang berbeda-beda.

Anatomi Mulut

fungsi mulut
Anatomi Mulut

Struktur utama dari mulut meliputi:

  • Bibir – 2 struktur seluler dan otot yang membentuk pintu masuk ke mulut. Bibir menandai transisi dari kulit membran mukosa lembab.
  • Ruang depan – ruang antara jaringan lunak (bibir dan pipi), gigi serta gusi. Ruang depan merupakan tetap lembab oleh sekresi dari kelenjar ludah parotis, yang terletak di depan telinga dan di belakang sudut rahang.
  • Rongga mulut – rongga terhadap mulut dibatasi oleh beberapa struktur. Lengkungan alveolar (struktur tulang yang memuat gigi) mengelilingi rongga mulut di depan dan di sisi – overhead selera keras dan lembut dan di bawah ini merupakan lidah. Rongga mulut akan lah tetap basah oleh sekresi kelenjar ludah submaksilaris serta sublingual terletak di dasar mulut di bawah lidah.
  • Gusi – tersusun dari jaringan fibrosa dan padat yang melapisi lengkungan alveolar dan pelukan gigi.
  • Gigi – seseorang mempunyai 2 set gigi selama seumur hidup. Rata-rata keturunan mempunyai 20 set lengkap utama mereka (atau susu ataupun bayi) gigi terhadap umur tiga tahun. Gigi utama mulai rontok antara umur antara enam dan tujuh tahun, dan secara bertahap digantikan oleh gigi tetap (atau sekunder ataupun orang dewasa). Dengan antara 21 tahun, rata-rata orang mempunyai 32 gigi permanen – 16 di rahang atas dan 16 di rahang bawah
  • Langit-langit – tersusun dari selera keras dan lunak. Langit-langit keras merupakan atap tulang mulut. Langit-langit lunak merupakan lipatan membran yang menggantung antara rongga mulut dan bagian belakang tenggorokan. Kecil menggantung yang sedikit Anda bisa meninjau saat Anda julurkan lidah dan berkata ‘ah’ dikatakan uvula.
  • Lidah – lidah tersusun nyaris seluruhnya dari serat otot. Hal ini dibagi sebagai bagian yakni bagian oral (tip, blade, depan, tengah dan belakang) dan faring (tenggorokan). Lidah menopang kita untuk rasa, berbicara dan menelan.
  • Kelenjar ludah minor – menjadikan cairan bening (air liur) yang menjadikan mulut lembab dan memuat enzim untuk memecah makanan. Kelenjar ini ditemukan di bermacam letak di antara mulut, termasuk pipi bagian dalam.

Fungsi Mulut Pada Manusia

fungsi mulut
Fungsi Mulut

Berikut ini adalah fungsi tubuh manusia antara lain:

  1. Sebagai alat berbicara (komunikasi)
  2. Salah satu bagian dari sistem pencernaan
  3. Penafasan selain hidung
  4. Mengunyah dan menggiling makanan
  5. Merasakan makanan
  6. Menelan makanan
  7. Tempat pertama untuk makanan masuk pada pencernaan

Jenis-Jenis Penyakit Mulut

penyakit mulut
Penyakit Mulut

Karena kesehatan mulut memiliki dampak besar untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, kita butuh paham apa saja penyakit mulut yang butuh diwaspadai:

Gingivitis atau Radang Gusi
Peradangan yang terjadi terhadap gusi umumnya menunjukkan fenomena gusi yang bengkak dan biasa mengalami perdarahan terutama saat menyikat gigi. Gusi yang bermasalah bisa menimbulkan bau mulut dan gigi goyang. Gusi yang sehat berwarna merah muda, strukturnya halus dan puncaknya terdapat di celah sela gigi. apabila gusi biasa berdarah, bengkak dan terasa nyeri serta berwarna merah tua, periksakanlah ke dokter gigi.

Pulpitis
berdasarkan buku Kesehatan Gigi dan Mulut, Apa yang Sebaiknya Anda Tahu? yang ditulis oleh Rachmat Hidayat, S.K.M., M.Kes., dan drg. Astrid Tandiari, pulpitis merupakan peradangan terhadap pulpa gigi yang mengakibatkan rasa nyeri. Pulpa merupakan bagian gigi yang paling dalam, yang memuat saraf dan pembuluh darah.

Penyebab pulpitis yang paling biasa ditemukan merupakan pembusukan gigi. Pulpitis bisa menimbulkan sakit gigi yang luar biasa. Untuk mendiagnosis pulpitis ataupun mengetahui adanya pembusukan gigi bisa diusahakan dengan rontgen gigi.

Karies Gigi
Karies gigi ialah kerusakan lapisan email gigi yang disebabkan plak bakteri dari sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Karies gigi bisa menjadikan gigi berlubang, menimbulkan rasa nyeri hingga menjadikan gigi tanggal.

Bau Mulut
Gigi berlubang, gusi berdarah bisa menimbulkan masalah bau mulut. kecuali karena kurangnya kebersihan mulut, merokok dan diet berlebihan yang menjadikan seseorang jadi kekurangan karbohidrat juga bisa menimbulkan bau mulut.

Mulut Kering
Mulut yang terasa paling kering umumnya disebabkan karena kehilangan cairan ataupun berkurangnya jumlah air liur pada mulut. Mulut kering dapt meningkatkan risiko kerusakan gigi karena bakteri jadi lebih mudah berkembang. Rasa kering yang dirasakan bisa terjadi terhadap bagian mulut, tenggorokan dan lidah. kecuali itu, seseorang yang mengalami mulut kering tentu biasa merasa kehausan, mengeluarkan bau mulut yang tidak sedap hingga kesulitan makan dan bicara.

Stomatitis
Stomatitis merupakan radang terhadap mukosa mulut yang umumnya juga dikenal dengan sebutan sariawan. Sariawan ataupun stomatitis bisa disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri, tergigit, ataupun kekurangan vitamin. Untuk mempercepat penyembuhan supaya sariawan tidak bertambah parah, anda bisa menggunakan obat sariawan seperti salah satunya Aloclair Plus.

Aloclair Plus mempunyai banyak keunggulan dibanding obat sariawan jenis lainnya karena Aloclair Plus bisa menyembuhkan sariawan tanpa mengakibatkan rasa perih. Ekstrak lidah buaya pada Aloclair Plus bisa mencegah infeksi terhadap sariawan.

Kecuali itu, Aloclair Plus juga memuat sodium hyaluronate yang bisa melembabkan luka supaya sariawan tidak terasa sakit saat bergesekan dengan makanan, glycyrrhetinic acid untuk mengurangi bengkak dan polyvinylpyrrolidone yang bisa membentuk lapisan pelindung sehingga sariawan lebih cepatsembuh.

Mungkin hanya itu yang bisa kami bagikan, semoga bisa memberikan dan menambah wawasan teman-teman. Dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lain nya disini

Fungsi Mulut

 

Leave a Comment