20+ Fungsi Otak Manusia dan Struktur nya | Organ Tubuh (Lengkap)

20+ Fungsi Otak Manusia dan Struktur nya | Organ Tubuh (Lengkap)

Fungsi Otak – Banyak yang kurang paham fungsi otak yang sebenarnya, mungkin yang umum nya otak itu hanya untuk berfikir dan menemukan ide ide baru, namun di balik itu ada fungsi lain dari otak yang harus kita ketahui. Disini kami akan membahas fungsi dari otak lengkap dengan pengertian otak, belahan otak, struktur otak.

Pengertian Otak

pengertian otak
Pengertian otak

Otak manusia merupakan struktur pusat pengaturan yang mempunyai isi antara 1.350cc dan tersusun atas 100 juta sel saraf ataupun neuron. Otak mengatur dan mengkordinir terhadap bagian besar pada gerakan, perilaku serta fungsi pada tubuh homeostasis semacam detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Otak manusia bertanggung jawab pada pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu ditemukan sangkutan erat celah otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf di dalamnya dipercayai bisa memengaruhi kognisi manusia.

Pengetahuan mengenai otak memengaruhi kemajuan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab terhadap fungsi semacam pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Otak timbul dari 2 jenis sel: glia dan neuron. Glia berfungsi untuk menunjang dan melindungi neuron, sedangkan neuron membawa informasi pada bentuk pulsa listrik yang di kenal sebagai potensi aksi. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang beda dan keseluruh tubuh dengan mengirimkan bermacam jenis bahan kimia yang dikatakan neurotransmiter.

Neurotransmiter ini dikirimkan terhadap celah yang dikenal sebagai sinapsis. Avertebrata seperti serangga mungkin memiliki jutaan neuron terhadap otaknya, vertebrata besar bisa memiliki hingga seratus miliar neuron.

Neuron otak memuat 2 jenis asam  lemak PUFA (bahasa Inggris: polyunsaturated fatty acids), yakni asam arakidonat (AA) dan asam  dokosaheksaenoat (DHA) yang terletak terhadap posisi sn2 dari molekul fosfogliserida pada membran sel neuron. PUFA bisa terlepas dari fosfogliserida oleh stimulasi fosfolipase PLA-2.

Molekul AA yang terlepas tentu diproses oleh enzim siklo oksigenase sebagai prostaglandin dan tromboksana, ataupun diproses oleh enzim 5-lipo oksigenase sebagai lipoksin. Baik AA ataupun DHA bisa diproses oleh enzim lipo oksigenase guna membentuk senyawa turunan hidroksi dan leukotriena.

Belahan Otak Manusia

fungsi otak
Belahan otak

Sebelum kita mengetahui bagian-bagian otak pada tubuh manusia terdapat baiknya kita mengetahui belahan otak. Tanpa kita sadari bentuk otak terdapat yang terbelah sebagai 2 bagian. Belahan otak itu terbagi pada belahan otak kiri dan juga belahan otak kanan. Fungsi dan tugas belahan otak tersebut berbeda. Belahan otak kanan dan juga belahan otak kiri terhubung dengan kabel syaraf. Berikut ini fungsi belahan otak yang wajib kita ketahui :

  1. Belahan otak kanan – Belahan otak di bagian kanan berfungsi pada pengontrolan sisi kiri tubuh. Otak kanan berkaitan dengan kreativitas dan kemampuan seni seseorang. Seorang seniman dan pelaku kreativitas tentu banyak menggunakan kemampuan belahan otak kanannya dibandingkan dengan otak kiri.
  2. Belahan otak kiri – Belahan otak kiri mempunyai tugas dan fungsi pada mengontrol bagian tubuh di bagian kanan. Fungsi belahan otak kiri berlainan dengan belahan otak kanan. Belahan otak kiri bersangkutan dengan hal-hal yang menggunakan pikiran dan pemikiran yang pasti. semisal saja seorang pakar fisika, seorang pakar kimia, seorang pakar matematika tentu banyak menggunakan otak sebelah kirinya untuk menopang mereka berfikir.

Mana Yang Lebih Baik? Belahan Otak Kanan Atau Belahan Otak Kiri?

Otak yang ditemukan belahannya merupakan bagian otak besar atar cerebrum. Cerebrum merupakan bagian otak besar manusia yang mempunyai fungsi untuk memproses seluruh kegiatan intelektual yang dilakukan oleh manusia contohnya berfikir, membuat penalaran, mengingat, membayangkan dan juga membuat perencanaan kepada masa depannya di masa mendatang. kemudian yang sebagai pertanyaannya, manakah yang lebih baik? belahan otak kanan ataupun belahan otak kiri?.

Berikut ini merupakan perincian berkenaan hal-hal yang berkaitan dengan belahan otak kanan dan juga belahan otak kiri manusia :

  • Fungsi dari belahan otak kanan dan juga otak kiri merupakan kesatuan yang saling melengkapi.
  • Tidak terdapat yang bisa menjawab mana yang lebih baik, otak kanan ataupun otak kiri. Hal itu dikarenakan kedua belahan otak tersebut tentu saling melengkapi satu sama lain.
  • Namun riset yang diusahakan mampu menghadiahkan fakta berkenaan hubungan otak kanan dan otak kiri.
  • Penelitian itu merupakan apabila seseorang sedang menggunakan otak kirinya, bagian otak kanannya tentu lebih tenang. Begitupula dengan sebaliknya, saat seseorang berkerja dengan otak kanan maka otak kirinya lebih tenang.
  • Yang membedakan merupakan manusia pemilik otak tersebut. Manusialah yang andil penting pada membuat penguasaan tehadap bagian otak kanan dan juga bagian otak kiri.
  • Tidak terdapat manusia yang bisa membuat penguasaan kepada kedua belahan otak sekaligus, jikalau terdapat cuma sedikit saja manusia yang bisa melakukannya. Butuh cara untuk menyeimbangkan kinerja otak kanan dan juga otak kiri.
  • Contoh dari penguasaan otak merupakan orang yang pintar pada ilmu pengetahuan tentu banyak menggunakan otak kiri, akan tetapi kebanyakan mereka tidak bisa berteman dengan orang sekelilingnya begitupula sebaliknya.
  • Agar berjalan dengan seimbang, terdapat baiknya manusia mampu menyeimbangkan otak kiri dan juga otak kanannya. Hal itu berguna untuk menjadikan manusia tersebut mampu berteman dan bersosialisasi walaupun manusia tersebut termasuk orang yang cerdas.

Struktur dan Bagian Otak pada Manusia

bagian otak
Struktur dan bagian otak

Otak Besar Atau Cerebrum

Cerebrum ialah bagian otak yang paling besar dan bagian otak tersebutlah yang membedakan otak manusia dengan otak binatang. Cerebrum tersebut mempunyai fungsi untuk menjadikan manusia membuat logika, mempunyai kemampuan berfikir, mempunyai bahasa, mempunyai kesadaran, bisa merencanakan sesuatu, bisa mengingat sesuatu dan juga bisa melengkapi kemampuan visual terhadap tubuh manusia.

IQ seseorang tentu ditentukan oleh kualitas cerebrum manusia itu sendiri. apabila kualitas cerebrum manusia bagus, bisa dipastikan apabila IQ manusia itu juga bagus, akan tetapi apabila kualitas cerebrumnya jelek maka IQ manusia itu pun juga tentu jelek. Di dalam otak besar juga ditemukan bagian-bagian penyusunnya. Bagian penyusun otak besar dikatakan dengan Lobus.

Setiap bagian lobus itu mempunyai tugas dan fungsinya masing-masing. Di setiap lobus ditemukan gyrus, gyrus itu merupakan bagian di lobus yang melekuk menyerupai dengan parit. Berikut ini merupakan bagian-bagian di dalam otak besar yang wajib diketahui oleh kita :

Lobus frontal –  Bagian ini ialah bagian depan dari otak besar. Lobus mempunyai fungsi untuk menjadikan manusia mampu menjadikan alasan, mampu untuk membuat kegiatan ataupun bergerak, kognisi, mampu menjadikan perencanaan, mampu menyelesaikan masalah, menghadiahkan penilaian, merangsang kreativitas terhadap manusia, mengontrol perasaan, mengontrol perilaku yang berkaitan dengan seksual dan juga mampu berbahasa secara umum.

Lobus parietal – Bagian lobus ini berada di tengah otak besar. Lobus ini berkaitan dengan membuat sensor kepada perasaan contohnya merupakan tertekan, tekanan, merespon sentuhan dan menimbulkan rasa sakit.

Lobus temporal – Bagian otak ini berada di bagian bawah otak besar. Fungsi dari lobus temporal ini merupakan untuk menjadikan manusia mampu mendengar, mampu menangkap dan memaknai informasi dan mampu menangkap bahasa pada bentuk suara.

Lobus occipital – Lobus ini berada di bagian belakang otak besar. Funsgi lobus ini bersangkutan dengan rangsangan yang diterima oleh tubuh secara visual. Oleh karena itu manusia mampu membuat interpretasi dengan apa yang diterima oleh bagian retina matanya.

Otak kecil atau cerebellum

Otak kecil ataupun yang biasa dikatakan dengan cerebellum letaknya benar di bagian kepala belakang. Otak kecil ini juga dekat dengan pucuk leher atas. Fungsi dari cerebellum merupakan sebagai berikut ini :

  1. Untuk membuat fungsi otak secara otomatis contohnya saja merupakan untuk mengerjakan posisi tubuh dan sikap tubuh.
  2. Otak kecil juga berfungsi pada pengontrolan keseimbangan.
  3. Melakukan koordinasi kepada otot tubuh dan juga menggerakkan tubuh.
  4. Otak kecil tentu menyimpan sejumlah gerakan otomatis dan melaksanakannya. Contoh gerakan otomatis bisa di ambil dari  gerakan untuk mengendarai mobil, menggerakkan tangan saat mengetik, menggerakkan stang sepeda motor serta masih banyak lagi gerakan lainnya.
  5. Jika otak kecil cidera resikonya merupakan manusia tentu mempunyai koordinasi otot dan gerakan yang acak-acakan, kecuali itu manusia tentu mempunyai gangguan pada bersikap. Contoh koordinasi otot otak terganggu merupakan orang yang mengalami cidera otak kecil tidak bisa memasukkan sendok ke pada mulutnya, tidak mampu mengikat rambut dan masih banyak lagi lainnya.

Batang otak

Pernahkah anda berfikir bahwa otak mempunyai batang?, otak memang mempunyai batang yang berada di pada tengkorak manusia ataupun di rongga dasar kepala. Batang otak itu memanjang sampai ke bagian tulang punggung manusia ataupun di tulang sumsum manusia. Fungsi dari otak yang harus kita pahami merupakan mengatur manusia pada bernafas,

pengaturan denyut jantung, mengatur suhu tubuh, mengerjakan pencernaan manusia dan juga sebagai kemampuan manusia pada membuat insting ataupun perkiraan tentu bahaya yang bisa tiba kepadanya. Tidak cuma manusia saja yang mempunyai batang otak, terhadap otak hewan seperti kadal dan juga buaya juga ditemukan batang otaknya.

Contoh dari fungsi batang otak ini merupakan manusia tentu merasakan tidak nyaman saat beradadi zona yang luar ataupun berada di tengah-tengah orang asing. Batang otak ditemukan tiga bagian, bagian batang otak itu merupakan sebagai berikut ini:

Mesencephalon ataupun otak tengah –  Otak tengah berada di bagian atas batang otak, otak tengah ini juga sebagai penghubung antara otak besar dan juga otak kecil manusia. Otak tengah di bagian batang otak memmiliki fungsi pada pengontrolan respon pada penglihatan, berfungsi pada menggerakkan mata, membesarkan pupil mata dan juga mengerjakan gerakan tubuh manusia dan juga mengerjakan pendengaran manusia.

Medula oblongata – Medula oblongata ialah titik syaraf di bagian tulang belakang mulai dari sebelah kiri badan manusia sampai ke bagian kanan badan manusia. Fungsi medulla ini merupakan membuat pengontrolan kepada fungsi otomatis otak, mengerjakan detak jantung, mengerjakan sirkulasi peredaran darah di pada tubuh manusia, mengerjakan pernafasan dan juga mengerjakan sistem pencernaan manusia.

Pons – Pons merupakan stasiun pemancar yang bertugas pada mengirimkan angin ke bagian pusat otak bersamaan dengan reticular. Pons ini juga mempunyai fungsi pada menjaga tubuh pada posisi terjaga ataupun pada posisi tertidur. Tidur ataupun tidaknya tubuh manusia dipengaruhi oleh pons ini.

Sistem Limbik

Sistem limbik juga ialah bagian dari otak manusia. Sitem limbik terdapat di bagian otak tengah, sistem limbik inilah yang tentu membungkus otak. Nama limbik diambil dari bahasa latin yang artinya merupakan kerah. Dinamakan kerah sebab otak tentu dibungkus seperti kerah baju.

Hewan mamalia juga mempunyai sistem pernapasan mamalia yang ditemukan sistem limbik sehingga banyak yang menyebutnya dengan otak mamalia. Limbik ditemukan beberapa komponen penyusunnya. Komponen penyusun limbik celah beda hipotalamus, thalamus, hipocampus, korteks limbik da juga amigdala.

Fungsi dari sistem limbik merupakan menimbulkan perasaan, pengaturan emosi, pengaturan produksi hormon contoh yang bisa di ambil fungsi hormon testosteron, memelihara homeostasis, menciptakan rasa haus, menciptakan rasa lapar, menciptakan keinginan berkenaan seks, merangsang perasaan untuk senang, mengerjakan metabolisme tubuh dan juga mengerjakan memori jangka panjang manusia.

Berikut ini hal-hal yang bersangkutan dengan sistem limbik yang wajib diketahui :

  • Hipotalamus

Hipotalamus merupakan bagian paling penting di sistem limbic manusia. Hipotalamus berfungsi pada pengeluaran keringat yang diusahakan oleh bagian-bagian kulit manusia seperti fungsi alveolus yang andil penting juga terhadap kulit. Tidak cuma itu saja hipotalamus mempunyai fungsi untuk mengerjakan tubuh mana yang butuh mendapatkan perhatian dan mana yang tidak membutuhkan perhatian.

Contoh dari fungsi hipotalamus itu merupakan seorang ibu ataupun orangtua tentu lebih memperhatikan anaknya dibandingkan dengan anakn orang lain. Hal itu dikarenakan orangtua terutama seorang ibu mempunyai hubungan emosional dan hubungan batin yang kuat dengan anaknya.

Hal sama juga tentu terjadi terhadap orang yang anda benci, semakin anda membecinya anda justru tentu semakin mengingatnya dan memperhatikannya. Hubungan emosional yang kuat juga tentu muncul di saat anda membenci seseorang.

  • Alam bawah sadar

Sistem limbic juga mengerjakan alam bawah sadar manusia dimana alam bawah sadar itu tidak bisa tersentuh dengan indera manusia. Alam bawah sadar ialah zona bersemayamnya cinta, kejujuran dan juga sentimen seseorang. Seorang ilmuwan bernama Le Doux mengatakan bahwa sistem limbik otak ini ialah zona semua ambisi manusia, zona kemana cinta bermuara, zona untuk menghargai dan dihargai serta zona untuk kejujuran manusia.

Fungsi Otak Bagi Manusia

fungsi otak
Fungsi otak

Secara lazim otak dibagi sebagai beberapa bagian-bagian otak. terhadap anatomi otak, bagian otak depan merupakan bagian atas dari otak. Otak depan bisa dibagi sebagai otak besar dan diensefalon. kecuali itu juga terdapat bagian lain seperti otak tengah dan otak belakang serta juga otak kecil.

Fungsi Otak Belakang

Otak belakang merupakan bagian otak yang berfungsi untuk mengontrol sistem pernafasan. kecuali itu fungsi otak belakang lainnya merupakan mengontrol fungsi tubuh penting lain seperti detak jantung dan sistem pencernaan. Sebagian besar fungsi otak belakang berputar di antara proses tubuh penting dan diatur oleh medulla oblongata.

Otak belakang tentu mengerjakan ekspansi dan kontraksi diafragma dan paru-paru, fungsi jantung serta gerak refleks tubuh seperti muntah, batuk, menelan dan bersin.

Fungsi Otak Depan

Otak depan merupakan bagian otak yang berfungsi untuk menerima dan memproses informasi. pada hal ini fungsi otak depan diasosiasikan terhadap kegiatan berpikir, memahami, merasakan serta mengontrol fungsi motorik ataupun otot terhadap tubuh manusia.

Otak depan juga berfungsi untuk mengontrol fungsi otonomi bermacam organ tubuh manusia dan andil pada penggantian informasi dari organ pengindraan.

Fungsi Otak Tengah

Otak tengah merupakan bagian terkecil dari otak yang berfungsi sebagai stasiun relai untuk informasi pendengaran dan penglihatan. Fungsi otak tengah merupakan untuk bermacam fungsi penting seperti sistem visual, sistem pendengaran serta gerakan terhadap mata.

Otak tengah juga berfungsi pada mengontrol gerakan badan lewat bagian nukleus merah dan substantia nigra. 2 bagian otak tengah beda seperti tectum dan tegmentum juga berfungsi untuk penglihatan, pendengaran dan gerakan tubuh lain.

Fungsi Otak Besar

Otak besar ataupun yang dikenal cerebrum merupakan bagian dari otak yang berfungsi untuk gerak sadar seperti kontraksi otot rangka. Fungsi otak besar juga penting untuk fungsi beda seperti belajar, emosi, memori dan persepsi. Korteks terhadap otak besar yang berguna untuk fungsi persepsi dan belajar.

Korteks terhadap bagian kiri berguna untuk menerima informasi dan mengontrol gerak tubuh bagian kanan, sebaliknya korteks bagian kanan berguna mengontrol gerak tubuh terhadap bagian kiri.

Fungsi Otak Kecil

Otak kecil ataupun dikenal sebagai cerebellum merupakan bagian otak yang berfungsi untuk mengontrol gerak dan kesetimbangan. Fungsi otak kecil juga untuk menopang belajar dan mengingat kemampuan motorik. Otak kecil juga mengawasi perintah motorik dari otak besar.

Otak kecil akan menerima informasi sensorik mengenai posisi dari sendi dan dan panjang dari otot, sama halnya dengan masukkan dari auditorik dengan sistem visual. apabila otak kecil rusak, maka mata tentu mengikuti gerak benda tetapi tidak tentu berhenti benar di mana benda itu berhenti.

Fungsi Otak Kanan dan Kiri

Secara lazim bagian otak besar dibagi sebagai 2 yaitu otak kanan dan otak kiri. Tiap sisi otak mempunyai fungsi otak masing-masing yang lumayan bertolak belakang. Berikut ialah pembahasan mengenai bagian dan fungsi otak kiri dan otak kanan.

Fungsi Otak Kanan

Otak kanan berfungsi pada kemajuan emotional quotient (EQ). Fungsi otak kanan juga meliputi kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan dan segala bentuk aktualisasi diri tubuh, sebut saja seperti menyanyi, menari, dan melukis.

Fungsi Otak Kiri

Otak kiri berfungsi pada hal-hal yang berkaitan dengan logika, berpikir dan rasio. Fungsi otak kiri juga meliputi kemampuan menulis dan membaca serta ialah pusat matematika. Bagian otak ini ialah pengendali intelligence quotient (IQ). upaya ingat otak bagian ini juga bersifat jangka pendek.

Demikian yang bisa kami bagikan untuk teman teman semua, semoga artikel ini bisa memberi manfaat dan bisa menambah wawasan kita bertambah. Dan jangan lupa kunjungi artikel lain nya disini fungsi otak.

 

Leave a Comment