10+ Fungsi Pancasila dengan Pengertian dan Makna Pancasila (Lengkap)

10+ Fungsi Pancasila dengan Pengertian dan Makna Pancasila (Lengkap)

Fungsi Pancasila – Pancasil sebagai sumber dasar negara yang harus di jalankan oleh bangsa ini, namun kita sebagai masyarakat indonesia yang menganut ideologi pancasila harus lebih tahu fungsi dari pancasila. Diartikel ini akan saya jelaskan fungsi pancasila bagi negara, namun tidak hanya fungsi, ada pengertian pancsila, sejarah pancasila dan makna pancasila.

Pengertian Fungsi Pancasila Menurut Para Ahli

pengertian pancasila
Pengertian pancasila

Pengertian Pancasila berdasarkan Para Ahli

Menurut Ir Sukarno

Bahwa pancasila merupakan isi jiwa Bangsa Indonesia yang turun-temurun sekian zaman lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat. Dengan demikian, pancasila tidak cuma falsafah negara, melainkan lebih leluasa lagi yaitu falsafah Bangsa Indonesia.

Menurut Muhammad Yamin

Pancasila datang dari kata Panca yang artinya Lima dan Sila yang artinya Sendi, Atas, Dasar ataupun peraturan perilaku yang baik dan penting. Berarti pancasila ialah lima dasar yang memuat panduan ataupun tata cara mengenai perilaku laku yang baik dan penting.

Menurut Notonegoro

Pancasila ialah dasar falsafah Negara Indonesia, bisa disimpulkan bahwa Pancasila ialah dasar falsafah dan ideologi negara yang diharapkan bisa sebagai pandangan hidup Bangsa Indonesia sebagai dasar pemersatu, atribut persatuan dan kesatuan serta pertahanan Bangsa dan Negara Indonesia.

Sejarah Pancasila yang Beredar

fungsi pancasila
Sejarah pancasila

Tak lengkap jikala tidak mengetahui dengan sejarah asal mula nya Pancasila, yakni mulai dikenal sejak masa kerajaan Majapahit dan Sriwijaya dimana sila-sila yang ditemukan di dalam Pancasila telah diterapkan di pada kehidupan masyarakat ataupun kerajaan walau ke 5 sila itu belum dirumuskan secara konkrit.

Pada kitab Sutasoma tayangan Mpu Tantular, Pancasila memiliki arti “berbantu sendi yang lima” ataupun “pelaksanaan kesusilaan lima”. Dalam kepercayaan Budha ditemukan juga istilah Pancasila yang ditulis pada bahasa Pali yakni “Pancha Sila” yang artinya lima pantangan ataupun larangan. Yaitu:

  1. Tidak boleh mencuri.
  2. Tidak boleh berbohong.
  3. Tidak boleh berjiwa dengki.
  4. Tidak boleh membuat kekerasan.
  5. Tidak boleh minum minuman keras ataupun mengkonsumsi obat terlarang

Fungsi Pancasila terhadap Negara Kesatuan

fungsi pancasila
Fungsi pancasila

1. Pancasila sebagai dasar negara

Dasar negara ialah alas yang sebagai pijakan dimana menghadiahkan kekuatan suatu negara untuk berdiri. Pancasila, yang dikenal sebagai pijakan negara Indonesia ini andil paling penting bagi pembangunan bangsa Indonesia.

Fungsi pokok dari Pancasila tentunya sebagai Dasar Negara yang sebagai sumber dari segala sumber hukum yang mengerjakan Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk seluruh unsur di pada NKRI seperti pemerintah, tanah dan rakyat.

Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia yang memiliki keterlibatan kalau Pancasila terikat oleh suatu kekuatan secara hukum, terikat oleh struktur kekuasaan dengan cara formal, dan mencakup suasana kebatinan maupun cita-cita hukum yang menguasai dasar negara

Jadi, pancasila pada kedudukannya itu sebagai dasar pijakan penyelenggaraan negara dan sebagai segala segi dari kehidupan bangsa. terus dengan dijadikannya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, maka Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum yang berlaku di Indonesia.

2. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

Pandangan hidup ataupun trik pandang bangsa Indonesia itu wajib berpedoman, pedomannya dari mana? pasti dari Pancasila yang sebagai petunjuk kehidupan kita sehari-hari. Nilai-nilai yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila ini datang dari budaya masyarat bangsa kita sendiri.

Karena sebagai inti dari nilai-nilai budaya Indonesia, maka Pancasila bisa dikatakan sebagai cita-cita moral bangsa Indonesia. Nah terus si cita-cita moral ini yang menghadiahkan panduan ataupun kekuatan rohaniah kepada bangsa Indonesia agar tercapainya kesejahteraan lahir dan batin pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

3. Pancasila sebagai pandangan hidup

Setiap manusia di dunia pasti memiliki pandangan hidup. Pandangan hidup merupakan suatu wawasan menyeluruh kepada kehidupan yang tersusun dari kesatuan rangkaian nilai-nilai luhur. Pandangan hidup berfungsi sebagai panduan untuk mengerjakan hubungan manusia dengan sesama, kawasan dan mengerjakan hubungan manusia dengan Tuhannya.

4. Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia

Setiap bangsa pasti memiliki jiwanya masing-masing ataupun bahasa kerennya Volkgeish, yang artinya Jiwa Bangsa ataupun Jiwa Rakyat. berdasarkan Prof. Mr. A.G. Pringgodigdo, Pancasila itu telah terdapat sejak Bangsa Indonesia lahir. Inti dari funsi pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia ialah supaya Indonesia bertahan hidup pada jiwa Pancasila dimana ditemukan lima sila yang sebagai ciri khas bangsa Indonesia.

5. Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia

Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia berarti Pancasila lahir bersama dengan lahirnya Bangsa Indonesia dimana Pancasila ini mempunyai ciri khas yang cuma dimiliki oleh Indonesia. Pancasila ini dipakai sebagai panduan dan pegangan pada pembangunan bangsa dan Negara agar bisa berdiri kokoh.

Jadi pancasila ini sebagai bukti diri diri bangsa kita yang tentu terus melekat pada jiwa Bangsa Indonesia hingga sepanjang masa.

6. Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia

Pertama ketahui dulu apa itu ideologi,  Ideoligi datang dari kata “Idea” yang berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita – cita dan logos yang berarti “ilmu”. Jadi Ideologi bisa diartikan sebagai Ilmu pengertian – pengertian dasar.

Kemudian tinggal pengertian pancasila sebagai ideologi bangsa, Pancasila ini hakekatnya suatu pemikiran Bangsa Indonesia diambil dari nilai-nilai adat-istiadat yang ditemukan pada pandangan hidup masyarakat kita.

7. Pancasila sebagai perjanjian luhur Bangsa Indonesia

Kamu paham kan apabila saat Bangsa Indonesia terhadap saat membuat proklamasi kemerdekaan Indonesia dulu belum memiliki UUD Negara yang tertulis. Nah untuk mengatasi hal itu PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) sebagai badan zona perwakilan rakyat Indonesia terhadap tanggal 18 Agustus 1945

mengesahkan pembukaan dan batang tubuh UUD1945 yang berdasar terhadap Pancasila. Jadi, Pancasila ini ialah hasil perjanjian bersama rakyat untuk selamanya (kesepakatan nasional).

8. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum

Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum berarti Pancasila mengerjakan semua hukum yang berlaku di Indonesia. Segala peraturan perundangan yang terdapat di Indonesai wajib bersumber dan tidak bertentangan dengan Pancasila.

Pancasila itu tercantum pada ketentuan tertinggi yakni pada Pembukaan UUD 1945 yang dijabarkan lebih terus dari UUD 1945 dan hukum positif lainnya. Jadi setiap sila-sila yang terdapat di Pancasila merupakan nilai dasarnya, terus hukum sebagai fragmental ataupun penjabaran dari sila Pancasilanya.

9. Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan Bangsa Indonesia

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pancasila telah jelas termuat di pembukaan UUD 1945. Jadi Cita- cita dan tujuan yang tentu dicapai bangsa Indonesia yakni masyarakat betul dan makmur yang merata secara materil dan spiritual yang berlandaskan Pancasila.

10. Pancasila sebagai falsafah hidup Bangsa

Pancasila ialah media yang manjur untuk mempersatukan Bangsa Indonesia. Karena Pancasila merupakan palsafah hidup dan kepribadian Bangsa Indonesia yang memuat nilai-nilai dan norma-norma yang oleh Bangsa Indonesia diyakini paling benar, adil, bijaksana dan benar bagi Bangsa Indonesia untuk mempersatukan Rakyat Indonesia

Isi Teks Pancasila

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebjaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Makna Pancasila Bagi Negara Kesatuan

fungsi pancasila
Makna pancasila

Makna dari pancasila yakni esensi nilai-nilai pancasila yang yang memiliki fungsi sebagai inspirasi, pedoman dan panduan perilaku dengan segenap masyarakat yang ada di Indonesia pada kehidupan berbangsa serta bernegara. Di sini kita bisa pahami bahwa makna pancasila meliputi arti nilai yang sebagai panduan hidup dan kehidupan, khususnya kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pemaparan singkat di terhadap telah menjelaskan bahwa pancasila tidak sekadar simbol dan lambang. Pancasila merupakan nilai, lebih dari itu, esensi nilai yang mempunyai makna. Sebagai sebuah entitas yang sebagai dasar negara, pancasila andil penting bagi bangsa Indonesia. Peranannya tak sekadar simbolik, melainkan esensial.

Apa saja makna pancasila, tentu saya jelaskan secara berurutan dimulai dari sila yang pertama. perincian berurutan dilakukan dalam rangka menjelaskan secara sistematis materi ini supaya yang membaca lebih mudah memahami. Berikut ini paparannya:

Makna sila Ketuhanan Yang Maha Esa

Pengakuan eksistensi Tuhan Yang Maha Esa Negara mengakui keberadaan kepercayaan yang berketuhanan dan membebaskan penduduk untuk menunjuk agamanya. Negara menjamin penduduk untuk beribadah sesuai agamanya masing-masing. Kehidupan sosial berlangsung dengan terjaganya kehidupan beragama. Toleransi antara pemeluk kepercayaan terjaga Negara hadir saat timbul konflik antar agama.

Makna sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Setiap manusia Indonesia mengakui dan menghormati adanya martabat manusia lain. Memanusiakan manusia dan menatap manusia beda sebagai makhluk Tuhan. Menjunjung tinggi prinsip keadilan pada berkaitan dengan manusia lain. Menerapkan perilaku yang beradab. Menjaga tata krama dan sopan santun dalam berkaitan sosial.

Makna sila Persatuan Indonesia

Setiap manusia indonesia cinta tanah airnya. mempunyai jiwa nasionalisme dan patriotism. Bersikap dan berbuat dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Antirasis dan antidiskriminasi. Menjunjung tinggi rasa persaudaraan se-tanah air. Kemanapun kaki melangkah, dimana-mana tubuh berada, jiwanya tetap merah-putih.

Makna sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

Bersikap pro-dialog, pro-musyawarah, pro-demokrasi. Antikekerasan dalam menyelesaikan masalah ataupun konflik. Mengambil keputusan dengan musaywarah mufakat. Selalu mengambil kebijaksanaan di terhadap persengketaan ataupun perbedaan pendapat. Musyawarah dilandasi dengan kejujuran bersama

Makna sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Pemerataan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia. Kebijakan berorientasi terhadap pengurangan kesenjangan masyarakat. Redistribusi kekayaan secara betul kepada masyarakat banyak. Negara berpihak terhadap mayoritas rakyat jelata yang lemah. Negara melindungi setiap warga negara untuk mendapat penghidupan yang layak.

Kesimpulan dari Fungsi Pancasila

Pancasila selain sebagai dasar negara Indonesia ini juga mempunyai fungsi dan peranan yang leluasa pada kehidupan bermasyarakat, bangsa dan negara. Fungsi Pancasila ini terus berkembang karena Pancasila ialah ideologi yang terbuka dan bisa dipakai tiap masa asal tidak memberontak dari nilai-nilai yang terdapat pada Pancasila.

Fungsi pokok Pancasila yang terpapar terhadap Pembukaan UUD NKRI Tahun 1945 hakikatnya merupakan pondasi ataupun dasar negara kita yang dijadikan sumber dari segala sumber hukum.

Demikian mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan kepada teman teman semua tentang fungsi pancasila, semoga bisa memberi manfaat dan menmabah wawasan pengetahuan kita tentang negara ini. Dan jangan lupa kunjungi artikel lain nya disini.

 

Leave a Comment