√ Fungsi Pankreas dan Beberapa Gangguan yang Dapat Terjadi

√ Fungsi Pankreas dan Beberapa Gangguan yang Dapat Terjadi

Fungsi Pankreas – Prankeas sangat penting bagi tubuh kita, iya memiliki fungsi yang sangat mempengaruhi terhadap kesehatan kita, maka dari itu jangan sampai kita meremehkan organ tubuh yang satu ini, karna jika kita meremehkan akibatnya bisa fatal. Dibawah ini akan saya bahas tentang fungsi prankeas bagi tubuh kita.

Pengertian Pankreas

fungsi pankreas
fungsi pankreas

Pankreas adalah organ aksesori dalam sistem pencernaan yang memiliki dua fungsi utama: memproduksi enzim pencernaan atau fungsi eksokrin dan memproduksi berbagai hormon atau fungsi endokrin. Pankreas terletak di kuadran kiri atas perut atau perut [1] dan kepala / kepala melekat pada organ duodenum. Produk enzimatik akan disalurkan dari pankreas ke duodenum melalui saluran pankreas utama.

Memahami Fungsi Pankreas

fungsi pankreas
fungsi pankreas

Pankreas berada di belakang rongga perut sepanjang 18-25 cm dan memiliki bentuk memanjang, menyerupai ikan. Fungsi pankreas dibagi menjadi dua, yaitu fungsi eksokrin dan endokrin. Berikut penjelasannya:

  • Fungsi eksokrin

Kelenjar eksokrin adalah kelenjar yang mengeluarkan produk melalui saluran, yang mengarah ke permukaan tubuh atau jaringan tubuh lainnya. Beberapa contohnya adalah kelenjar air liur, kelenjar keringat dan kelenjar pencernaan.
Seperti kelenjar eksokrin, pankreas menghasilkan enzim pencernaan yang disalurkan ke saluran pencernaan. Enzim itu memiliki fungsinya sendiri. Misalnya, enzim lipase untuk memecah lemak, chymotrypsin dan trypsin untuk mencerna protein, dan amylase untuk memecah karbohidrat.

  • Fungsi endokrin

Sedangkan kelenjar endokrin adalah kelenjar yang menyalurkan produknya ke aliran darah. Fungsi kelenjar endokrin di pankreas adalah melepaskan hormon, yaitu hormon insulin dan hormon glukagon. Kedua hormon berperan dalam pengaturan kadar glukosa atau gula darah.

Hormon insulin akan mengikat glukosa darah untuk diangkut ke berbagai jaringan dalam tubuh, sehingga dapat digunakan sebagai energi. Hormon insulin juga penting untuk hati, karena membantu hati menyerap glukosa dan menyimpannya sebagai glikogen. Glikogen bermanfaat sebagai cadangan energi ketika tubuh membutuhkan energi tambahan. Ketika glukosa darah terlalu rendah, hormon glukagon memecah glikogen di hati menjadi glukosa.

Anatomi Pankreas

fungsi pankreas
fungsi pankreas

Pankreas adalah organ berbentuk kerucut yang terletak di belakang perut. Sisi kanan pankreas, disebut kepala, adalah bagian terluas dari pankreas dan terletak di alur duodenum, bagian pertama dari usus kecil. Sisi kiri menyempit dan memanjang sedikit ke atas, disebut tubuh pankreas, dan berakhir di dekat limpa, yang disebut ekor pankreas.

Pankreas terdiri dari 2 jenis kelenjar:

  • Kelenjar eksokrin

Kelenjar eksokrin mengeluarkan enzim pencernaan. Enzim ini disekresikan ke dalam jaringan saluran yang menempel pada saluran pankreas utama.

  • Kelenjar endokrin

Kelenjar endokrin terdiri dari pulau Langerhans dan menghasilkan hormon ke dalam aliran darah.

Letak Pankreas

fungsi pankreas
fungsi pankreas

Pankreas normal memiliki panjang sekitar 12 sampai 15 cm dan beratnya sekitar 110 gram. Lokasi pankreas berada di belakang perut dan memanjang kurang lebih melalui dinding posterior perut; Ini memiliki duodenum di sebelah kanan dan limpa di sebelah kiri. Pankreas mempunyai kepala yang berada di lengkung duodenal, leher yang menghubungkan kepala dengan tubuh dan tubuh yang bergerak ke arah ekor yang menyentuh limpa.

Penyakit Pankreas yang Sering Terjadi

fungsi pankreas
fungsi pankreas

Pankreas yang sehat akan menghasilkan enzim dan hormon dalam jumlah dan waktu yang tepat ketika kita makan. Namun, pankreas yang memiliki kelainan tidak dapat menghasilkan enzim pencernaan secara optimal, sehingga penyerapan makanan juga terpengaruh.

Gangguan pankreas juga dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya. Berikut ini adalah beberapa jenis gangguan atau kerusakan pada pankreas, termasuk:

  • Diabetes tipe 1 dan tipe 2

    Pada diabetes tipe 2, tubuh tidak menggunakan insulin sebagaimana mestinya (tahan) dan meningkatkan gula darah. Pankreas juga kehilangan kemampuan untuk memproduksi dan melepaskan insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sementara pada diabetes tipe 1, sistem kekebalan menyerang sel-sel pankreas yang memproduksi insulin, sehingga pada orang dengan diabetes tipe 1 dibutuhkan insulin seumur hidup.

  • Pankreatitis

    Penyebab utama penyakit ini masih belum diketahui, tetapi masalah batu empedu dan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dapat menjadi salah satu pemicunya. Pada pankreatitis, pankreas menjadi meradang dan rusak karena zat pencernaan yang dihasilkannya. Pankreatitis dapat menyebabkan kematian jaringan di pankreas.

  • Fibrosis kistik

    Cystic fibrosis disebabkan oleh kelainan genetik yang menyebabkan kelainan pada pankreas dan paru-paru. Kondisi ini dapat menyebabkan diabetes atau masalah pencernaan.

  • Kanker pankreas

    Dapat dikatakan bahwa kanker pankreas adalah penyakit yang bisu dan mematikan, karena gejala awalnya sedikit dan bahkan tidak terlihat. Di pankreas ada beberapa jenis sel dari jenis yang berbeda, dan masing-masing memiliki potensi untuk menjadi ganas. Kanker berkembang yang paling umum adalah sel-sel yang ditemukan di saluran pankreas.

  • Pseudokista pankreas

    Setelah serangan pankreatitis, rongga berisi cairan yang disebut pseudokista dapat terbentuk. Kondisi ini dapat diatasi dengan melakukan operasi drainase, tetapi pada beberapa pasien dapat sembuh sendiri.

Cara Mengobati Pankreas

fungsi pankreas
Mengobati pankreas

Untuk menghindari beberapa penyakit di atas, Anda harus menjaga kesehatan pankreas. Cara sederhana untuk melakukannya adalah mengubah gaya hidup yang dijalani. Ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, olahraga teratur dan menjaga berat badan ideal.

Selain itu, hindari merokok dan kurangi konsumsi minuman beralkohol, atau bahkan berhenti sama sekali. Merokok dan minum minuman beralkohol secara berlebihan dapat merusak fungsi dan kesehatan pankreas. Namun, jika Anda telah mengalami gangguan fungsi pankreas, Anda dapat melakukan perawatan sesuai dengan gangguan yang dialami, yang meliputi:

  • Injeksi insulin

    Suntikan insulin ini biasanya diberikan kepada penderita diabetes tipe 1, atau pada diabetes tipe 2 yang tidak dapat diobati dengan obat-obatan. Intinya adalah mengurangi kadar gula darah.

  • Pemberian enzim

    Pemberian enzim pankreas diberikan kepada mereka yang mengalami fibrosis kistik. Pemberian enzim biasanya dilakukan melalui suplemen enzim.

  • Drainase

    Drainase dilakukan pada pasien dengan pseudokista dengan memasukkan jarum dan selang ke dalam pseudokista melalui kulit, kemudian selang terhubung ke rongga perut atau usus. Ini untuk mengangkat atau mengeringkan kista.

  • Reseksi kanker pankreas

    Operasi ini dilakukan dengan mengeluarkan kantong empedu, bagian dari kepala pankreas dan pangkal usus kecil.

  • Operasi pseudokista

    Operasi pseudokista dapat dilakukan dengan laparotomi atau laparoskopi. Laparotomi adalah operasi dengan sayatan vertikal panjang di perut. Laparoskopi adalah operasi melalui beberapa sayatan kecil, menggunakan alat seperti teropong dengan kamera. Kedua teknik bedah dilakukan untuk menghilangkan pseudokista.

  • Transplantasi sel pulau

    Transplantasi ini masih dalam penyelidikan dan dilakukan untuk menyembuhkan diabetes tipe 1. Transplantasi dilakukan dengan mengeluarkan sel-sel dari pulau pasien dan diganti dengan sel pulau donor pankreas.

  • Transplantasi pankreas

    Transplantasi ini dilakukan pada pasien dengan cystic fibrosis dan diabetes, menggunakan pankreas bukan donor.

Fungsi pankreas

Leave a Comment