7 Fungsi PETA | Pengertian, Jenis dan Syarat Membuat nya (Lengkap)

7 Fungsi PETA | Pengertian, Jenis dan Syarat Membuat nya (Lengkap)

Fungsi Peta – Tentu peta bukanlah sesuatu benda yang asing bagi kita, sejak SD kita telah di perkenalkan dengan benda yang namanaya atlas. Tapi apakah masih ingat apa itu peta dan fungsi nya apa? mari kita mengingat masa lalu dengan artikel ini yang akan membahas fungsi peta.

Pengertian Peta Secara Umum

fungsi peta
Pengertian peta

Peta merupakan gambaran permukaan bumi terhadap bidang permukaan dengan skala tertentu menggunakan suatu sistem proyeksi. ataupun peta merupakan gambaran suatu permukaan bumi terhadap bidang permukaan dan diperkecil dengan menggunakan skala.

Peta bisa disajikan pada bermacam trik yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta datang dari bahasa Yunani mappa yang berarti taplak ataupun kain akhir meja.

Akan tetapi secara lazim pengertian peta merupakan lembaran seluruh ataupun sebagian permukaan bumi terhadap bidang permukaan yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu. Sebuah peta merupakan representasi 2 dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta dikatakan kartografi.

Banyak peta memiliki skala, yang menentukan seberapa besar objek terhadap peta pada keadaan yang sebenarnya. Kumpulan dari beberapa peta dikatakan atlas.

Jenis-Jenis Peta

fungsi peta
Jenis peta

Berdasarkan Isi data yang disajikan

Peta Umum
Peta yang menggambarkan permukaan bumi secara umum. Peta umum ini memuat semua penampakan yang ditemukan pada suatu daerah, baik kenampakan alam ataupun kenampakan sosial budaya.
Peta umum dikelompokan lagi sebagai 3, yaitu:

  1. Peta topografi – Peta topografi yakni peta yang menggamabrkan bentuk tinggi rendahnya permukaan bumi. pada peta topografi dipakai garis kontur, yakni garis yang menghubungkan tempat-tempat yang memiliki ketinggian sama.
  2. Peta Chorografi – Peta chorografi merupakan peta yg menggambarkan seluruh maupun sebagian permukaan bumi dengan ukuran skala lebih kecil antara 1:250.000 hingga 1:1000.000.
    Menggambarkan daerah yang luas, contohnya propinsi, Negara bahkan dunia. pada peta chorografi juga digambarkan semua kenampakan yang terdapat terhadap suatu tanah diantaranya gunung, sungai, danau, jalan batas wilayah, kota dll. Atlas merupakan salah satu kumulan peta chorografi.
  3. Peta dunia ataupun geografi – yakni peta umum yang berskala paling kecil dengan cakupan tanah yang paling luas.

Peta khusus (peta tematik)
Peta Tematik merupakan yang menggambarkan informasi dengan tema tertentu/khusus. Misalnya,peta geologi, peta penggunaan lahan, peta persebaran objek wisata, peta politik, penduduk, peta kepadatan dan sebagainya.

Peta berdasarkan sumbernya (data)

  1. Peta turunan (derived map) yakni peta yang dibuat berlandaskan terhadap anutan peta yang telah ada, sehingga tidak memerlukan survei langsung ke lapangan.
  2. Peta induk yakni peta yang dihasilkan dari survei langsung di lapangan.

Peta berdasarkan bentuk/simetrisnya

  1. Peta permukaan ataupun peta 2 dimensi, ataupun peta biasa, ataupun peta planimetri yakni peta yang berbentuk permukaan dan pembuatannya terhadap bidang permukaan seperti kain. Peta ini digambarkan menggunakan perbedaan warna ataupun simbol dan lainnya.
  2. Peta timbul ataupun peta tiga dimensi ataupun peta stereometri, yakni peta yang dibuat nyaris sama dan bahkan sama dengan keadaan sesungguhnya di muka bumi. Pembuatan peta yg timbul dengan menggunakan bayangan 3 dimensi sehingga bentuk–bentuk muka bumi tampak seperti aslinya.
  3. Peta digital, ialah peta hasil pengolahan data digital yang tersimpan pada komputer. Peta ini bisa disimpan pada disket ataupun CD-ROM. Contoh: gambaran satelit, foto udara.
  4. Peta garis, yakni peta yang menyajikan data alam dan ketampakan buatan manusia pada bentuk titik, garis, dan luasan.
  5. Peta foto, yakni peta yang dihasilkan dari mozaik foto angin yang dilengkapi dengan garis kontur, nama, dan legenda.

Peta berdasarkan tingkat skalanya/kedetailannya

  1. Peta Skala Besar merupakan Peta yg berskala 1:100 – 1:250.000
  2. Peta skala sedang merupakan peta yg berskala 1:250.000 – 1:500.000
  3. Peta skala kecil merupakan peta yg berskala 1:500.000 – 1:1.000.000

Fungsi Peta Secara Umum

fungsi peta
fungsi peta

Fungsi peta antara lain sebagai berikut:

  1. Menunjukkan lokasi suatu tempatatau ketampakan alam di permukaan bumi.
  2. Memberikan gambaran mengenai luas dan bentuk ketampakan alam di permukaan bumi.
  3. Menunjukkan ketinggian tempat.
  4. Menentukan arah dan j arak berbagai tempat.
  5. Menyajikan persebaran gejala sosial.
  6. Untuk perenca naan wilayah.
  7. Untuk kegiatan penelitian.

Tujuan Pembuatan Peta

fungsi peta
Tujuan pembuatan peta

 

  1. membantu suatu pekerjaan, misalnya untuk konstruksi jalan, navigasi, atau perencanaan,
  2. analisis data spasial, misalnya perhitungan volume,
  3. menyimpan informasi,
  4. membantu dalam pembuatan suatu desain, misal desain jalan, dan
  5. komunikasi informasi ruang.

Syarat Pembuatan Peta

fungsi peta
Syarat pembuatan peta

Peta juga bisa dikatakan baik jika dapat dibaca serta dimengerti dengan mudah oleh penggunanya. supaya mudah dimengerri, peta harus memenuhi beberapa persyaratan dalam peraturan pembuatannya, yaitu sebagai berikut.

  1. Peta wajib sama bentuk ( conform), yakni peta yang tergambar walaupun kecil wajib sebangun dengan keadaan sesungguhnya. Orang yang menjadikan peta tidak boleh mengubah bangun­ bangun yang ada.
  2. Peta wajib sama jarak ( equidistant ), yakni perbandingan jarak terhadap peta wajib sama ataupun sesuai dengan jarak yang sebenamya.
  3. Peta wajib sama leluasa ( equivalent ), yakni perbandingan leluasa daerah terhadap peta wajib sama ataupun sesuai dengan leluasa yang sesungguhnya dilapangan.
  4. Peta mempunyai petunjuk arah yang benar sehingga menggampangkan bagi pengguna dalam memanfaatkannya.
  5. Informasi yang tergambar terhadap peta tidak membingungkan
  6. Penyajian data-data terhadap peta wajib rapi, lengkap, dan teliti.

Demikian itu yang bisa saya bagikan keteman-teman semua, semoga bisa menjadi manfaat dan bisa menambah pengetahuan kita semua. Dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lain nya Fungsi Peta

Leave a Comment