8 + Fungsi Rangka & Struktur pada Manusia | Organ Tubuh (Lengkap)

8 + Fungsi Rangka & Struktur pada Manusia | Organ Tubuh (Lengkap)

Fungsi Rangka – Tubuh kita berbentuk dengan seindah mungkin, seperti yang kita rasakan hingga saat ini. Itu lah yang merupakan fungsi dari rangka itu sendiri. Namun ada lagi fungsi nya, nah di artikel ini akan saya bahas 8 fungsi rangka pada manusia.

Pengertian Sistem Rangka Manusia

fungsi rangka
Pengertian fungsi rangka manusia

Dalam sistem rangka pada manusia merupakan sistem yg mempunyai fungsi untuk menyimpan bahan mineral, zona pembentukan sel darah, zona melekatnya otot rangka, melindungi tubuh yg lunak serta menunjang tubuh.

tersusun dari tengkorak, tulang rusuk, tulang belakang, rangka penopang tulang bahu, rangka penopang tulang pinggul, tulang angota badan terhadap dan bawah. Tulang-tulang pada tubuh membentuk sistem rangka. terus sistem rangka ini bersama-sama menyusun kerangka tubuh.

Sistem rangka membentuk dasar dari tubuh manusia. Semua organ-organ, daging, darah, otot, cair dan angin semua terkandung dalam tubuh dan mempunyai kestabilan dan kekuatan tertentu karena tulang. The 206 tulang pada tubuh membentuk sistem rangka. Tulang-tulang ini didukung oleh sumsum tulang, yang dihasilkan oleh bentuk tenaga paling murni di dalam tubuh.

Fungsi Rangka Manusia

fungsi rangka
fungsi rangka

1. Menegakkan tubuh dan memberikan bentuk tubuh

Adanya fungsi rangka ini memberikan bentuk tubuh serta mampu menegakkan tubuh terhadap seseorang. Beberapa tatanan tulang yang terdapat pada tubuh manusia seperti tulang terhadap kaki dan tulang belakang, mempunyai fungsi untuk menegakkan tubuh. Tinggi dan rendahnya postur seseorang bergantung terhadap rangka ini.

Tatanan tulang-tulang tengkorak dan tulang terhadap bagian depan memberikan fungsi untuk membentuk tubuh manusia. Dari fungsi rangka ini paling bergantung terhadap bentuk rupa seseorang. terhadap tangan, kaki, dada dan lainnya mempunyai fungsi rangka yang berbeda-beda.

2. Pelindung alat tubuh

Rangka tubuh manusia yang ialah tatanan tulang merupakan bagian tubuh yang paling keras. Maka dari itu fungsi rangka juga bisa melindungi organ-organ yang terdapat pada tubuh manusia. Rangka ini tentu melindungi alat-alat tubuh yang bersifat lunak dan penting.

Seperti rangka terhadap dada mempunyai fungsi untuk melindungi paru-paru dan jantung, rangka terhadap kepala untuk melindungi otak, bola mata, hidung, dan saluran pernafasan bagian atas. Tulang pinggul melindungi organ media pencernaan dan media reproduksi bagian dalam.

3. Tempat Melekatkan Otot – Otot

Perlu anda ketahui sobat, bahwasanya tanpa adanya rangka, maka otot – otot rangka tidak tentu memiliki zona untuk melekat. contohnya saja, otot bisep yang terletak terhadap lengan, pucuk atsanya melekat terhadap tulang belkat dan tulang lengan atas, sedangkan pucuk bawahnya melekat terhadap tulang pengumpil.

4. zona Pembuatan Sel – Sel Darah Merah

Rangka terhadap tubuh manusia juga ikut serta sebagai zona pembentukan komponen darah seperti halnya sel – sel darah merah dan sel darah putih. Pembentukan sel seperti ini ditemukan terhadap tulag pipa dan tulang paha yang terdapat pada tubuh manusia.

5. zona Sum – Sum Kuning

Fungsi rangka pada tubuh manusia yang lainnya merupakan sebagai zona pembentukan sum – sum kuning yang memuat sel lemak, yang umumnya ditemukan terhadap tulang pipa paha

6. Sebagai media Gerak

Yang tidak kalah penting dari kesemua fungsi rangka tersebut merupakan sebagai media gerak. Manusia tidak tentu bisa bergerak dan bebas membuat aktiviatsnya tanpa adanya rangka ini.

7. Menyimpan Mineral

Ada antara 62% matriks tulang yang tersusun dari garam anorganik terutama kalsium fospat dan kalsium karbonat. Dan terdapat antara 99% kalsium terdapat pada rangka tubuh. Rangka tubuh yang tersusun dari tulang-tulang ini sebagai zona menyimpan kalsium dan fosfor. Kalsium berfungsi sebagai kontaksi otot dan pembekuan darah. Fosfor berfungsi sebagai pembentukan ATP.

8. Sebagai Fungsi Imunologis

Fungsi rangka ini sebagai zona menimbulkan sel-sel imunitas ataupun kekebalan tubuh yang terdapat pada sumsum tulang

Bagian Rangka Manusia

fungsi rangka
Bagian rangka pada manusia

Secara garis besar, rangka (skeleton) terhadap manusia dibagi menjadi 2 , yakni rangka aksial (tumbu tubuh) dan rangka apendikuler (anggota tubuh).

1. Rangka Aksial

Rangka aksral tersusun dari tulang belakang (vertebra), tulang tengkorak, dan tulang rusuk.

  • Tengkorak
    Tengkorak berfungsi melindungi otak. Hubungan tulang yang ditemukan terhadap tempurung kepala bersifat suture, yakni tidak bisa digerakkan.
  • Tulang Belakang
    Pada tulang belakang terjadi pelengkungan – pelengkungan yang berfungsi untuk menyangga berat dan memungkinkan manusia membuat bermacam jenis posisi dan gerakar contohnya berdiri, duduk, ataupun berlari.
  • Hioid
    Hioid ialah tulang yang berbentuk huruf U, ditemukan di antara laring dan mandibula.
    Hioid berfungsi sebagai zona pelekatan beberapa otot mulut dan lidah.
  • Tulang dada dan tulang rusuk
    Tulang dada dan tulang rusuk bersamaan membentuk perisai pelindung bagi organ – organ penting yang ditemukan di dada, yakni paru – paru dan jantung. Tulang rusuk juga berkaitan dengan tulang belakang.

2. Rangka apendikuler

Rangka apendikuler tersusun terhadap pinggul, bahu, telapak tangan, tulang-tulang lengan, tungkai, dan telapak kaki. Secara lazim rangka apendikuler menyusun media gerak, yakni tangan dan kaki yang dibedakan terhadap rangka bagian atas dan rangka bagian bawah.
Tulang rangka apendikuler bagian atas tersusun terhadap beberapa tulang sebagai berikut:

  • Tulang Selangka
    Tulang selangka ataupun tulang leher membentuk bagian depan bahu.
  • Tulang Belikat
    Tulang belikat ditemukan di atas sendi bahu dan ialah bagian pembentuk bahu.
  • Tulang Pangkal Lengan, Pengumpil, Hasta
    Tulang pangkal lengan bersama dengan tulang pengumpil dan tulang hasta menyusun media gerak, yakni tangan.
  • Tangan
    Tulang tangan tersusun terhadap tulang-tulang pergelangan tangan, telapak tangan, dan jari tangan. Tangan disusun oleh karpal skafoid, lunate, triquetrum, pisiform, trapesium, trapesoid, kapitatum, hamate. Telapak tangan (metakarpal) tersusun dari bagian dasar, batang, dan kepala. Jari tangan tersusun dari tiga ruas, kecuali ibu jari yang memiliki 2 ruas.
  • Kaki
    Tulang apendikuler bagian bawah tersusun terhadap beberapa tulang yang menyusun kaki (alat gerak bagian bawah). Kaki tersusun terhadap tulang kaki dan telapak kaki. Tulang kaki tersusun dengan tulang paha , tempurung lutut, tulang kering dan tulang betis. Pergelangan kaki disusun oleh tulang tumit, kalkaneus, talus, kuboid, navikular, kuneiformis, dan jari – jari.

Demikian yang bisa saya bagikan kepada teman teman semua, semoga bisa memberi manfaat dan menambah wawasan kita tentang fungsi rangka.

Leave a Comment