(LENGKAP) Fungsi Lemak Serta Pengertian dan Sumber Lemak Manusia

(LENGKAP) Fungsi Lemak Serta Pengertian dan Sumber Lemak Manusia

Fungsi Lemak – Lemak memiliki banyak fungsi, mungkin bagi kita yang kurang memahami tentang lemak akan berfikiran negatif, bahwa sanya lemak itu hanya memkbuta orang gendut, berat badan bertamabh dll-nya, namun agar tidak salah persepsian tentang lemak saya akan membahasnya pada artikel ini tentang pengertian lemek, fungsi lemak, macam- macam lemak, sumber lemak.

Pengertian Lemak

pengertian lemak
Pengertian Lemak

Didalam tubuh makhluk hidup seperti manusia pasti mempunyai lemak. Pengertian lemak adalah salah satu sumber tenaga yang paling penting dibutuhkan khususnya manusia guna membuat kegiatan sehari-hari. Manusia memiliki tubuh yang membutuhkan ukuran lemak yang seimbang, hal ini untuk menjadikan supaya cadangan tenaga tetap ada.

Akan tetapi, apabila lemak yang ditemukan di pada tubuh melebihi batas normal maka tentu mengalami obesitas yang terhadap kesimpulannya tentu mengakibatkan bermacam jenis jenis penyakit. Oleh karena itu ukuran lemak yang terdapat pada darah yang berlebih haruslah untuk berolahraga, diet untuk membakar lemak yang terdapat di pada tubuh.

Pengertian lemak ialah suatu molekul yang tersusun atas oksigen, hidrogen, karbon, dan terkadang ditemukan nitrogen serta fosforus. Pengertian lemak tidak mudah untuk bisa hancur pada air. Untuk bisa melarutkan lemak, dibutuhkan pelarut khusus lemak seperti Chloroform.

Molekul lemak tersusun atas 4 bagian, celah beda 1 molekul gliserol serta 3 molekul asam lemak. Asam lemak tersusun atas rantai Hidrokarbon dan juga gugus Karboksil. Molekul gliserol memiliki 3 gugus Hidroksil serta terhadap tiap gugus hidroksil tersebut bisa berinteraksi dengan ggus karboksil asm lemak.

Jenis Lemak Baik

fungsi lemak
Fungsi lemak

Lemak baik pada biasanya ditemukan pada jenis lemak tidak jenuh. Jenis lemak tidak jenuh ini bisa ditemukan pada bentuk cair di temperatur ruang, seperti minyak zaitun, minyak kacang, dan minyak jagung. Asam lemak tidak jenuh bisa meningkatkan ukuran kolesterol baik pada darah, menurunkan peradangan,dan  menstabilkan ritme jantung.

Jenis-jenis lemak baik antara lain:

  • Asam lemak tak jenuh tunggal

Jenis lemak ini ditemukan terhadap bermacam makanan dan minyak, seperti alpukat, minyak zaitun, minyak kanola, dan kacang-kacangan, seperti kacang almond dan hazelnut. Asam lemak ini menopang mempertahankan ukuran kolesterol HDL dan menurunkan ukuran kolesterol LDL.

Riset menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan tinggi asam lemak tidak jenuh tunggal mampu meningkatkan ukuran kolesterol terhadap darah yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung. riset juga menunjukkan bahwa asam lemak ini bermanfaat untuk mengontrol ukuran insulin dan ukuran gula darah yang tentu menurunkan risiko penyakit diabetes melitus tipe 2.

  • Asam lemak tidak jenuh ganda

Jenis lemak ini banyak ditemukan di makanan yang ditanam, seperti buah-buahan dan sayuran, serta juga bisa ditemukan pada minyak sayur. Asam lemak ini menopang menurunkan ukuran kolesterol LDL. riset juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan tinggi asam lemak tidak jenuh ganda mampu meningkatkan ukuran kolesterol pada darah sehingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes melitus tipe 2.

Terdapat 2 jenis asam lemak tidak jenuh ganda, yakni asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6. Omega-3 dan omega-6 tidak bisa diproduksi oleh tubuh sehingga wajib didapatkan dari makanan. Asam lemak omega-3 bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Omega-3 bisa ditemukan pada bermacam jenis ikan, di antaranya terhadap ikan salmon, tuna, makerel, sarden, dan ikan hering. Sumber omega-3 lainnya, yakni minyak kanola, minyak kedelai, dan kacang-kacangan. Sedangkan, asam lemak omega-6 bisa ditemukan di beberapa kacang-kacangan dan minyak sayur, seperti minyak jagung.

Jenis Lemak Jahat

fungsi lemak
Fungsi Lemak

Lemak jahat bisa didapatkan tubuh dari jenis lemak jenuh dan lemak trans. Lemak yang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi ataupun memuat lemak trans ditemukan pada bentuk padat terhadap temperatur ruangan. Oleh sebab itu, mereka umumnya dikatakan dengan lemak padat. Sumber lemak ini ditemukan terhadap lemak daging, mentega, dan margarin.

Jenis lemak jahat yang wajib kita kurangi konsumsinya adalah:

  • Lemak jenuh

Lemak jenuh ditemukan terhadap makanan, seperti daging merah, ayam, produk susu, seperti keju dan es krim, santan, mentega, dan margarin. Lemak jenuh bisa meningkatkan ukuran kolesterol LDL. Jenis kolesterol macam inilah yang meningkatkan risiko penyakit jantung serta diabetes melitus tipe 2.

  • Lemak trans

Jenis lemak ini umumnya ditemukan pada jumlah sedikit terhadap makanan, seperti terhadap daging dan produk susu. Sebagian besar lemak trans bisa ditemukan pada makanan yang digoreng. Makanan yang menggunakan proses penggorengan memuat lemak trans karena minyak sayur yang dipakai untuk menggoreng mengalami proses hidrogenasi parsial yang menimbulkan lemak trans terhadap makanan tersebut.

Hidrogenasi parsial lemak trans bisa meningkatkan ukuran kolesterol LDL serta menurunkan ukuran kolesterol HDL. Oleh karena itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Lemak trans bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Asupan lemak trans direkomendasikan tidak lebih dari 2% tenaga yang didapat dari makanan.

Jika Anda hendak menurunkan risiko penyakit jantung, sebaiknya Anda mengurangi asupan lemak dan mengganti asupan lemak jenuh sebagai asupan lemak tidak jenuh. Ini bertujuan untuk menurunkan ukuran kolesterol jahat pada darah.

Fungsi Lemak Tehadap Manusia

fungsi lemak
Fungsi lemak

berlandaskan perincian di atas, bisa diketahui bahwa lemak terbagi sebagai lemak baik dan juga lemak jahat. Lemak yang bermanfaat bagi tubuh tentunya datang dari lemak baik, sedangkan lemak kejam sebaliknya bisa berbahaya bagi tubuh. Berikut merupakan fungsi lemak baik yang butuh Anda ketahui:

  • Sumber energi

Salah satu fungsi lemak merupakan sebagai sumber energi. Lebih-lebih beberapa jenis nutrisi lain pada tubuh diolah sebagai lemak dan disimpan pada tubuh sebagai cadangan energi. akan tetapi yang butuh diingat merupakan lemak tidak satu-satunya nutrisi yang sebagai sumber tenaga bagi tubuh.

Dibandingkan dengan lemak, sumber tenaga lainnya seperti karbohidrat dan lemak mempunyai kalori yang lebih rendah dibandingkan lemak. Jadi konsumsi lemak sebagai sumber tenaga juga wajib diseimbangkan dengan sumber tenaga lainnya.

  • Menopang penyerapan vitamin

Fungsi lemak yang kedua merupakan menopang penyerapan vitamin. Setiap gizi mempunyai sifat yang berbeda-beda. Beberapa gizi bisa hancur di tirta dan sebagian gizi lainnya tidak hancur di tirta tetapi bisa hancur di lemak. Beberapa gizi yang hancur di lemak celah lain seperti gizi A, D, E, dan K. Sehingga untuk menopang penyerapan gizi tersebut, kita membutuhkan asupan lemak yang cukup.

  • Melindungi bermacam organ

Fungsi lemak lainnya merupakan sebagai pelindung bermacam organ pada tubuh kita. Lemak yang berada di kulit mempunyai fungsi proteksi kulit dari sinar UV. kecuali itu, lemak ternyata tidak cuma berada di kulit saja, tetapi juga sebagai lapisan untuk bermacam organ pada tubuh, termasuk jantung, lambung, hingga otak.

Lemak juga menyelimuti jaringan saraf, jaringan pengangkut, dan juga tulang. kecuali sebagai perlindungan organ penting pada tubuh, lemak juga mempunyai peran pada setiap kerja organ. Fungsi lemak merupakan sebagai pelumas supaya organ bisa bergerak ataupun bekerja dengan lebih efektif.

  • Menjaga kehangatan tubuh

Fungsi lemak yang keempat merupakan untuk menjaga tubuh terhadap suhu yang rendah. Suhu yang semakin rendah pertama-tama tentu dirasakan rangsangannya terhadap kulit. sesudah kulit merasakan dingin, jaringan lemak yang terdapat di bwah kulit pun merespon dengan menimbulkan panas. Tujuannya merupakan untuk meningatkan suhu tubuh supaya normal kembali.

Namun, hal ini tidak bisa dijadikan patokan bahwa orang yang bertubuh gemuk ataupun yang dianggap mempunyai timbunan lemak lebih banyak di tubuh, bisa merespon suhu dingin dengan lebih baik. Respon ini juga bergantung terhadap kondisi tubuh masing-masing. Tetapi pada keadaan normal bisa dikatakan bahwa lemak memang menopang kita mengatasi suhu dingin.

  • Optimasi sistem pencernaan

Membantu sistem pencernaan untuk bisa bekerja lebih optimal juga ialah salah satu fungsi lemak. terdapat banyak sekali kerja lemak bagi sistem pencernaan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa lemak menopang penyerapan nutrisi. Selanjutnya lemak juga melindungi dan menopang organ seperti lambung dan organ lainnya supaya bisa bergerak lebih lancar.

Lemak juga menopang pencernaan berlangsung lebih berlama-lama bagi Anda yang juga hendak merasakan kenyang lebih lama. Selanjutnya lemak juga menopang proses pembuangan sisa makanan dengan trik melancarkan buang air besar.

  • Pembentukan sel tubuh

Salah satu komponen yang menyusun membran sel merupakan lemak. Sel yang sempurna merupakan sel yang timbul dengan komponen yang lengkap sehingga sel tersebut pun bisa bekerja dengan baik. Maka dari itu fungsi lemak pada pemeliharaan dan juga pembentukan sel yang baru pada tubuh sangatlah penting.

  • Produksi hormon

Selain sebagai komponen pembentuk sel, lemak juga mempunyai peran penting pada produksi hormon pada tubuh. Ketidakseimbangan hormon pada tubuh bisa mengakibatkan bermacam masalah dan juga gangguan bagi tubuh. Jadi, bisa dikatakan bahwa lemak mempunyai peran penting untuk menopang tubuh berfungsi dengan baik.

  • Baik untuk kesehatan rambut dan kulit

Fungsi lemak yang satu ini bersangkutan dengan fungsi lemak pada penyerapan vitamin. bermacam gizi yang dibantu penyerapannya oleh lemak tersebut mempunyai bermacam peran untuk tubuh, salah satunya merupakan untuk memelihara kesehatan rambut dan kulit.

  • Menurunkan berat badan

Terdapat beberapa metode diet yang mengharuskan Anda untuk mengonsumsi lemak lebih banyak seperti diet atkins, diet keto, hingga bulletproof diet. Hal ini menunjukkan bahwa salah satu fungsi lemak merupakan dapat menopang program diet Anda. Namun, diet tinggi lemak wajib diusahakan dengan hati-hati dan sesuai dengan aturannya supaya tidak berbahaya bagi tubuh.

Sumber Lemak

sumber lemak
Sumber Lemak

berlandaskan komposisi kimianya, lemak dibedakan sebagai tiga, yakni lemak sederhana, lemak campuran dan lemak asli. berdasakan hubungan kimianya, lemak dibagi 2 sebagai lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Sedangkan berdesarakan sumbernya, lemak dibagi sebagai 2 yakni lemak botani dan lemak hewani. Berikut ini bermacam jenis makanan yang memuat sumber lemak alami.

Sumber lemak nabati

  1. Buah Alpukat

Alpukat kaya tentu lemak tak jenuh tunggal dan buah berukuran sedang ini bisa berisi 22 gram lemak. Buah ini juga menyediakan 20 manfaat kesehatan penting, di antaranya meningkatkan nutrisi termasuk serat, kalium, gizi E dan B, serta asam folat.

Kecuali itu, alpukat masih mempunyai banyak khasiyat yang lain, yakni sifat anti-inflamasi, meningkatkan penyerapan nutrisi yang hancur pada lemak seperti beta karoten dan lutein, terus meningkatkan kandungan lemak lipid, juga menghambat dan menghancurkan sel-sel kanker mulut.

  1. Kacang kenari

Kenari cuma memberikan kenikmatan saat dikonsumsi, melainkan juga sumber nutrisi yang kaya lemak tak jenuh tunggal. Macam makanan seperti ini sudah direkomendasikan untuk mereka yang mempunyai masalah kardiovaskular dan bermanfaat sebagai sifat anti-kanker,

efek anti-inflamasi, serta sifat kesehatan otak . Untuk memperoleh manfaat dari kenari, Anda bisa mengonsumsinya pada salad ataupun hidangan sayuran dan buah-buahan.

  1. Kacang Kedelai

Kedelai memuat banyak zat bermanfaat, seperti sumber protein, lemak, vitamin, mineral,  juga ialah serat yang paling baik. Tak cuma itu, tatanan asam amino terhadap kedelai paling lengkap dan seimbang dibanding kacang lainnya.

Kandungan lemak terhadap kedelai aman bagi penderita kolesterol. Kedelai memuat lemak tidak jenuh yang tersusun dari lemak tidak jenuh tunggal dan lemak tidak jenuh ganda. Lemak terhadap kedelai berkhasiat mengurangi ukuran kolesterol dan trigliserida,

yaitu komponen- komponen lemak di pada darah yang berbahaya bagi kesehatan. Lemak terhadap kedelai juga bisa mencegah penyempitan pembuluh darah dan mencegah timbulnya pengerasan pembuluh darah.

  1. Kacang Macadamia

Macadamia ialah jenis tumbuhan kacang yang banyak hidup di daratan Australia. Minyak macadamia memuat lemak baik yang mampu menurunkan pada tubuh. Macadamia juga mempunyai kandngan omega 3 dan gizi E yang tinggi.

  1. Tumbuhan Laut

Asam lemak omega-3 juga bisa ditemukan terhadap tumbuhan laut seperti krill, alga, beberapa tanaman dan minyak kacang. Asam lemak omega-3 bisa menopang mengurangi kolesterol  jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes tipe 2.

  1. Mentega Shea

Shea (Vitellaria paradoxa) merupakan jenis tanaman yang tumbuh di Afrika. Bijinya bisa diekstrak untuk dimabil minyaknya dan dijadikan mentega yang tinggi kandungan gizi E dan A yang bisa berfungsi sebagai antioksidan.

  1. Minyak Salvia

Terdengar luar di Indonesia karena memang cuma tumbuh di daratan Meksiko dan Amerika Selatan. mempunyai bunga seperti lavender. Karena warna dan bentuknya yang unik, salvia  umumnya cuma dipakai sebagai tanaman hias. akan tetapi minyak astiri yang dihasilkan dari ekstraksi salvia ternyata tinggi kandungan omega 3.

  1. Minyak Biji Anggur

Minyak hasil ekstraksi biji anggur berdasarkan beberapa riset mampu menurunkan ukuran kolesterol jahat pada tubuh.

  1. Minyak Camalina

Camalina termasuk jenis sayuran seperti kol dan brokoli. Minyak yang dihasilkan mempunyai kandungan lemak yang baik, gizi E dan omega 3 yang tinggi. Bagus sebagai antioksidan.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa memuat asam laurat, yakni suatu asam lemak penting yang ditemukan  berlimpah terhadap tirta susu ibu. Kandungan ini mempunyai efek antivirus yang manjur kepada tubuh dan baik bagi tiroid, serta tidak meningkatkan kolesterol apabila dikonsumsi pada diet  kaya asam lemak esesial.

Sumber lemak hewani

  1. Minyak ikan

Banyak manfaat dari minyak ikan karena adanya asam lemak omega-3 esesial, seperti DHA dan EPA. asam lemak esensial yang berguna pada minyak ikan merupakan alfa-linolenat  dan gamma-linolenat. berdasarkan the American Heat Association, omega-3 efektif pada mengurangi insiden penyakit kardiovaskular. Ini merupakan salah satu argumen minyak ikan dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Minyak ikan sering dikenal sebagai anti-inflamasi yang efektif dan antidepresi alami, serta melindungi dari penyakit Alzheimer dan attention deficit hyperactivity disorder

(ADHD). Sementara itu, pastikan Anda memeroleh bentuk murni dari minyak ikan, artinya bebas zat merkuri dan kontaminan lainnya.

  1. Ikan Laut

Beberapa jenis ikan memuat lemak yang paling baik bagi kesehatan. Salmon, sarden, herring, makarel dan tuna merupakan jenis ikan yang memuat asam lemak omega-3. Lemak  terhadap ikan paling dibutuhkan untuk menopang pertumbuhan, kemajuan fungsi otak, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

  1. Daging

Daging ialah makanan yang kaya tentu sumber lemak. Daging sapi dianggap pilihan yang paling terkenal dari semua daging merah. Daging sapi tanpa lemak memuat 60  persen dari nilai kecukupan harian untuk protein cuma pada 100 gram. Namun, daging sapi memuat lemak jenuh yang tinggi dan dianggap meningkatkan risiko kanker.

  1. Telur

Selama ini telur dikenal sebagai sumber protein. Nyatanya, kecuali memuat protein, telur  juga memuat banyak lemak. Bagian telur yang memuat protein merupakan bagian putih telurnya, sedangkan yang memuat lemak merupakan kuning telur.

  1. Susu

Komposisi susu diantaranya tersusun atas air, bahan kering, lemak, bahan kering tanpa lemak,  protein, dan laktosa. Susu sapi mempunyai ukuran lemak 3,1%, protein 2,8%, bahan kering 11,2%, bahan kering tanpa lemak 8,1%. Sedangkan komposisi susu kambing tersusun atas ukuran lemak 6,34%, protein 4,97%, bahan kering 15,32%, bahan kering tanpa lemak 8,97%.

Berdasarkan hasil komposisi tersebut, bisa disimpulkan bahwa bahan kering, ukuran lemak, dan protein susu kambing lebih tinggi dari terhadap susu sapi.  Nah, itulah beberapa jenis sumber lemak botani dan lemak hewani yang bisa dikonsumsi pada enu sehari-hari. Tapi ingat, konsumsi lemak berlebihan bisa berakibat naif bagi kesehatan Anda. biasanya kebutuhan lemak tubuh berkisar celah 0,5-1 gram lemak per 1kg berat badan per hari.

Mungkin hanya itu yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawan teman teman. Jangan lupa kunjungi juga artikel lain nya disini

Fungsi Lemak

Leave a Comment