Fungsi Gelas Ukur : Pengertian, Macam Macam, Cara Menggunakan nya

Fungsi Gelas Ukur : Pengertian, Macam Macam, Cara Menggunakan nya

 

Fungsi Gelas Ukur – gelas itu tempat air, tempat minuman, semua orang sudah tahu gelas itu tempat minum. Namun di sini yang kita akan bahas bukan lah gelas air minum, namun gelas yang di gunakan oleh seorang kimiawan, seorang dokter dll. nya yang hubungan nya dengan bahan kimia. gelas yang menentukan kadar kimia yang akan kita campurkan dengan bahan kimia yang lain. lebih jelas nya kita langsung simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Gelas Ukur

fungsi gelas ukur
Fungsi gelas ukur

Fungsi gelas ukur merupakan menjadi alat ukur volume cairan yang bukan memerlukan ketelitian yang tinggi, contohnya pereaksi/reagen buat analisis kimia kualitatif ataupun buat pembuatan campuran standar sekunder dalam analisis titrimetri/volumetri. ditemukan bermacam kadar gelas ukur ini, mulai dari 5 mL sampai dua Liter.

Gelas ukur ialah suatu alat yang di gunakan buat mengukur volume campuran yang bentuknya seperti corong atau gelas yang memiliki kadar volume mililiter yang berfariasi. Gelas ukur yang di buat dari bahan polypropylene yang memiliki ketahanan kimia yang baik ataupun polymethylpentene buat transparansi.

Hal itu menjadikan gelas sebagai lebih ringan akan tetapi lebih ringkih dari kaca, maka bukan boleh dipakai buat mengukur larutan/pelarut pada kondisi panas. Perhatikan meniscus dalam ketika pembacaan skala.

Perbedaan gelas ukur dan gelas kimia adalah, Gelas ukur menjadi alat ukur sedangkan gelas kimia merupakan alat tampung. Penggunaan secara sahih kedua gelas kimia ini tentu paling menopang kamu di laboratorium.

Gelas Ukur Kaca

fungsi gelas ukur
Fungsi gelas ukur kaca

Gelas ukur kaca adalah gelas ukur yang bahan-nya terbuat dari kaca dengan tujuan agar gelas ini bisa nahan cairan yang yang memiliki suhu drajat tinggi. Gelas ini memiliki berbagai macam ukuran dari ukuran dari 10 cc, 25 cc, 50 cc, 100 cc, 250 cc, 500 cc

Gelas Ukur Pelastik

fungsi gelas ukur
Fungsi gelas ukur

Gelas ukur plastik merupkan gelas ukur yang bahan nya terbuat dari plastik dengan tujuan agar gelas tersebut tidak muda pecah sehingga elastis dibawa kemana-mana. gelas ini memiliki berbagai macam ukuran dari ukuran Ukuran Harga 25 cc (Jerman), 50 cc (Jerman), 100 cc (Jerman), 1.000 cc / 1 liter, 2.000 cc / 2 liter, 3.000 cc / 3 liter, 5.000 cc / 5 liter

Skala Gelas Ukur Pada Umu- nya

fungsi gelas ukur
Fungsi gelas ukur

Buat akurasi volume dalam gelas ukur digambarkan dalam skala dengan 3 angka signifikan: silinder 100mL mempunyai gradasi 1ml sedangkan silinder 10mL mempunyai gradasi 0,1mL. Terdapat 2 kelas akurasi buat gelas ukur. Kelas A mempunyai akurasi 2 kali akurasi kelas B. Gelas ukur dapat mempunyai skala tunggal ataupun ganda.

Skala tunggal memungkinkan buat membaca volume dari atas ke bawah (mengisi volume) fana silinder skala ganda memungkinkan pembacaan buat pengisian dan penuangan (skala terbalik). Kalibrasi gelas ukur menyimpan dua, yaitu:

“untuk menampung” (bahasa Inggris: to contain) (menunjukkan volume cairan di pada gelas ukur) dan ditandai menjadi “TC”, atau “untuk memindahkan” (bahasa Inggris: to deliver) (menunjukkan volume cairan yang dituang, dengan menghitung residu cairan yang tertinggal di silinder) dan diberi tanda “TD”.

Dahulu toleransi “untuk memindahkan” dan “untuk menampung” berbeda; akan tetapi sekarang sudah dianggap sama. kecuali itu, ikon internasional “IN” dan “EX” condong lebih digunakan, tidak “TC” dan “TD”

Cara Menggunakan Gelas Ukur

fungsi gelas ukur
Fungsi gelas ukur

buat membaca volume dengan hasil yg akurat, pengamatan harus diusahakan sejajar dengan kedua mata dan pembacaan diusahakan dalam meniskus bawah cairan. Contohnya, dalam gambar di poin bawah halaman, sebuah gelas ukur 100mL dipakai buat mengukur cairan. Silinder tersebut mengandung cairan dengan volume 60mL.

Alasan primer mengapa pembacaan volume diusahakan menggunakan meniskus merupakan lantaran keadaan alami cairan yang berada di pada ruang tertutup. Secara alami, cairan dalam gelas tentu tertarik ke dinding di sekitarnya efek gaya molekular.

Hal ini tentu memaksa datar cairan buat mekar baik cembung ataupun cekung, bergantung dalam spesies cairan dalam gelas ukur tersebut. Pembacaan cairan dalam poin bawah cekung ataupun poin atas cembung dalam cairan sebanding dengan pembacaan cairan dalam meniskusnya.

Dari gambar, ketinggian cairan mampu dibaca dalam poin bawah meniskus, lantaran bentuk cairan yang cekung. Pembacaan yang sangat seksama yang dapat diusahakan di sini berkurang hingga 1 mL lantaran pengertian pengukuran yang diberikan dalam gelas ukur tersebut. Dari hal ini, kesalahan yang terbaca tentu sebagai sepersepuluh dari angka terkecil.

Misalnya, apabila pembacaan diusahakan dan nilai yang terukur sebesar 36,5 mL. Galat, tambah ataupun kurang dari 0,1 mL, harus disertakan pula. Oleh lantaran itu, nilai yang lebih benar serupa dengan 36.5 ± {\displaystyle \pm } {\displaystyle \pm } 0.1; 36.4 ataupun 36.6 mL. Karenanya, ditemukan 3 angka signifikan yang mampu terbaca dari pengukuran gelas ukur tersebut.

Fungsi Gelas Ukur

Leave a Comment