√ Contoh Susunan Acara Pernikahan yang Komplit dan (Lengkap)

√ Contoh Susunan Acara Pernikahan yang Komplit dan (Lengkap)

Susunan acara pernikahan – Setelah membuat persiapan selama berbulan-bulan, hari yang paling ditunggu untuk kedua mempelai telah tiba. Ini adalah hari pernikahan, di mana dua kekasih bersumpah di depan kepala mereka dan menyaksikan pernikahan. Setelah persetujuan diselesaikan, keduanya secara hukum adalah suami dan istri. Hanya dengan demikian resepsi pernikahan akan dimulai.

Itu adalah deskripsi pernikahan, tetapi tidak semuanya akan bekerja tanpa persiapan yang matang. Salah satu faktor penentu pernikahan yang sukses dari awal hingga akhir adalah pengaturan pernikahan itu sendiri, serangkaian acara terprogram dan sistematis yang digunakan oleh MC untuk memastikan bahwa pernikahan pengantin pria dan wanita berkembang dengan lancar dan menarik baik dari segi waktu dan konten.

Nah, kali ini, kita akan membahas apa pengaturan yang baik untuk kontrak pernikahan dan pernikahan.
Program ini hanya dilakukan selama satu hari atau satu hari H. Jika ada upacara tradisional, tata letak program harus sesuai dengan adat dan tradisi setempat. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat informasi berikut.

Susunan Acara Akad Nikah

susunan acara pernikahan
susunan acara pernikahan

Menunggu akhir berkah yang dikatakan ijab qobul itu sangat mendebarkan tetapi menyenangkan. Nah, acara ini harus diatur dan dipersiapkan dengan sempurna sebelumnya. Susunan acara yang biasanya ada dalam upacara pernikahan adalah:

  1. Final chaking, di mana sebelum program dimulai, semua kelompok, baik calon dan pacar, akan memastikan mereka siap dan siap untuk memulai acara. Keluarga calon pengantin wanita ada di ruangan itu untuk menerima kedatangan keluarga besar calon pengantin pria.
  2. Acara pertama dimulai pada upacara pernikahan dan MC membuka acara (Acara Pembukaan).
  3. Kemudian masuk ke Pertemuan Selamat Datang, di mana sekelompok calon pengantin memasuki ruangan akad nikah.
  4. Acara sambutan dari perwakilan keluarga calon pengantin pria untuk keluarga calon pengantin wanita. Keluarga mempelai pria seharusnya menunjuk satu orang untuk diwakili.
  5. Pesan sambutan balasan dari keluarga calon pengantin wanita ke calon pengantin pria yang diwakili oleh salah satu keluarga calon pengantin wanita.
  6. Selanjutnya, ada Acara serahtrima sambil berjabatan tangan sebagai simbol bahwa kedua keluarga besar telah menerima pengantin.
  7. Kemudian masuk seserahan, di mana ibu calon pengantin pria memberikan seserahan dengan cara simbolis kepada ibu dari pengantin wanita.
  8. Berikut ini adalah acara untuk resepsi pengantin pria, di mana ayah dan ibu mempelai wanita menerima mempelai pria secara simbolis dengan membungkus bunga melati dan membawanya ke tempat upacara pernikahan.
  9. Implementasi program Kabul Ijab dimulai dengan MC membuka program
  10. Bacaan ayat Al-Qur’an Annisa ayat 1 dan Surat Ar Ruum ayat 21.
  11. Selain itu, calon pengantin wanita ditemani oleh bibinya, dibawa ke meja ijab qobul dan duduk di sebelah kiri pengantin. Dalam pernikahan Islami, ketika kontrak pernikahan dilaksanakan dan upacara pernikahan berlangsung terpisah dari pengantin pria, tidak berdampingan, biasanya disediakan tempat khusus, seperti kamar atau jika Anda berada di masjid di balik tirai jilbab.
  12. Pengantin wanita menunggu sampai izin selesai dan kemudian meninggalkan tirai dan bertemu pengantin pria setelah menjadi istri yang sah.
  13. Acara khutbah nikah dan ijab qobul di pimpin oleh penghulu.
  14. Peristiwa pengiriman mahar dan pemasangan cincin dan segera diikuti dengan pengiriman buku nikah dari penghulu kepada kedua mempelai.
  15. Acara nasehat pernikahan dan doa yang dipimpin oleh penghulu.
  16. Acara Sungkeman, di mana MC pertama kali meminta agar kedua pasang orang tua duduk di tempat yang disediakan
  17. Dan akhirnya sesi foto bersama, dan menandai akhir dari serangkaian acara.

Itulah yang merupakan susunan pelaksanaan untuk upacara pernikahan yang biasanya terjadi dalam pernikahan Islam. Di banyak tempat, susunan acara diatas akan memiliki kesamaan sehingga mereka dapat digunakan sebagai bahan referensi yang memadai dan tidak banyak perubahan yang dibuat.

Nah, begitu akad pernikahan selesai terlaksana, resepsi akan segera dimulai. Acara ini biasanya diadakan satu atau dua jam setelah program upacara pernikahan ketika mempertimbangkan jarak yang ditempuh untuk sampai ke resepsi pernikahan.

Susunan Acara Resepsi Pernikahan

susunan acara pernikahan
susunan acara resepsi

Susunan acara dalam pernikahan itu sendiri sangat bervariasi. Setiap daerah memiliki karakteristiknya sendiri.
Oleh karena itu, sangat mungkin bahwa tata letak program akan dimodifikasi dan disesuaikan dengan kondisi adat setempat, karena program ini sangat fleksibel dan tampaknya lebih menghibur daripada mengikuti aturan adat tertentu. Susunan acaranya dibawah ini:

  1. Program hiburan, yang biasanya dimulai bahkan 30 menit sebelum resepsi dimulai. Program ini fleksibel sehingga bisa diisi dengan berbagai hiburan sesuai keinginan kedua mempelai. Dalam pernikahan Islami, sesi hiburan ini dapat diselesaikan dengan Nasyid, dll.
  2. Upacara pembukaan MC menandai awal acara. Sementara dua pengantin yang ditemani oleh kedua pasangan orang tua dan keluarga besar harus siap untuk acara berikutnya.
  3. Acara pernikahan pengantin, yang ditandai dengan masuknya semua kelompok yang memasuki ruang resepsi pernikahan. Musik dan tarian mengiringi kelompok itu sampai kedua mempelai duduk di plaminan.
  4. Sesi foto, di mana fotografer mengambil foto segera setelah pengantin duduk di pelaminan.
  5. Program ucapan yang disampaikan oleh perwakilan pengantin pria dan keluarga pengantin pria.
  6. Program doa.
  7. Foto Ramah, Hiburan, dan Bersama. Acara ini adalah acara terpanjang karena setelah dimulai, para tamu mengundang untuk memberi selamat dan foto dengan mempelai sampai akhir acara. Susunan acara pernikahan yang masih menggunakan kebiasaan setempat membutuhkan waktu lebih lama dan lebih kompleks.

Karena itu, persiapan juga harus dilakukan agar tidak ada kesalahan dan kegagalan selama prosesi. Salah satu kelancaran pada acara adalah tergantung dari susunan acara. Sisanya adalah persiapan yang dibuat oleh keluarga kedua mempelai wanita dari dekorasi, pilihan tempat, hiburan, makanan dan banyak hal lainnya.

Doa Pernikahan dalam Bahasa Arab

doa pernikahan
doa pernikahan

Doa untuk Pengantin yang Lainnya, Dalam Bahasa Arab dan Artinya, selain itu ada doa-doa lain yang dianjurkan untuk diucapkan setelah menyantap makanan dalam menghadiri penikahan, Doa tersebut adalah:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

“Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka” (HR. Ahmad).

Di dalam riwayat lain, Imam Muslim meriwayatkan dengan lafadz

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُم،ْ وَارْحَمْهُمْ

“Ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, ampunilah mereka dan sayangilah mereka” (HR. Muslim).

Atau bisa juga dengan lafadz,

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

“Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang memberi makan kepadaku, dan berikanlah minum kepada orang yang memberi minum kepadaku”

Bisa juga dengan lafadz,

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ
“Telah berbuka di sisi kalian orang-orang yang berpuasa, dan telah menyantap makanan kalian orang-orang yang baik, dan para Malaikat telah mendo’akan kalian.”

Susunan acara pernikahan

Leave a Comment