5 Contoh Susunan Acara Ulang Tahun Anak yang bisa dicoba (Lengkap)

5 Contoh Susunan Acara Ulang Tahun Anak yang bisa dicoba (Lengkap)

Susunan acara Ulang Tahun – Saudaramu akan berulang tahun? Tentu saja, sebagai saudara yang baik, Anda membantu orang tua mempersiapkan ulang tahun saudara Anda. Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan ketika merayakan ulang tahun anak adalah adanya susunan yang baik untuk ulang tahunnya.

Dengan menggunakan tata letak acara, ulang tahun anak-anak diatur, koheren dan rapi. Oleh karena itu hasilnya akan memuaskan untuk anak-anak, keluarga dan tamu yang merayakan berkat persiapan ulang tahun mereka yang baik, sesuai dengan struktur program yang dijalankan.

Susunan Acara Ulang Tahun Anak Berdasarkan Tempatnya

susunan acara ulang tahun
susunan acara ulang tahun berdasarkan tempatnya

Mungkin Anda masih kesulitan mengatur susunan ulang tahun anak? Anda harus terlebih dahulu menentukan tempat acara ulang tahun. Jika lokasi telah ditentukan, lebih mudah untuk mengatur program. Di bawah ini adalah contoh susunan ulang tahun untuk anak-anak usia 5 hingga 10 tahun tergantung di mana Anda dapat merujuk untuk ulang tahun Anda, saudara perempuan Anda, keponakan Anda, sepupu Anda, tetangga Anda, dll .

1. Susunan acara ulang tahun anak dari keluarga inti

susunan acara ulang tahun
keluarga inti

Keluarga inti hanya terdiri dari ayah, ibu dan anak-anak. Perayaan ulang tahun dengan keluarga inti biasanya berlangsung sederhana dan berlangsung untuk waktu yang singkat. Selain itu, suasana ulang tahun bersama keluarga inti lebih khusyuk dan pribadi.

Kencangkan ikatan antara orang tua dan anak-anak dan antara kakak dan adik yang semakin dekat. Meski sederhana dan singkat, perayaan ulang tahun dengan keluarga inti masih membutuhkan susunan.

Contoh susunan acara ulang tahun anak dalam keluarga inti

1. Anggota keluarga berkumpul di tempat acara
2. Pembawaan kue ulang tahun untuk memasuki ruangan
3. Bernyanyi bersama
4. doa
5. Potong kue
6. Makan bersama
7. Pembukaan hadiah
8. Waktu bebas

Penjelasan susunan acara ulang tahun anak-anak keluarga utama

1. Anggota keluarga berkumpul di tempat acara

Jika saudara perempuan Anda merayakan hari ulang tahunnya, temani dia saat pesta ulang tahunnya, di meja ruang tamu, di ruang tamu, atau di taman rumah Anda.

2. Pembawa Kue Ulang Tahun Memasuki Tempat Acara

Anak-anak akan senang ketika mereka melihat orang tua mereka membawa kue. Karena itu yang terbaik adalah orang tua membawa kue ulang tahun ke anaknya. Orang tua memasuki acara ulang tahun dengan membawa kue setelah Anda dan kakak Anda berada di sana selama beberapa menit (tidak pada waktu yang bersamaan). Ini akan menciptakan efek kejutan yang pasti akan menyenangkan saudara perempuan Anda.

3. Bernyanyi bersama

Undang saudara perempuan Anda untuk menyanyikan lagu selamat ulang tahun bersama Anda dan orang tua Anda. Dengan bernyanyi bersama, perasaan saudara2 Anda akan lebih bahagia.

4. Doa

Orang tua mengundang anak-anak mereka untuk berdoa. Tidak ada kewajiban untuk berdoa di dalam hati, jadi berdoa dengan suara yang jelas tidak dilarang. Mungkin Anda dan orang tua Anda dapat terpengaruh jika Anda mendengar doa sederhana dari adik lelaki Anda.

5. Tiup lilin dan potong kue

Anak itu meniup lilin pada kue. Jika kemudian si anak meminta menyalakan lilin lain untuk dapat meniupnya lagi, maka patuhi. Selanjutnya adalah memotong kue ulang tahun. Orang tua disarankan untuk memotong kue dengan anak-anak mereka dengan memegang tangan dan pisau.

Sehingga anak-anak yang sering merasa ingin memotong kue sendiri adalah pengalaman yang menyenangkan baginya.

6. Makan Bersama

Anak yang berulang tahun memberikan kue pertama kepada ibu, lalu kepada ayahnya, lalu giliran Anda, kakak. Ini mengajarkan anak-anak untuk menghormati orang tua dan saudara mereka. Setelah membagikan kue, setiap anggota keluarga memakannya bersama.

7. Pembukaan hadiah

Hadiah dari orang tua dan Anda akan terbuka di bagian ini. Momen pembuka hadiah adalah saat yang sangat menyenangkan bagi anak yang berulang tahun. Tawarkan hadiah sesuai dengan keinginan saudari Anda atau kebutuhan saudari Anda sehingga dia lebih bahagia.

8. Waktu berkualitas

Pada titik ini, anggota keluarga saling berkomunikasi untuk meningkatkan kedekatan mereka. Ibu dan ayah bisa bertanya apakah anak itu suka hadiah dan senang dengan perayaan itu. Anda juga bisa bermain dengan saudara perempuan Anda, terutama jika hadiah yang diterimanya adalah mainan.

2. Susunan Acara Ulang Tahun Anak di Rumah Secara Sederhana

susunan acara ulang tahun
Ulang tahun dirumah sederhana

Merayakan ulang tahun di rumah bisa menjadi pilihan. Kita tidak perlu lagi membayar untuk menyewa tempat. Dekorasi ulang tahun harus tersedia walaupun hanya minimalis. Untuk lebih meningkatkan efek ulang tahunnya.
Biasanya, ulang tahun di rumah dihadiri oleh teman dekat anak yang berulang tahun dan tetangga di sekitar rumah. Tentu saja, setiap tamu ditemani oleh orang tuanya.

Contoh Susunan Acara Ulang Tahun Anak di Rumah Secara Sederhana

  • Pembukaan acara oleh pembawa acara
  • Sambutan singkat dari orangtua anak yang berulang tahun
  • Permainan sederhana
  • Kue ulang tahun dikeluarkan
  • Doa bersama
  • Tiup lilin dan pemotongan kue
  • Makan bersama
  • Pembawa acara menutup acara
  • Paska acara
  • Pembukaan Kado

Penjelasan Susunan Acara Ulang Tahun Anak di Rumah Secara Sederhana

1. Pembukaan Acara oleh Pembawa Acara

Karena pesta ulang tahun itu sederhana, akan baik bagimu untuk menjadi MC untuk ulang tahun saudaramu.
Tugas Anda adalah mengundang para tamu untuk mengisi ruang yang disediakan dan membuka acara dengan doa.
Di sini, Anda harus bersabar karena para tamu adalah anak-anak muda yang biasanya sulit diatur.

2. Sambutan Singkat dari Orangtua Anak yang Berulang Tahun

Para orang tua berterima kasih kepada para tamu yang hadir dan mengungkapkan kegembiraan mereka selama program ulang tahun saudara mu. Salam itu agak singkat, karena anak-anak kecil tidak akan terlalu banyak mendengarkan pidato yang diucapkan oleh orang tua mereka yang penuh perhatian.

3. Permainan Ulang Tahun Sederhana

Kita perlu menghibur tamu-tamu cilik yang hadir agar mereka tidak bosan. Contoh permainan sederhana yang bisa diterapkan misalnya: sambung kata menyanyi lagu anak, namun huruf vokalnya diganti huruf “i” semua .dll

4. Kue ulang tahun dikeluarkan

Setelah semuanya kembali bersemangat, kue ulang tahun bisa dikeluarkan. Ini hanya cupcake, karena hanya digunakan untuk melambangkan ukuran, dan yang hanya mengkonsumsi keluarga inti.

5. berdoa bersama

Fasilitator mengundang anak itu untuk berdoa dan mengundang para tamu untuk berdoa. Sehingga doa yang paling khusyuk dibuat di dalam hati.

6. Tiup lilin dan potong kue

Ketika seorang anak meniup lilin ulang tahun, MC mengundang para tamu untuk menyanyikan lagu Blow Candle, diikuti oleh lagu Cut Cake selama proses pemotongan kue. Mintalah saudaramu yang berulang tahun untuk memberikan kue pertama kepada ibu dan ayah.

7. makan bersama

Untuk mempersingkat waktu. Keluarga harus menyiapkan kue yang sama tetapi dalam potongan untuk dibagikan kepada para tamu. Para tamu kecil akan sangat senang makan kue pie yang disediakan.

8. Pembawa Acara Menutup Acara

Beberapa saat setelah makan berakhir, Anda bisa menutup acara. Terima kasih atas kehadiran para tamu dan atas do’a kebaikannya. Acara dapat ditutup dengan mengundang para tamu untuk menyanyikan lagu anak-anak yang lezat.

9. Pasca-acara

Karena itu terjadi di rumah, tentu saja, tidak ada batasan jam. Semua tamu tidak akan langsung pulang. Teman saudara  perempuan Anda mungkin masih ingin bermain bersama. Sementara orang tua masih sibuk membicarakan topik hangat yang sedang sibuk diberitahukan. Untuk alasan ini, keluarga harus menyiapkan lebih banyak persediaan minuman dan makanan ringan untuk mengantisipasi hal ini.

10. Pembukaan hadiah

Sebelum acara, orang tua harus memberi tahu anak-anak mereka untuk membuka semua hadiah setelah para tamu kembali.Karena jika pembukaan hadiah dilakukan di acara inti , itu akan memakan waktu lebih lama.

3. Susunan Acara Ulang Tahun Anak di Rumah Makan Secara Meriah dan Mewah

susunan acara ulang tahun
Perayaan ulang tahun di restoran

Tidak ada yang salah dengan orangtua merayakan ulang tahun anak-anak mereka dengan cara yang mewah dan meriah. Meskipun orang lain melihatnya sebagai pemborosan, yang dilakukan orang tua hanyalah untuk membuat anak-anak mereka bahagia. Bagi mereka yang tersayang, tidak masalah jika si anak merasakan momen spesial di hari ulang tahunnya.

Bahkan anak bisa mengingat kegembiraan ini hingga dewasa nanti. Penyelenggaraan ulang tahun di sebuah restoran memiliki kelebihannya sendiri, yaitu bahwa konsumsi dan pelaksanaan acara telah menjadi tanggung jawab restoran tersebut. Kami menghemat lebih banyak waktu dan energi.

Contoh Susunan Acara Ulang Tahun Anak di Rumah Makan Secara Meriah dan Mewah

  • Pembukaan acara oleh MC
  • Doa pembukaan oleh orangtua
  • Hiburan
  • Games ulang tahun
  • Kue ulang tahun dikeluarkan
  • Doa bersama
  • Tiup lilin dan potong kue
  • Pembukaan kado dari orangtua
  • Makan bersama
  • Istirahat
  • Games lagi
  • Pembagian doorprize
  • Penutupan
  • Pembagian souvenir
  • Paska acara
  • Pemindahan kado
  • Pembukaan kado

Pentingnya Mencantumkan Waktu dalam Susunan Acara Ulang Tahun di Rumah Makan

Tidak seperti merayakan ulang tahun di rumah, ketika merayakan ulang tahun di restoran atau tempat-tempat umum, kita harus memasukkan waktu pada program ulang tahun. Ini untuk membuat acara lebih jelas dan tidak ditangguhkan. Pengaturan ulang tahun ini akan diberikan kepada orang yang bertanggung jawab atas tempat sewaan dan kepada MC sebagai panduan untuknya.

Penjelasan Susunan Acara Ulang Tahun Anak di Rumah Makan Secara Meriah dan Mewah

1. Pembukaan Acara oleh MC

MC biasanya disediakan oleh restoran. Cara berbicaranya itu menyenangkan untuk didengar, karena sudah berpengalaman. Ini terintegrasi dengan cepat dengan para tamu, tahu kapan harus bercanda dan sudah tahu bagaimana menangani perilaku anak-anak dengan benar. Tentu saja, program ulang tahun lebih semarak dengan presenter berpengalaman.

2. Hiburan

Animasi dapat diisi dengan pertunjukan sulap, yang akan mengesankan para tamu. Keluarga harus berkoordinasi dengan pesulap sehingga pertunjukan sulap melibatkan tamu.
Peran tamu membuat acara lebih meriah dan menyenangkan.

3. Game ulang tahun

Permainan bisa dipandu oleh MC, tetapi keberadaan badut akan lebih baik. Keluarga harus memilih badut menggunakan kostum hewan cantik seperti monyet atau kucing atau karakter fiktif yang sudah dikenal, seperti SpongeBob dan Doraemon.

Game yang cocok dengan badut adalah menebak gerakannya. Di sini badut menunjukkan gerakan, undangan tamu adalah menebak gerakan itu. Para tamu muda yang telah menebak akan menerima hadiah yang disediakan oleh keluarga. Humor badut yang menunjukkan gerakan pasti menyebabkan tawa dari para tamu.

4. Kue ulang tahun dikeluarkan

Minta restoran untuk mengeluarkan kue. Kue tart dihiasi sesuai dengan ulang tahun favorit anak. Jika anak menyukai sepak bola, kuenya bisa bulat.

5. Doa Bersama

MC mengundang semua orang ke pesta ulang tahun untuk berdoa demi kebaikan anak yang merayakan ulang tahunnya. Ingat bahwa fasilitator meminta anak untuk berdoa agar keinginannya menjadi kenyataan.

6. Tiup lilin dan potong kue

Anak yang telah meniup lilin beberapa kali diiringi lagunya Blow Candle dinyanyikan oleh teman-temannya.
Diikuti dengan memotong kue buatan anak yang ditemani orang tuanya. Para tamu akan menemani proses ini dengan lagu Cut Cake.

7. Distribusi kue

Fasilitator meminta anak yang berulang tahun menawarkan kue pertama kepada orang tua mereka.

8. Pembukaan hadiah orang tua

Sebelum makan bersama, anak yang berulang tahun membuka hadiah dari orang tuanya sebagai simbol. Hanya satu hadiah yang terbuka. MC akan bertepuk tangan sebagai tanda bagi para tamu untuk bertepuk tangan juga.

9. Makan bersama

Restoran mulai membagikan potongan pie yang sudah disiapkan untuk umum. Setelah itu, semua tamu makan kue bersama.

10. Istirahat

Dalam sesi ini, orang tua dan anak-anak bebas untuk beristirahat, pergi ke kamar mandi atau berdoa. Jangan biarkan itu karena Anda terlalu sibuk merayakan ulang tahun Anda, jadi lupakan kewajiban mereka.

11. Games Lagi

Untuk meningkatkan semangat teman-teman kecil yang hadir, kita dapat membuat permainan baru, misalnya, meminta para tamu untuk menyanyikan lagu anak-anak tetapi vokal digantikan oleh “u” semua
Momen ini pasti akan membuat Anda tertawa, karena ekspresi lucu dari tamu yang bernyanyi.

12. Pembagian Dooprize

Restoran harus memiliki daftar tamu yang hadir dan setiap tamu harus memiliki nomor dalam daftar.
MC akan melakukan undian, dan pemenang akan menerima hadiah dari keluarga khusus.

13. Penutupan

Fasilitator mengundang orang tua anak itu untuk mengulangi doa. Kemudian acara ditutup dengan bernyanyi bersama lagu anak-anak.

14. Pembagian souvenir

Ulang tahun orang tua dan anak-anak berbagi kenangan dengan para tamu sambil berjabat tangan. Sebagai ucapan terima kasih kepada para tamu yang meluangkan waktu untuk datang ke acara ulang tahun.

15. Paska Acara

Tidak seperti rumah, ada batasan waktu di restoran. Meskipun tamu tidak mungkin langsung pulang.
Untuk mengatasi masalah ini, keluarga harus memesan tempat dengan durasi yang diperpanjang. Misalnya, setelah mengambil pengaturan ulang tahun, diperkirakan acara berlangsung selama 1 jam. Kemudian, keluarga harus memesan tempat untuk jangka waktu 1,5 hingga 2 jam.

16. Pemindahan kado

Ketika saudara Anda bermain dengan teman-temannya dan orang tua berbicara dengan tamu mereka, Anda dapat memindahkan hadiah ke kendaraan pribadi keluarga Anda.
Jika itu banyak, mintalah bantuan di restoran.

17. Pembukaan hadiah

Pembukaan hadiah dilakukan di rumah setelah semua acara selesai. Beberapa hari sebelum ulang tahun anak, orang tua seharusnya mendorong anak-anak mereka untuk bersabar ketika membuka hadiah. Agar pesta ulang tahun dapat berlangsung, anak itu tidak sulit dan meminta dibukanya hadiah.

Pentingnya Membuat Susunan Acara Ulang Tahun

Dengan demikian, contoh pengaturan ulang tahun untuk anak berusia 5 hingga 10 tahun dirinci dan benar.
Saya harap contoh-contoh ini akan membantu orang tua Anda atau mereka yang sedang mempersiapkan untuk ulang tahun anak-anak.

Dengan mengatur ulang tahun Anda, Anda akan tahu apa yang harus dipersiapkan, perkiraan durasi acara dan keruntutan acara yang akan berlangsung. Sehingga acara ulang tahun berjalan dengan lancar dan menyenangkan bagi para tamu, keluarga dan terutama bagi anak-anak yang merayakan ulang tahun mereka

Leave a Comment