√ Pengertian dan Tujuan Komunikasi | Mencerminkan Kepribadian

√ Pengertian dan Tujuan Komunikasi | Mencerminkan Kepribadian

Tujuan Komunikasi – Komunikasi tidak asing lagi ditelinga kita, karna secarea tidak langsung kita telah melukakan nya setiap hari. namun apakah anda sudah paham dari tujuan komunikasi itu ? karna komunikasi bisa mecerminkan ke pribadian seseorang, maka dari itu mari kita simak artikel dibawah ini.

Pengertian Komunikasi

pengertian komunikasi
pengertian komunikasi

Komunikasi adalah interaksi pengiriman pesan antara 1 orang ke orang atau grup lain. Ada elemen komunikasi yang menyertakan keberadaan pengirim dan penerima pesan. Selain itu, ada fungsi komunikasi yang menjadi tujuan dari proses komunikasi.

Definisi komunikasi secara singkat adalah hubungan kontak antara manusia dan kelompok. Sedangkan pengertian komunikasi secara umum adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

Dalam proses komunikasi ada juga kondisi tertentu yang harus dipenuhi. Persyaratan ini diwujudkan melalui keberadaan komponen dan elemen komunikasi yang meliputi komunikator, komunikator, pesan atau informasi, media atau fasilitas, efek atau dampak dan umpan balik.

Apa manfaat komunikasi? Apa tujuan komunikasi secara umum yang diperoleh baik oleh pengirim pesan atau komunikator dan penerima pesan atau penelepon? Penjelasan lengkap akan dibagikan di bawah ini.

Tujuan Komunikasi Secara Umum

tujuan komunikasi
tujuan komunikasi

1. Menemukan

Tujuan paling dasar dari komunikasi adalah menemukan, yaitu menemukan sesuatu yang perlu kita komunikasikan. Atau temukan identitas, temukan informasi penting, dan sejenisnya. Melalui komunikasi, kita akan belajar memahami bagaimana diri kita dan orang-orang yang kita ajak bicara.

Dengan terjalinnya komunikasi, kami menyadari informasi yang tidak kami ketahui sebelumnya, seperti lokasi kafetaria atau restoran yang baik, kalender olahraga, lokasi tempat hiburan yang dapat kami kunjungi dan informasi lainnya.

2. Menjaga hubungan baik

Komunikasi terjadi antara dua orang atau lebih, sehingga timbul hubungan baru ketika berkomunikasi. Misalnya, jika Anda berkomunikasi dengan keluarga ketika rumah terlalu jauh, kedekatan hubungan Anda akan meningkat. Jika Anda bepergian, tidak akan ada percakapan atau pengantar jika Anda tidak memulai komunikasi.

Namun, agar tujuan ini berkembang dengan lancar, Anda harus menghindari kegagalan komunikasi, kesalahpahaman, dll. antara dua bagian atau lebih.

3. Meyakinkan

Komunikasi juga dilakukan dengan tujuan meyakinkan seseorang tentang pesan yang telah dikirimkan, misalnya, kepada media yang mencoba meyakinkan kami untuk membeli produk yang mereka iklankan. Cara meyakinkan konsumen ini sengaja dilakukan oleh penjual untuk mendapat untung dari penjualan produk. Contoh lain adalah seorang guru yang mengirim pesan kepada murid-muridnya untuk meyakinkan mereka tentang kebenaran apa yang diajarkan atau disampaikan guru.

4. Mendapat hiburan

Hiburan sangat penting yang kita dapatkan ketika perasaan atau pikiran berada dalam keadaan yang tidak baik, Anda bisa mendapatkan hiburan ini dari terjalinnya komunikasi. Misalnya, saat berkomunikasi dengan teman, teman atau keluarga dengan bercanda atau menumpahkan hati mereka. Kami juga dapat berbicara tentang banyak kesenangan dengan mereka, misalnya, berbicara tentang hobi, film, musik, dll.

5. Memberikan informasi penting

Tujuan komunikasi lain adalah untuk memberikan informasi yang penting bagi staf dan masyarakat umum. Informasi penting ini dapat bervariasi dalam konten, misalnya, ketika kami memberi tahu teman-teman kami tentang ulang tahun atau pernikahan kami. Sementara informasi yang kami berikan kepada banyak orang, misalnya, adalah tentang program kerja sama timbal balik di area perumahan.

6. Mendidik

Mendidik di sini dimaksudkan untuk membuat orang lain melakukan sesuatu, misalnya, dengan melakukan kegiatan positif. Dalam hal ini, komunikator harus memiliki cara yang baik dan sesuai untuk mendorong orang lain melakukan sesuatu yang bermanfaat, dan bagaimana setiap orang menerima pesan sehingga mereka ingin melakukan kegiatan yang diusulkan atau diminta oleh komunikator.

7. Mengubah opini masyarakat

Saat mengubah pandangan atau pendapat, sulit untuk berkomunikasi. Karena tidak semua orang bisa menerima pendapat atau pendapat yang berbeda dari yang mereka miliki. Namun inilah yang disebut tujuan komunikasi, yaitu untuk dapat mencocokkan pendapat atau mengubah pendapat yang sudah muncul di masyarakat. Tugas seorang komunikator untuk mengubah opini atau opini yang salah di masyarakat harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan kecurigaan atau pelanggaran dari komunikator.

Fungsi Komunikasi

fungsi komunikasi
fungsi komunikasi

Selain tujuan komunikasi di atas, ada juga beberapa fungsi komunikasi pada umumnya. Beberapa fungsi komunikasi menurut para ahli termasuk fungsi sosial, fungsi ekspresif, fungsi ritual dan fungsi instrumental. Berikut ini adalah fungsi komunikasi dan penjelasan lengkap.

Fungsi sosial

Fungsi komunikasi sosial merupakan indikasi pentingnya komunikasi dalam setiap hubungan sosial. Ini terkait dengan konsep diri dan bertahan hidup dengan lingkungan sekitar, sesuai dengan kodrat manusia sebagai makhluk sosial.

Fungsi ekspresif

Fungsi komunikasi ekspresif adalah bentuk ekspresi dalam tubuh yang terkait dengan pendapat atau pendapat yang ingin Anda ungkapkan. Ini terkait dengan membujuk, memaksa, atau memengaruhi orang dan masyarakat sesuai dengan pikiran dan perasaan pengirim pesan.

Fungsi ritual

Fungsi komunikasi ritual adalah bentuk komunikasi yang terkait dengan masalah komitmen yang penting dan sakral. Ini termasuk komitmen pengirim pesan terhadap tradisi, etnis, negara, ideologi, atau agama yang memanifestasikan dirinya dalam proses komunikasi itu sendiri.

Fungsi intrumental

Fungsi komunikasi instrumental adalah bentuk komunikasi untuk mengubah sikap dan perilaku atau juga untuk menggerakkan tindakan orang lain. Selain itu, fungsi ini juga terkait dengan tujuan menghibur atau mendapatkan hiburan.

Macam Macam Komunikasi

macam macam komunikasi
macam macam komunikasi

Ada beberapa macam komunikasi yang bisa kita temukan sehari-hari. Berikut ini adalah jenis-jenis komunikasi:

1. Komunikasi Berdasarkan Cara Penyampaiannya

Ada beberapa jenis komunikasi yang bisa kita temukan setiap hari. Berikut ini adalah jenis komunikasi:

Komunikasi verbal (lisan)

Yang dimaksud komunikasi lisan adalah komunikasi yang terjalin langsung tanpa jarak yang signifikan. Contoh komunikasi lisan misalnya; bertemu dengan klien, wawancara kerja, atau dua orang berbicara. Komunikasi lisan juga dapat terjadi dari jarak jauh. Misalnya, berbicara melalui panggilan konferensi, berbicara di telepon dan membuat panggilan video.

Komunikasi tertulis

Saat ini komunikasi tertulis biasanya dilakukan melalui aplikasi atau sarana teknologi. Misalnya, mengirim pesan melalui email, mengobrol melalui aplikasi WhatssApp / BBM / Facebook Messenger.

2. Komunikasi Berdasarkan Maksud

Komunikasi juga dapat dibedakan berdasarkan niat komunikator. Kesediaan komunikator adalah faktor utama dalam proses pengiriman pesan.
Beberapa jenis komunikasi berdasarkan niat meliputi:

  • Pidato
  • Berikan saran atau kritik.
  • Berikan perintah
  • Kuliah
  • Wawancara

3. Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup

Selain itu, komunikasi juga dapat dibedakan berdasarkan ruang lingkupnya, termasuk:

Komunikasi internal

Ini adalah jenis interaksi yang berada dalam batas-batas organisasi di mana interaksi hanya terjadi di antara individu-individu dalam organisasi itu.

Komunikasi internal ini dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu:
1. Komunikasi vertikal; Perintah atasan, teguran, arahan dan lain-lain.
2. Komunikasi horisontal; Diskusi atau pertukaran ide di antara anggota organisasi dengan posisi yang sama.

Komunikasi eksternal

Ini adalah jenis komunikasi yang dilakukan organisasi kepada publik, seperti konferensi pers, pameran dan publikasi, program radio dan televisi, layanan sosial.

4. Komunikasi berdasarkan aliran informasi

Dalam komunikasi ada beberapa tujuan dalam pengiriman, termasuk:

  • Komunikasi searah; Itu adalah komunikasi yang datang dari satu sisi, misalnya, guru dan siswa.
  • Komunikasi dua arah; yaitu, komunikasi dua arah di mana dua orang mengirim pesan dan saling memberi makan.
  • Komunikasi ke atas; yaitu, komunikasi yang berasal dari bawah ke atas, misalnya, informasi yang dikirimkan oleh bawahan kepada atasan.
  • Komunikasi samping; yaitu komunikasi yang dibuat karena kesamaan posisi, atau komunikasi antara dua individu yang posisinya sama.

Syarat-Syarat Komunikasi

tujuan komunikasi
tujuan komunikasi

Meskipun tampaknya mudah dipahami, komunikasi memiliki syarat tertentu yang harus dipenuhi untuk membangun komunikasi. Ketentuan komunikasi adalah:

1. Sumber (Source)

Yang dipahami oleh sumber (source) adalah dasar dalam penyampaian informasi / pesan yang tujuannya adalah untuk memperkuat isi pesan. Beberapa sumber komunikasi, seperti buku, lembaga, orang-orang yang menganggap diri mereka ahli, Google, dll.

2. Komunikator

Komunikator adalah aktor yang mengirimkan pesan ke pihak lain. Utusan ini dapat berupa seorang individu (penulis, pembicara, blogger, dll.), Dapat dalam bentuk kelompok atau organisasi komunikasi (radio, televisi, koran, majalah, dll.).

3. Komunikan

komunikasn adalah pihak yang menerima pesan atau informasi dari komunikator. Penerima informasi ini dapat berupa individu atau organisasi.

4. Pesan

Pesan adalah informasi umum yang dikirimkan oleh komunikator. Sebuah pesan memiliki tema utama sebagai panduan dalam upaya mengubah sikap dan perilaku orang lain. Komunikasi yang baik adalah pesan yang harus diterima oleh pihak lain yang berkepentingan.

5. Saluran (Kanal)

Saluran atau kanal adalah sarana yang digunakan oleh komunikator untuk mengirimkan pesan mereka ke pihak lain. Saluran ini bisa formal atau informal.

6. Hasil (Effect)

Effect adalah hasil akhir dari komunikasi di mana bentuknya adalah perubahan perilaku dan sikap komunikan. Perubahan ini bisa seperti yang diharapkan atau tidak sesuai dengan harapan komunikator.

Unsur Unsur Komunikasi / Komponen Komunikasi

unsur unsur komunikasi
unsur unsur komunikasi

Terdapat beberapa unsur komunikasi, antara lainnya adalah :

1. Komunikator

Komunikator adalah pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan terhadap proses komunikasi. Dengan kata lain, komunikator adalah orang atau sekelompok orang yang memiliki inisiatif untuk menjadi sumber dalam suatu hubungan atau interaksi.

Komunikator tidak hanya bertindak sebagai pengirim. Namun, itu juga memberikan tanggapan atau tanggapan dan tanggapan dari proses komunikasi yang sedang berlangsung.
Baik secara langsung maupun tidak langsung.

2. Pesan atau Informasi

Pesan atau informasi adalah kumpulan dari apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan-pesan itu bisa dalam bentuk kata-kata, tulisan, gambar atau perantara lainnya. Pesan ini memiliki inti, yaitu, mengarah pada upaya untuk mengubah sikap dan perilaku orang lain. Pesan sentral akan selalu mengarah ke tujuan akhir komunikasi.

3. Sarana Komunikasi atau Channel

Fasilitas komunikasi atau saluran dapat disebut media yang digunakan sebagai saluran pesan dalam proses komunikasi. Pilihan media dalam proses komunikasi tergantung pada sifat berita yang akan dikirim.

4. Komunikan atau Receiver

Komunikan adalah istilah untuk orang yang menerima pesan atau berita yang dikirim oleh komunikator. Komunisme dapat terdiri dari satu atau lebih kelompok dan dapat juga dalam kelompok. Dalam suatu proses komunikasi, komunikasi merupakan elemen penting karena dialah yang menjadi tujuan komunikasi dan bertanggung jawab untuk dapat memahami pesan yang disampaikan dengan benar dan benar.

5. Umpan Balik atau Feedback

Umpan balik dapat diartikan sebagai respons balik terhadap pesan yang diberikan oleh komunikator. Dalam komunikasi yang dinamis, komunikator dan komunikator akan terus bertukar peran.

6. Dampak atau Effect

Dampaknya adalah efek dari perbedaan yang dialami oleh penelepon sebelum dan sesudah menerima pesan. Jika sikap dan perilaku penelepon berubah sesuai dengan isi pesan, maka komunikator telah berhasil. Efek atau efek nyata dapat dilihat dari opini pribadi, opini publik atau opini mayoritas. Tetapi semua ini mengarah pada perubahan yang terjadi pada penelepon setelah menerima pesan yang dikirimkan oleh komunikator..

Alat Komunikasi

alat komunikasi
alat komunikasi

1. Radio

Radio adalah alat yang sangat penting karena ditemukan bahwa ia dapat menerima informasi dalam bentuk suara atau sinyal menggunakan gelombang elektromagnetik. Meskipun alat komunikasi semakin canggih sekarang, tetapi radio tidak pernah mati sejauh ini.

2. Faksimili

Faks digunakan untuk menerima dan mengirim informasi melalui telepon dengan sistem reproduksi fotografis sehingga dapat mengirim salinan isi halaman, baik dalam bentuk teks maupun gambar, ke mesin faks lain melalui saluran telepon dalam hitungan menit. .

3. Koran

Surat kabar adalah publikasi yang ringan dan mudah sekali pakai, biasanya dicetak di surat kabar, berisi berita terbaru tentang berbagai topik. Temanya bisa politik, olahraga, editorial, dan cuaca. Surat kabar umumnya juga berisi kartun, teka-teki silang (TTS) dan hiburan lainnya.

4. Televisi

Televisi dapat memungkinkan Anda mendapatkan informasi dengan cepat. Biasanya televisi digunakan untuk mengirimkan informasi secara massal. Sarana komunikasi ini merupakan sarana komunikasi yang sangat populer. Hampir setiap rumah di dunia memiliki televisi.

5. Telepon kabel

Ponsel ini menjadi sangat populer karena dapat membuat Anda terhubung dengan orang-orang yang berbeda kota tanpa harus bertemu dengannya secara langsung. Anda dapat berkomunikasi dengan lebih nyaman dengan telepon ini. Telepon juga menjadi pelopor dari telepon modern saat ini, yaitu telepon seluler.

6. Telepon genggam

Ponsel telah menjadi versi ponsel modern, sejauh ini orang tidak bisa lepas dari ponsel dan bahkan ada versi terbaru yang memungkinkan Anda berkomunikasi lebih lancar, yaitu smartphone. Awalnya, Mobile hanya digunakan oleh kelompok-kelompok tertentu, seperti pengusaha. Namun, saat ini HP tampaknya telah menjadi kebutuhan utama.

7. Komputer

Komputer adalah alat yang digunakan untuk memanipulasi dan mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan oleh pengguna. Komputer telah digunakan di seluruh dunia, komputer sekarang sangat penting dalam perangkat komunikasi. Komputer bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga alat untuk menyimpan data dan dokumen penting dalam bentuk tulisan atau video.

Tujuan Komunikasi

Leave a Comment