√ Tujuan Penelitian Beserta Manfaat dan Metode Penelitian (LENGKAP)

Tujuan Penelitian – Tujuan dari penelitian akan kami bahas diartikel ini, cuma tidak hanya tujuan saja yang kami bahas, namun juga ada manfaat penelitian, ciri ciri penelitian, metode penelitian, pendekatan penelitian dan jenis jenis penelitian yang sering dilakukan.

Pengertian Metode Penelitian

tujuan penelitian
pengertian metode penelitian

Metode penelitian adalah cara ilmiah untuk menemukan dan memperoleh data. Dan itu memiliki hubungan dengan prosedur dalam melakukan penyelidikan dan penyelidikan teknis. Seringkali sulit membedakan ketiga hal ini, karena ketiganya saling berkaitan.

Banyak metode penelitian mengulas cara melakukan penelitian. Ini berbeda dari prosedur penelitian yang lebih menekankan pada alat yang diikuti untuk mengukur dan mengumpulkan data dari hasil penelitian.
Karena itu, metode penelitian mencakup hal-hal penelitian, prosedur dan teknik.

Berikut ini beberapa pengetahuan tentang metode penelitian oleh para ahli:

Kamus besar bahasa Indonesia

Pertama, kami terlebih dahulu memverifikasi makna metode dalam kamus bahasa Indonesia (KBBI). Metode ini ditafsirkan sebagai cara umum yang digunakan untuk melakukan bisnis dengan harapan tujuan akan tercapai.
Jadi penelitian adalah cara untuk mendapatkan kebenaran dari fakta tentang gejala alam, masyarakat atau kemanusiaan. Dengan tujuan, melalui metode yang bisa mendapatkan sesuatu yang diharapkan.

Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Metode ini merupakan cara yang sistematis dan digunakan untuk bekerja dengan tujuan memperoleh hasil yang diperoleh.

Rosdy Ruslan

Metode ini adalah kegiatan ilmiah yang terkait erat dengan cara bekerja untuk memahami subjek dan objek penelitian. Dan dalam upaya menemukan fakta ilmiah dan validitas investigasi.

Muhidin Sirat

Metode penelitian adalah cara untuk menentukan masalah yang akan teliti sekaligus judulnya ditentukan.
Kesimpulannya adalah bahwa metode penelitian adalah cara ilmiah untuk memecahkan masalah menggunakan metode atau proses tertentu.

Metodologi Penelitian

metodologi penelitian
metodologi penelitian

Metodologi penelitian adalah proses ilmiah dalam bentuk memperoleh data yang dapat digunakan untuk kepentingan penelitian ilmiah. Metodologi adalah analisis teoritis suatu metode. Sedangkan penelitian adalah penelitian ilmiah dan sistematis untuk mengembangkan pengetahuan.

Penelitian juga merupakan upaya sistematis dan terstruktur untuk menyelidiki masalah yang memerlukan jawaban ilmiah. Sifat investigasi dapat dipahami dengan mempelajari semua aspek dari alasan untuk melakukan investigasi.
Tentu saja, dalam melakukan penelitian mereka memiliki alasan yang berbeda dan ini berkaitan dengan tujuan dan profesi masing-masing peneliti.

Tetapi pada saat itu, tujuan dari semua penelitian itu sama. Bahwa tujuan penyelidikan adalah bentuk rasa ingin tahu manusia yang tinggi. Melalui keinginan ini, manusia dapat memperoleh dan mengembangkan pengetahuan.

Tujuan Penelitian

tujuan penelitian
tujuan penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan rumusan dari suatu hasil penelitian melalui proses mencari, menemukan, mengembangkan dan menguji pengetahuan. Selain itu, penelitian digunakan untuk memecahkan atau menyelesaikan masalah yang ada.

Suatu penelitian dapat diklasifikasikan sebagai baik jika memenuhi unsur-unsur seperti spesifik, terbatas, dapat diukur dan dapat diperiksa menunjukkan hasil penyelidikan. Berikut ini adalah beberapa tujuan penelitian, yaitu:

  1. Untuk mendapatkan pengetahuan baru di berbagai bidang.
  2. Kembangkan pengetahuan yang ada.
  3. Memeriksa kebenaran dari pengetahuan yang sudah ada.

Untuk tujuan penyelidikan rinci dibagi menjadi 2 jenis. Untuk penjelasan lengkap sebagai berikut:

Tujuan penelitian ilmiah

Secara ilmiah, penelitian adalah upaya untuk menemukan sesuatu.
Namun, pengetahuan yang didapat tidak bisa digunakan secara langsung.
Nama lain untuk kegiatan ini adalah penelitian dasar atau penelitian murni.

Tujuan penelitian praktis

Tujuan praktis dalam penelitian adalah hasil yang dapat digunakan secara langsung dalam kehidupan.
Penelitian ini juga disebut penelitian terapan, suatu penelitian untuk menentukan nilai suatu artikel.
Contohnya adalah penentuan harga barang yang akan dijual. Selain itu ada beberapa tujuan, yaitu:

  • Tujuan eksplorasi.

Kegiatan penelitian dilakukan untuk mencari pengetahuan baru dan tidak pernah ada.

  • Tujuan Verivatif

Untuk membuktikan kebenaran diperoleh dari kegiatan penelitian yang ada.

  • Tujuan pengembangan

Mengembangkan dan memperdalam konsep yang sedang dikembangkan.

Manfaat Penelitian

manfaat penelitian
manfaat penelitian

Saat belajar tentang metode penelitian, akan ada manfaat dari pengetahuan ini. Beberapa manfaat dari metodologi penelitian adalah sebagai berikut:

  1. Mampu menyusun tulisan yang baik, bisa dalam bentuk makalah, skripsi dan beberapa karya ilmiah.
  2. Memahami tujuan penting penelitian atau penelitian. Jadi, Anda dapat mengatur keputusan dengan benar.
  3. Mampu mengevaluasi hasil penelitian yang ada. Saya suka mengukur kebenaran hasil penelitian.

Pendekatan Penelitian

Pendekatan penelitian menurut Scott W. Vanderstoep dan Deirdre D. Johnsto.
Mereka berpendapat bahwa meskipun beragam, pendekatan penelitian dapat dibagi menjadi 2 kelompok, sebagai berikut:

Pendekatan Kualitatif

Pendekatan penelitian kualitatif menekankan pada penjelasan deskriptif tentang masalah yang sedang dipelajari.

Pendekatan kuantitatif

Pendekatan penelitian kuantitatif menekankan evaluasi angka pada masalah yang sedang dipelajari.
konstruksi deskripsi naratif atau tekstual dari fenomena yang diteliti.

Jenis jenis Penelitian

jenis jenis penelitian
jenis jenis penelitian

Jenis penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu tergantung pada tujuan dan kegunaannya. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Penelitian berbasis tujuan

  • Penelitian Eksploratoris

Penelitian eksplorasi adalah penelitian yang dilakukan dengan penelitian yang tidak akrab dengan masalah yang diteliti. Sesuatu yang sedang diselidiki adalah baru dan belum banyak ditinjau tentang hasil penyelidikan.

  • Penelitian deskriptif

Penelitian deskriptif adalah tujuan investigasi untuk memberikan penjelasan tentang masalah sosial yang menjadi subjek investigasi. Dalam jenis penelitian ini, suatu masalah biasanya dijelaskan berdasarkan beberapa indikator yang digunakan sebagai dasar untuk menentukan apakah ada masalah atau tidak.

  • Penelitian Eksplanatoris

Penelitian eksplanatori adalah penelitian yang bertujuan untuk memberikan jawaban atas suatu masalah sosial dengan masalah sosial lainnya. Sebagai variabel terkait dengan variabel lain atau tidak. Dapat dikatakan bahwa penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis yang diajukan oleh para peneliti.

Penelitian atas dasar kegunaannya

  • Penelitian Murni

Penelitian murni bertujuan untuk mengembangkan ide, konsep atau teori, menguji dan menguji hipotesis. Dan juga untuk membuktikan kebenaran teori yang ada.

  • Penelitian terapan

Penelitian terapan bertujuan untuk memecahkan atau memecahkan solusi untuk suatu masalah dalam suatu komunitas. Fungsi investigasi ini praktis, yaitu untuk mendapatkan solusi untuk suatu masalah.

  • Penelitian tindakan

Penelitian tindakan bertujuan untuk memecahkan masalah dengan mengambil langkah nyata untuk mendapatkan solusi terbaik dengan segera.

  • Penelitian kebijakan

Penelitian kebijakan bertujuan untuk menentukan kebijakan berdasarkan data dan fakta di lapangan.
Hasil dari penelitian ini adalah dalam bentuk peraturan, hukum, keputusan dan segala sesuatu yang memiliki kekuatan hukum.

  • Penelitian evaluasi

Penelitian evaluasi bertujuan untuk memberikan nilai pada suatu program, kegiatan dan kebijakan yang ditujukan untuk campur tangan dalam masyarakat.

Macam Macam Metode Penelitian

tujuan penelitian
metode penelitian

Metode historis

Metode historis memiliki penggunaan merekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif. Dengan mengumpulkan data, mengevaluasi, memverifikasi, dan mensintesiskan bukti lapangan. Ini dilakukan untuk mendapatkan kesimpulan yang kuat dalam hubungan antara hipotesis.

Dalam penggunaan metode historis, peneliti melakukan ilmuwan sosial yang mengajukan beberapa pertanyaan terbuka tentang peristiwa masa lalu. Selanjutnya, beberapa jawaban diberikan dengan beberapa data dan kata-kata yang telah disiapkan dalam format paradigma penjelas.

Jadi penelitian yang menggunakan metode historis adalah studi yang sangat kritis terhadap keadaan dan perkembangan sosial. Selain itu, ini juga merupakan pengalaman masa lalu dan menimbang dengan hati-hati, merawat setiap sumber sejarah, ditambahkan ketika menafsirkannya.

Metode deskriptif

Metode dekripsi bertujuan untuk mengumpulkan data secara detail dan nyata. Dalam penelitian ini, menjelaskan gejala-gejala yang sudah ada, seperti mengenali masalah dan memverifikasi kondisi dan praktik yang masih berlaku.
Penelitian ini juga membuat perbandingan atau komparasi apa yang dilakukan untuk menentukan solusi terhadap masalah.

Kemudian mempelajari pengalaman nya untuk menentukan rencana masa depan. Jadi, ketika menggunakan metode penelitian deskriptif, itu dimaksudkan untuk menggambarkan secara sistematis fakta tertentu dengan cara yang nyata dan lengkap.

Selain itu, metode ini tidak hanya menggambarkan analisis, tetapi juga menggabungkan klasifikasi dan organisasi.
Dapat disimpulkan bahwa penelitian deskriptif adalah metode untuk menemukan dan menemukan teori.
Jadi, dalam praktiknya, metode ini lebih menekankan pada pengamatan lapangan dengan kondisi alam.

Metode korelasional

Metode korelasi adalah metode yang menjelaskan hubungan satu variabel dengan variabel lainnya. Dalam proses menemukan suatu hubungan disebut korelasi. Jadi, metode ini mencari hubungan antara variabel yang diteliti. Tujuan dari metode korelasi adalah untuk mendapatkan data sejauh mana variabel tertentu mempengaruhi atau memiliki hubungan dengan variabel lain.

Jika ada dua variabel yang disebut korelasi sederhana dan jika lebih dari dua disebut korelasi ganda.
Saat menentukan hubungan atau korelasi dua variabel, digunakan koefisien korelasi atau determinasi.

Metode Eksperimental

Metode eksperimental adalah jenis metode penelitian yang memungkinkan peneliti mengubah variabel dan mengevaluasi konsekuensi yang terjadi. Dalam praktiknya, beberapa variabel akan dikendalikan, sehingga variabel yang tidak termasuk di dalamnya dapat dihilangkan.

Tujuan dari metode eksperimental adalah untuk menemukan dan memperoleh korelasi kausal dengan memahami beberapa variabel. Ini dilakukan pada kelompok eksperimen dan kemudian hasil yang diperoleh dibandingkan dengan kelompok yang tidak dimanipulasi oleh variabel.

Apa yang dipahami dengan manipulasi adalah secara sistematis mengubah sifat dan nilai variabel independen.
Sementara kontrol adalah kunci untuk metode ini, karena tanpa kontrol itu akan menghasilkan data yang kurang akurat.

Metode Kuasi Eksperimental

Metode kuasi-eksperimental adalah pengembangan dari metode eksperimental. Perbedaan dalam peneliti ini, peneliti tidak dapat secara sepihak mengatur variabel independen. Ada beberapa fitur utama untuk mengetahui metode eksperimen semu. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. Peneliti tidak boleh menempatkan area subjek dalam kelompok eksperimen atau kelompok kontrol. Namun, peneliti dapat menemukan kelompok subjek di mana terdapat variabel independen atau kelompok lain yang tidak memiliki variabel independen.
  2. Peneliti tidak dapat menggunakan variabel bebas sesuka hati.

Metode Penelitian Kualitatif

tujuan penelitian

Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang menekankan pemahaman yang mendalam tentang masalah tertentu. Penelitian kualitatif juga merupakan penyelidikan penelitian deskriptif, dan menggunakan lebih banyak analisis dan menekankan proses makna.

Tujuan dari metode kualitatif adalah untuk memahami secara mendalam dan totalitas masalah yang sedang dipelajari secara terperinci.

Ciri-Ciri Penelitian Kualitatif

Ciri penelitian kualitatif sebagi berikut:

Lingkungan dijadikan sebagai sumber data

Penelitian kualitatif menggunakan lingkungan alam sebagai sumber informasi atau data. Selain itu, studi dalam penelitian ini umumnya juga berurusan dengan peristiwa yang terjadi di komunitas sosial tertentu.

Investigasi dapat dilakukan secara langsung di lingkungan di mana suatu peristiwa terjadi. Secara umum, tahapan-tahapan yang dilakukan, seperti mengamati, mencatat, menggali informasi dari sumber yang berkaitan dengan peristiwa yang sedang dipelajari.

Miliki sifat deskriptif analitik

Pengumpulan data yang diperoleh dari pengamatan di lapangan disiapkan oleh para peneliti. Data dapat diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan analisis acara. Kemudian, peneliti menganalisis data dengan menambahkan referensi asal. Dan kemudian data tersebut dibandingkan dengan mereka yang telah ada sebelumnya.

Menekankan pada proses penelitian

Data yang diperlukan dalam penelitian kualitatif terkait dengan pertanyaan untuk menjelaskan proses, bukan pada hasil penelitian. Yang dimaksud dengan pertanyaan ini adalah lebih lanjut tentang penjelasan situasi asli mengenai kegiatan, tahapan dan prosedur. Selain itu, ada juga pertanyaan tentang alasan dan interaksi yang terjadi selama kejadian.

Bersifat Induktif

Penelitian kualitatif dimulai dengan data lapangan atau fakta empiris. Setiap peneliti akan langsung pergi ke lapangan untuk menemukan proses penemuan ketika itu terjadi. Apa yang peneliti lakukan adalah mencatat, menganalisis, membuat laporan, dan kemudian menyimpulkan prosesnya.

Mengutamakan makna

Arti atau nilai di sini adalah ekspresi persepsi orang tentang suatu peristiwa yang sedang dipelajari. Jadi sumber informasi adalah pendapat orang yang memiliki hubungan dengan peristiwa yang diteliti. Seorang peneliti juga harus mencari bahan komparatif untuk mendapatkan kesimpulan yang berasal dari persepsi banyak orang.
Seperti dalam bentuk deskripsi dari suatu peristiwa yang telah terjadi.

Kesimpulan Metode Penelitian Kualitatif

Kesimpulan dari karakteristik penelitian kualitatif adalah tahap awal dari penyelidikan ini dalam cara mencari data di lapangan. Serta kondisi dan situasi lingkungan alam. Data yang diperoleh dari lapangan diproses untuk mengambil konsep dan makanan. Saat menjelaskan secara deskriptif analitik.

Fitur utama adalah bahwa penelitian ini memprioritaskan proses penelitian dibandingkan dengan hasil yang diperoleh, dan tidak menggunakan angka.

Metode Penelitian Kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif adalah jenis penelitian yang lebih sistematis, spesifik dan terstruktur. Selain itu, metode ini memiliki rencana yang baik dari awal proses untuk menentukan kesimpulan penelitian. Berbeda dengan penelitian kualitatif yang tidak menggunakan angka, jenis penelitian kuantitatif menekankan pada penggunaan angka.

Untuk membuat hasil penelitian lebih rinci dan jelas, bersama dengan penggunaan tabel, grafik atau diagram, mudah bagi orang untuk membacanya. Dalam praktiknya, metode kuantitatif juga mengandung metode lain, seperti metode deskriptif, survei, perbandingan, paparan, dan metode korelasional.

Proses Penelitian Kuantitatif

Menurut Bugin, inti dari proses penelitian kuantitatif sebagai berikut:

  1. Menjelajahi, rumuskan, dan menemukan masalah yang akan dipelajari.
  2. Bentuk model penelitian dan parameter penelitian.
  3. Menentukan instrumen untuk mengumpulkan data penelitian.
  4. Mengumpulkan data penelitian terkait dengan objek masalah yang diteliti.
  5. Mengolah dan menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian.
  6. Buat laporan penelitian.

Tujuan Penelitian

Leave a Comment