Waktu Sholat Dhuha yang Paling Utama | Diamalkan para Sahabat

Waktu Sholat Dhuha yang Paling Utama | Diamalkan para Sahabat

Waktu Sholat Dhuha – Saking luar bisanya keutamaan sholat dhuha sehingga tidak hanya sholat wajib saja yang memiliki waktu khusus, namun sholat dhuha juga memiliki waktu tersendiri, waktu awal dan waktu ahir mengerjakan sholat sunnah dhuha. Di artikel ini akan kami jelaskan dengan singkat kapan waktu yang baik mengerjakan sholat dhuha.

Waktu Sholat Dhuha

waktu sholat dhuha
waktu sholat dhuha

Sebelumnya melanjutkan ke pembahasan kita awali dengan rujukan hadis tentang waktu larangan shalat.
Disabdakan dalam hadist Rosulullah tentang waktu dilarangnya mengerjakan sholat duha Dari Uqbah bin Amir radhiallahu anhu dia berkata:

ثَلاَثُ سَاعَاتٍ كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم يَنْهَانَا أَنْ نُصَلِّيَ فِيْهِنَّ أَوْ أَنْ نَقْبُرَ فِيْهِنَّ مَوْتَانَا: حِيْنَ تَطْلُعُ الشَّمْسُ بَازِغَةً حَتَّى تَرْتَفِعَ، وَحِيْنَ يَقُوْمُ قَائِمُ الظَّهِيْرَةِ حَتَّى تَمِيْلَ الشَّمْسُ، وَحِيْنَ تَضَيَّف لِلْغُرُوْبِ حَتَّى تَغْرُبَ

“Ada tiga waktu di mana Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kami untuk melaksanakan shalat di tiga waktu tersebut atau menguburkan jenazah kami: [1] ketika matahari terbit sampai tinggi, [2] ketika seseorang berdiri di tengah bayangannya sampai matahari tergelincir dan [3] ketika matahari miring hendak tenggelam sampai benar-benar tenggelam.” (HR. Muslim no. 1926)

Pada penjelasan hadis di atas, ada dua waktu yang mengapit waktu dhuha:

  • Ketika matahari terbit sampai tinggi
  • Ketika seseorang berdiri di tengah bayangannya sampai matahari tergelincir

Waktu Mulai Sholat Dhuha

waktu sholat dhuha
Waktu mulai sholat dhuha

Para ahli berbeda dalam pendapat mereka tentang waktu dimulainya sholat Duha. Beberapa ulama Syafi’iyah percaya bahwa permulaan shalat duha adalah tepat setelah matahari terbit. Tetapi disarankan untuk menunda sampai matahari setinggi tombak. Pendapat ini diriwayatkan oleh An Nawawi dalam buku Ar-Raudhah.

Beberapa ulama Syafi’i lainnya berpendapat bahwa sholat Dhuha dimulai ketika matahari setinggi sekitar tombak. Pendapat ini dikonfirmasi oleh Ar Rofi’i dan Ibn Rif’ah. Itulah pendapat Imam Abu Syuja ‘dalam ketaatan At-Taqrib, ketika dia menjelaskan waktu-waktu terlarang untuk sholat.

Hal yang sama juga merupakan pendapat Imam Al-Albani. Dia ditanya berapa jarak tombak itu. Dia menjawab:

“Tombak berukuran 2 meter sesuai dengan standar saat ini” (Mausu’ah Fiqhiyah Muyassarah, 2/167). Beberapa ahli menjelaskan bahwa, jika diukur dari waktu ke waktu, matahari setinggi tombak sekitar 15 menit setelah matahari terbit.

Waktu Akhir Sholat Dhuha

waktu sholat dhuha
Waktu ahir sholat dhuha

Batas waktu untuk waktu sholat duha adalah sebelum larangan waktu sholat, ketika bayangan langsung pada objek, itu tidak condong ke timur atau barat. Untuk menentukan batas waktu untuk duha, Anda dapat memperhatikan bayangan objek.

Selama bayangan objek tetap miring ke barat, meskipun kecil, itu berarti waktu duha masih ada. Kemudian, ketika bayangan objek lurus dengan objek, tidak miring ke barat atau timur, waktu sholat berakhir. Karena matahari persis di atas objek. Ada beberapa yang memberikan referensi, sekitar 15 menit sebelum memasuki Dzuhur. Doa sholat dhuha

Cara Mudah Menentukan Batas Waktu Sholat Dhuha

waktu sholat dhuha
Cara mudah menetukan sholat dhuha

Saat ini, banyak kalender dilengkapi dengan jadwal sholat yang diterbitkan oleh Kementerian Agama atau Tarjih Muhammadiyah, termasuk beberapa kampus Islam.

  • Anda dapat melihat waktu matahari terbit dan siang hari.
  • Batas waktu Duha: waktu matahari terbit + 15 menit
  • Batas ahir waktu Dhuha: waktu Dhuhr – 15 menit

Waktu Dhuha yang Paling Afdhal

waktu sholat dhuha
waktu yang afdhol sholat dhuha

Waktu yang paling utama untuk mendirikan solat Dhuha adalah apabila matahari mulai panas (berhampiran akhir Dhuha). Sebagai Al Qosim Sebagai Syaibani menyampaikan bahawa Zaid bin Arqam radhiyallahu ‘anhu melihat beberapa orang sholat dhuha, maka Zaid berkata: “Andaikan mereka tahu bahwa shalat setelah waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ

”Shalat para Awwabin adalah ketika anak onta mulai kepanasan.” (HR. Muslim 748).
Awwabin artinya orang yang suka kembali pada aturan Allah.

Sebagian ulama mengatakan: “Sholat pada waktu ini dikaitkan dengan Awwabin kerana pada waktu itu jiwa manusia cenderung untuk berehat. Walau bagaimanapun, orang ini menggunakan waktu itu untuk mengamalkan ketaatan dan menyibukkan diri dalam sholat. Meninggalkan keinginan hati menuju ke ridhoan sang Pencipta. “(Faidhul Qadir, 4/216)

Imam An-Nawawi berkata: Ulama Madzhab kami (syafi’iyah) berkata: “Waktu ketika matahari mulai panas adalah waktu yang paling utama untuk melaksanakan shalat dhuha, meskipun dibolehkan shalat sejak terbit matahari sampai menjelang tergelincirnya matahari. (Syarh Shahih Muslim, 6/30).

Bacaan sholat dhuha

Waktu Sholat Dhuha

Leave a Comment